Selasa, 11 September 2012

Menuai Sepi

Valeska-ku menangis histeris, air mata dan ingus mengalir membasahi wajah imutnya. Tangannya menggapai-gapai hendak meraih tangan papa. Sesekali kedua tangannya diangkat ke udara sambil terus menginthil papa, berharap digendong seperti biasa. Tapi papa tetap sibuk dengan tas dan travel bag-nya, mengangkati barang-barang bawaannya ke dalam mobil. Tak sekalipun papa menoleh ke Valeska yang semakin sedih.



Selesai memasukkan tas2 ke dalam mobil, barulah papa mendekati putrinya, berlutut di depannya, menghapus air matanya, lalu mencium pipinya yang lembab karena tangis. Wajah papa muram dan sedih.

"Papa pergi ya, nak.. Sayang papa dulu..."

Vales mengangsurkan pipinnya, mencium pipi papa. Papa mencium kening dan dua belah pipi Valeska.

"Salim papa, nak..."

Papa mengangsurkan tangannya. Vales menjabat tangan papa lalu menempelkan tangan papa ke keningnya yang berkeringat, masih sambil menangis, sambil meronta-ronta minta diajak.

Lalu papa berdiri, berjalan ke mobil sambil melambaikan tangan ke arah Valeska yang lagi-lagi mengangkat dua tangan ke udara ke arah papa, berharap digendong seperti biasa. Tapi papa masuk ke mobil, melambaikan tangan sambil sesekali mengelap sudut mata.

Mobil bergerak perlahan, Valeska berteriak, menangis, tapi tetap melambai sambil bilang "da..daaahhh..." dan mengirim kiss bye ke arah mobil "mmmuuuaaahhhh..." dan kembali menangis.. Begitu terus, meskipun mobil yang membawa papa sudah hilang di tikungan...

Mama mengelap pipi yang tetiba basah. Udara terasa lembab. Rintik hujan mengiringi perpisahan itu..

Papa sudah pergi. Papa sedang berjihad untuk keluarga; Valeska dan mama. Semoga Allah memurahkan rejekinya, semoga Allah selalu melindungi papa dan menjaga papa dari segala apapun yang tidak baik. Amiinnn...

Dan di rumah, mulai malam tadi, kami bertiga; mama, Valeska dan nenek memulai malam sambil menuai sepi...

Sepi



72 komentar:

  1. Aduh sedih...
    Nyata apa fiksi nih mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyata, dong... Valeska is my daughter :)

      Hapus
  2. Semoga Papa Valeska selamat sampai tujuan dan meraih semua apa yang menjadi impian dan cita²nya # Amin...

    Ayo adik Valeska jangan sedih lagi,,main petak umpet yukkk hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiinnn ya rabbal alamiiinnn...

      Udah nggak nagis sih, Om... Tapi sering ngelamun, kangen papa kali.. :)

      Hapus
  3. Menuai sepi adalah sesuatu yang dikejar para pendaki gunung. Karena mereka tahu, setelah sepi, terbitlah keindahan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi menuai sepi di rumah terasa perih MasBro... :D

      Hapus
  4. :( sayang harus terpisah demi menjemput rejeki ya mbak
    semoga valeska cepat teralihkan perhatiannya
    semoga rasa sepi ditengah2 kalian lekas berlalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Jeng... Demi sesuap nasi dan segenggam berlian... :D

      Amiinnn...

      Hapus
  5. Semoga sucses buat Papa Vales dan sepi akan berganti segera :)

    BalasHapus
  6. Memang sedih kala ditinggal pergi mba... sertai dengan doa dan cinta, itu akan membuatnya tegar dan kokoh dalam menghadapi aral dan rintangan yang menghadang, dalam berjihad untuk keluarga...sukses selalu yaaaa....:)

    BalasHapus
  7. kasian dedek vales :(, hmmm, hati-hati om gondrong, smoga dimanapun om gondrong brada Allah sll kasih kesehatan, jrki dan keselamatan, Amiiiiiin

    Mba dewi :* sabar yoooo, nanti kalo segenggam berliannya dan dapet boleh donk bagi-bagi. .hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ya rabbal alamiin...

      haha, oke deh,... Ntar tak kirimi sisanya ya..wkwkwkw...

