Sabtu, 17 Oktober 2009

Ada apa dengan Valeska?



Putri mungil ini Valeska namanya, putri pertamaku. Sekarang sudah berumur 1 tahun 8 bulan. Setiap hari dia ku tinggal dirumah bersama neneknya (mamaku) karena aku dan suami bekerja.

Valeska tumbuh sehat, jarang sakit. Paling cuma flu dan batuk. Bawa ke dokter, 3 hari sembuh. Lebaran kemarin adalah sakit terlama yang dialaminya; 1 minggu.
Yang menghawatirkan diriku adalah, sampai sekarang dia belum bisa bicara sepatah kata pun. Hanya bisa berceloteh tak jelas kayak gini:...teket..teket..teket...jekha..jeka...

Tapi kalau aku bilang:
" Ayo sayang, kita hitung jarinya dulu...," dia langsung sodorkan kakinya. Lalu aku mulai menghitung sambil memegang jari dia satu persatu:
"Satu..."
Dia tertawa.
"Dua.."
Dia kegelian, makin terkekeh kekeh, sampai hitungan kelima tawanya berderai...

Aku risau, tentu saja! Tak usah ditanya lagi.
Setiap saat ku ajak dia bicara, begitu juga dengan papa dan neneknya. Dan dia mengerti, tapi tetap tak bisa bicara, walaupun hanya sekedar "mama"

Tetangga sebelah rumah punya anak yang lahir ketika Valeska berumur 6 bulan. Sekarang sudah bisa panggil "mama" dan "papa". Kalau diajak ngobrol juga bisa, walau kata-katanya belum jelas... Diajak perang mulut juga oke, hehehe...tentu saja dia pake bahasa yang hanya di mengerti oleh dia seorang... Tapi kalau manggil mama-papa, fasih banget, udah!

Aku ngiri. Sumpah! Kenapa anakku belum bisa ngomong? Belum bisa manggil "mama"? Apa dia nggak tau, aku pengen banget denger dia manggil "mama.." sambil mengulurkan tangan minta digendong...

Satu lagi yang membuat hatiku risau tak tertahan, Valeska tak mau "berbaur" dengan anak-anak sebayanya. Jika sore hari ngumpul di depan rumah sama anak-anak tetangga, dia malah asyik sendiri. Berlari kesana-kesini, sibuk sendiri dan tak mau diam.

Aku sering bertanya-tanya: Apa anakku autis? Aku sungguh berharap, tidak.



Oh, Sayang...
Ada apa dengan kamu, Nak..?

11 komentar:

  1. Wahhh. diusian anak mbak tsb dikenal dgn "the golden age".. jadi sangat butuh sekali perhatian untuk pertumbuhan dan perkembangannya... caoba mbak bawa ke dokter spesialias anak and or psiakiater untuk konsultasi.. and Maaf mbak jangan sampai terlewatkan & hanya terima nasib, apa adanya... Semoga tetab tegar tentunya.
    Salam Kenal
    Salam Hangat
    C.U

    BalasHapus
  2. Me & Family juga pernah tinggal di S.Kecil - P.Bintan at a few years ago..worked at Comdev Dept of BRC

    BalasHapus
  3. Diperiksa saja mbak ke dokter/psikiater.

    Dua sepupuku kasusnya sama seperti anak mbak. Setelah ditangani oleh psikolog (atau psikiater, saya kurang paham), akhirnya mereka bisa bicara dan mau berbaur dengan teman2nya.

    BalasHapus
  4. Valeska yang manis, semoga tidak ada apa-apa denganmu. Dewi, sebaiknya segera bawa Valeska ke dokter spesialis anak. Saya sendiri tidak tahu banyak tentang perkembangan normal yang semestinya dicapai seorang anak pada umur-umur tertentu, karena saya sendiri tidak punya anak ...

    Salam manis, dan jangan risau Dewi, tapi coba yang terbaik ya ...

