Rabu, 25 Februari 2009

Kiamat sudah mendekat

Siang ini, sambil mendengarkan alunan suara Crisye dari speaker kecil disamping komputer, ditemani setumpuk kertas disamping kiri dan sebotol air mineral disamping kanan, aku ngelamun ditengah sunyinya kantor karena ditinggal warganya untuk mengisi perut.

"Akan datang hari, mulut dikunci
kata tak ada lagi...
Akan tiba masa, tak ada suara,
dari mulut kita...."

Chrisye masih mengalun.
Aku teringat siaran tipi kemarin, katanya kiamat bakal datang 3 tahun lagi. Beuh..! Ngerri nggak tu? Gimana coba, kalo emang kiamat udah dekat? Aku emang nggak yakin kiamat akan datang pada tahun 2012 seperti yang diramalkan orang-orang, soalnya Tuhan nggak pernah menyebut tahun kiamat dalam kitab-kitabnya. Tuhan bilang, itu rahasia gue 'kale...

Tapi, gimana kalau bencana besar-besaran (lebih besar dari yang sudah-sudah) layaknya kiamat kecil-kecilan bener-bener melanda dunia ini. Ribuan orang bakal dipanggil menghadap Nya, berpisah dengan semua orang yang dicintai, dengan internet yang membahagiakan ini, dengan blogger yang manis-manis. Nggak kebayang deh, pedih dan perihnya...

Trus, jika aku terkorban dalam bencana itu, dan tentu aku terpaksa berpisah dengan anakku yang imut-imut laksana ibunya itu. Anakku tinggal sendirian jika dia selamat. Mungkin orang yang menemukannya akan memperlakukan dia dengan baik. Mungkin juga tidak. Nauzubillah...
Doh, sedih nian.

Namun jikalau kehidupan ini memang sudah harus berakhir, apa yang bisa kita lakukan selain pasrah? Wong yang memiliki hidup adalah Tuhan. Jika DIA ingin mengambilnya kembali dari kita, tak ada yang bisa menolaknya kan?
Doh, ngeri nian...

(Bah, kenapa juga aku siang ini menghayal yang jelek-jelek ya?)

Tapi ya udahlah, toh sebelum kita lahir udah ditentukan berapa tahun jatah kita menghuni dunia fana ini, berapa jatah udara untuk kita hirup, berapa detik jam untuk kita lalui, semua sudah diatur oleh Nya, Yang Maha Mengatur.

So, apa yang harus dikhawatirkan? Toh semua yang ada pada kita sekarang, semua yang kita nikmati sekarang, hanya pinjaman. Bukan milik kita. Tinggal kita mempersiapkan diri menunggu saat itu tiba, berusaha hidup dijalur kanan (jangan jalur kiri), berusaha memperbaiki kesalahan yang pernah dibuat. Berusaha memaafkan tetangga yang selalu menyetel tape keras-keras, padahal anak kita lagi bobo nyenyak, berusaha tidak memaki tetangga yang terkadang membuang sampah mereka ke pekarangan kita, berusaha memaafkan bos yang nggak menaikkan gaji (kayaknya setelah dipikir-pikir, ini nggak bisa dimaafkan deh...) Berusaha menjadi anak yang baik bagi ortu kita, menjadi istri/suami yang baik, menjadi menantu yang baik, menjadi orang tua yang baik buat anak-anak kita, berusaha menyisihkan waktu untuk mereka, hingga bila kita pergi nanti dari kehidupan ini, tinggallah kenangan yang baik dihati orang-orang terdekat tentang kita...

Mudah-mudahan kita bisa menyongsong ajal (bagaimanapun caranya datang), dengan hati bersih dan bekal yang cukup.

"Berkata tangan kita,
tentang apa yang dilakukannya...
berkata kaki kita,
kemana saja dia melangkah....
tidak tau kita, kapan waktunya....
.................."


Crisye masih bersenandung, kantor sudah mulai dipenuhi warga-warga bermuka cerah karena udah kenyang. Dan aku?
Sepertinya sekarang giliranku.
Selamat makan..... :)

18 komentar:

  1. hhmm akhirnya sebuah postingan baru muncul..lama buangetttttt....

    kemaren saya baca-baca buku tentang tanda tanda akhir jaman dan umur umat muslim disitu saya dapet pencerahan bahwa kiamat itu pasti terjadi tapi kapan waktunya tidak ada yang mengetahui sebelum tanda-tanda yang dijanjikan oleh Allah dalam Al-Quran tentang akan datangnya kiamat akan terpenuhi...

    tapi sekarang sebagian besar tanda itu dah muncul dan terjadi...mungkin tinggal kitanya makin mendekatkan diri kepada-Nya

    BalasHapus
  2. Hmmm...pantesan si bos gak mau menaikkan gaji pegawai yang berwajah seimut-imut anaknya...
    Lha wong sepagian sampai waktu makan siang kerjanya cumo bengong mikir yang jelek-jelek gicu...
    kakk...kak... :)

    Dear bosnya ibu yang punya anak imut-imut,
    Mungkin komentar saya diatas bisa dijadikan pertimbangan untuk tidak menaikkan gaji pegawai ini.

    huwakakakkk...kakakkk...

    Selamat datang kembali, setelah berhibernasi sekian lama mbak, ditunggu potingan berikutnya, keyyyeeenn...!

    BalasHapus
  3. >omiyan:
    iya, lama nggak posting. Abis sibuk mikirin hari kiamat yang katanya bakal datang 3 tahun lagi. Ada-ada aja tuh ramalan...

    >Arya:
    hihihi... bener juga. Ngapain si bos naikin gaji aku ya, abisnya hari-hari cuman ngayal yang jelek-jelek plus buka internet...hihihi..

    BalasHapus
  4. Hai Dewi...

    emang akan kiamat sih
    tapi kapan? ngga ada yang tahu
    so daripada pusing mikirin yang ngga ngga
    banyak berbuat baik saja
    seperti
    ninggalin komentar di blog org-org sebagai tanda care

    hihihihi

    salam kenal

    EM a.k.a Ikkyu_san

    BalasHapus
  5. Wah...jadi inget sinetron-nya mbak. Kiamat Sudah Dekat.
    Si Fandy disuruh nyari ilmu "Ikhlas"
    Berarti...saat kita menyongsong ajal, ilmu itu harus kita punya ya mbak...

    BalasHapus
  6. HHmmm ...
    SO ...
    Berbuat baiklah ...
    Selama waktu masih ada pada tangan kita ...

    Salam saya

    BalasHapus
  7. >Ikkyu_san:
    tul, Mbak... Kiamat tuh pasti datang, cuman nggak tau kapan datangnya... Daripada mikirin yang nggak-nggak, bagus nge-blog aja yah...? Tengkyu udah mampir, Mbak..

    >Humorbendol:
    insya Allah... Emang kudu ikhlas 'Ndol... Mau nggak ikhlas juga kalo dah tiba saatnya bakal diambil juga tuh nyawa ma yang punya... :)

    >Om NH 18:
    Betul Om, selagi masih sempat ya, Om... Manfaatkan hidup sebelum mati..

    BalasHapus
  8. moga2 aja, kita ga idup di jaman di mana kiamat itu bakal terjadi ya...

    syerem banget...

    well, sementara itu, kita hidup dgn baik aja kali ya...

    :mrgreen:

    BalasHapus
  9. selamat makan!!! :D
    *kokyongepasimbacangepasilaper*

    salam kenal, Bu'.

    BalasHapus
  10. salam kenallll..
    makasih makasih udah berkunjung di kanotr saya..
    :D

    mari bersillaturrahmi lagi bu

    BalasHapus
  11. kalau dalam 3tahun ini semua orang baik mati, semua ilmu diangkat, bisa juga sih. tapi saya ragu.
    wong orang masih banyak yang beribadah, wong microsoft aja baru ngeluarin video 2019 nanti, wah masih banyak deh....
    tapi, paling tidak bisa emnyadarkan juga sih... :)

    BalasHapus
  12. emang harunya bisa jadi pelajaran buat manusia,.,

    BalasHapus
  13. Yang penting kita selalu siap menghadap-Nya
    nyari sangu yang banyak, ya mbak....
    tapi mbak niy....mau makan aja mikirnya serius..... hehehe

    BalasHapus
  14. >yoan:
    iya, moga-moga dah koit duluan yak. Ngeri banget kalo pas kiamat masih idup...hihihi

    >Anto84:
    hah...? sapa yang seram? Saya? :)

    >dhoni:
    makasih... :)
    salam kenal kembali

    >falla:
    yuk mareee....

    >sibaho:
    mudah-mudahan nggak 3 tahun ini deh....

    >azis:
    betul, ambil sisi baiknya...

    >prameswari:
    hihihi... mikir serius dulu, Mbak Nung.. Ntar kan terasa banget tuh laparnya, nah baru makan nya banyak...hehehe

    BalasHapus
  15. hello.. salam kenal ya..
    aku indra..
    ku berasal dari palembang..
    aku senang banget membaca blog kamu..
    mogaa kita bisa menjadi teman ya

    BalasHapus
  16. wah kalau udah di jatah berarti sewktu kita ulang tahun ada kesengan dan kesedihan kesedihannya umur kita sudah berkurang 1 tahun

    BalasHapus
  17. >indra:
    Halo, Indra... Salam kenal juga.
    Ayo berteman, siapa takut?

    >karebed:
    Iya, sebenarnya semua yang kita peroleh didunia udah dijatah oleh yang Maha Kuasa, ya nggak sih?

    BalasHapus

Yang cakep pasti komen, yang komen pasti cakep..

Tapi maaf ya, komentar nggak nyambung akan dihapus :)
Terima kasih...