    BalasHapus
  5. uhm... yang aku tau sih, biasanya usia 18 bulan, anak sudah bisa mengkombinasikan minimal dua kata untuk membuat kalimat. misalnya, mama mana, papa makan, etc.

    mending diperiksain aja ke dokter, psikiater, psikolog, atau terapis, mbak. lebih baik kita tau apa masalahnya sedini mungkin kan...

    tapi semoga saja valeska cuma masih malu aja... =)

    BalasHapus
  6. sabar teh itu terjadi dengan anak saya fania sampai sekarang aja ngomongnya belum lancar tapi sekarang udah agak mending..

    jangan sampe kita bikin dia stress percaya anak itu berbeda satu sama lain akan tumbuh kembangnya

    persis dengan adiknya fania yaitu femia justru diusia yang baru 3 bulan sudah bisa tengkurap bayangin dulu fania baru bisa tngkurap pas usia 6-8 bulan kan jauh banget

    yang penting sabar dan rajin diajak berbicara ma kita sebagai ortu nya

    maaf lho teh ini sekedar berbagi pengalaman

    BalasHapus
  7. >agoesman120:
    Itulah susahnya Mas, saya tinggal didaerah terpencil begini, susah nyari psikiater. Makanya saya curhat di blog, mana tau bisa share sama ortu-ortu yang lain. O, pernah tinggal di Sungai Kecil, Mas? Kerja di BRC Lagoi? Kalau saya di Lobam.
    Salam kenal, Mas. Terima kasih udah mampir dan berbagi.

    >Ziko Alfiandri:
    Berarti memang sudah saatnya saya pindah dari kota kecil ini....

    >Tuti Nonka:
    Iya, Mbak. Tiap hari kepikiran. Anak-anak lain udah pada ngomong, eh, dia belom. Seperti yang Mbak bilang, disini tempat terpencil udah gitu ubanan lagi..hehehe. Mau nyari dokter aja susah.... banget.

    >yoan:
    Semoga yang terakhir itu yang benar Yo. Semoga dia cuma masih malu... :(

    >Omiyan:
    Duh, agak lega nih baca komentar Omiyan. Emang Fania umur berapa bisa ngomong Om? Valeska juga sekitar umur segitu baru tengkurap, tapi umur 5 bulan kurang, giginya udah tumbuh. Orang bilang, kalu gigi duluan tumbuh, tengkurapnya telat. Trus, dia Bisa jalan umur setahun 2 bulan. Telat juga, ya..?
    SEkarang ngomong yg blom bisa. Risau banget, deh. Saya jadi merasa bersalah karena tiap hari ninggalin dia... Merasa bersalaaaahh...banget. Mudah2 an aja gak da papa sama dia. Makasih Omiyan udah mau berbagi pengalaman ma saya.

    BalasHapus
  8. dulu fania lambat banget kepalanya aja baru kaut setelah 6-7 bulanan lain ama adiknya baru 3 bulan dah tengkurep terus sama giginya juga tumbuh duluan

    nah jalan aja pas umur 1,5 bulan dan sekarang usia 3 tahun ngomongnya udah agak mending

    yang sekarang jadi masalah adalah telapak kaki fania mengalami FLAT FOOT ada diartikel mohon bantuannya...

    yang penting kita terus dampingi anak kita, setiap anak lain pertumbuhan dan ini juga nimpa tetangga saya kakaknya cepet jalannya adeknya malah lambat

    sabar aja

    BalasHapus
  9. Sepakat sama agusman, anak seusia Valeska sedang mengalami masa-masa perkembangannya. Butuh perhatian lebih memang, cm menurut yang saya ketahui, anak seusia itu justru tidak boleh di ajari banyak kata dulu. Pengaruhnya justru tidak lebih baik.
    Ach, jadi sok tahu, padahal saya blm punya istri dan anak. hehe.

    BalasHapus
  10. Putrinya cantik mbak, lucu....
    Sabar mbak. Kalo gak salah, ada yang bilang kalo ada anak yang bisa jalan dulu baru bisa berbicara, tapi ada juga anak yang dah cerewet tapi belom bisa jalan.
    Yang penting dilatih aja mbak. Yang sabar.

    BalasHapus
  11. >omiyan:
    makasih banyak omiyan.. Btw, penasaran ma Flat Foot, apaan tuh..? nyari info ma om google ah...

    >yans'dalam jeda':
    Nggak harus punya istri dan anak dulu kok untuk ngasih masukan..hehehe... Makasih masukannya...

    >humorbendol:
    ya iyalah, Ndol... Secara ibunya ganteng bapaknya cantik... hehehe..

    BalasHapus

Yang cakep pasti komen, yang komen pasti cakep..

Tapi maaf ya, komentar nggak nyambung akan dihapus :)
Terima kasih...