      Hapus
  8. doakan papa ya valeska, semoga cepat berkumpul lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiinn...
      Paling cepat 3 bulan ke depan baru bisa pulang, Mom..

      Hapus
  9. huhuhuhu....peluk2 Vales. Sabar ya Nak, papa nanti pulang kok, doakan papa sehat selalu..

    BalasHapus
  10. ini memang pemandangan yang menyedihkan... sudah pernah mengalaminya sendiri sih... benar benar puyeng dibuatnya... tapi harus diajarkan biasa juga ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, yang ngeliat aja sedih..

      Mau nggak mau harus dibiasakan.. :)

      Hapus
  11. Ini cerita fiksi apa asli sob. Papanya valeska itu suami kamu ya mbak Dewi Fatma.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. asli nih sob.. Drama di rumah kami pagi kemarin.

      Iya, suamiku. Valeska anak kami satu-satunya, yang deket banget sama bapaknya. Pas bapaknya pergi ya anaknya histeris gitu.. :D

      Hapus
  12. vales sayang cup cup sini tante lap air matanya :D #peyuk vales.

    DOain papa yaa vales biar selamat terus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Tante Niar... #peyuk Tante cantik*

      Hapus
  13. tetep semangat Mba Dewi, semoga sekembalinya papa Vales, bukan cuma membawa sesuap nasi dan segenggam berlian, tapi satu truk berlian,aamiin..

    BalasHapus
  14. Ada masa sepi, tapi pasti nanti ada ceria kembali...
    Dan kayaknya semua kita mengalami saat2 sepi meski dengan cerita berbeda...

    BalasHapus
  15. papa pulang nanti bawa oleh2 buat Vales ..sabar ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiin, Insya Allah Valeska sabar, Bunda...

      Hapus
  16. Semoga Papa Valeska yang tengah berjihad buat keluarga diberikan keselamatan dan bisa pulang dengan uang yang banyak

    BalasHapus
  17. Balasan
    1. itu kan gambar bulan, kok takut?
      Kalo gambar kecoak baru boleh takut..hehehe...

      Hapus
  18. Balasan
    1. Insya Allah, Valeska sabar... Makasih Om/Tante...

      Hapus
  19. hadeuh jangan cerita pisahan dong...
    lagi galau pengen ketemuan neh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pulang sana gih... Gak usah pedulikan genset rusak ituhh...
      :D

      Hapus
  20. dduhhh sedihnya....smoga Papa Vales sukses di rantau...dan bisa sering2 nengokin Vales di rumah.....

    btw Papanya Vales kerja dimana jeng? oh ya ditanyain jeng Soes tuch...katanya kalo di sms ngga pernah dibalas...telepon ngga diangkat...ganti no hape yach?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, untuk tahap pertama, 3 bulan baru bisa pulang. SElanjutnya boleh aja pulang anytime :)

      Dekat aja kok, Jeng. Di Johor Bahru (Mlysa). Dari Bintan sekitar 3 jam-an aja. Masih satu group dgn perusahaan yang lama. Perusahaan yang di Bintan kan menggabungkan diri ke situ. Beberapa karyawan yang pernah kerja di Bintan diajak join ke situ deh. Termasuk si papa...

      Enggak kok, nggak ada sms dari Jeng Soes... Dia salah nomer kali? Coba sms-in aku nomer dia Say, ntar aku telpon deh..

      Hapus
  21. yang sabar ya Vales.. Do'ain papa terus.. Insya Allah papa nanti pulang bawa rejeki :)

    BalasHapus
  22. wah,,adik vales jangan sedih ya....
    doakan papa nya biar pulang bawa duit banyak,hehe

    BalasHapus
  23. vales jangan nangis lagi yah,,tar di beliin es krim deh ama mama veles,,eh.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiaaaahh.. kirain yang beliin es krim Tante Nasphie.. :P

      Hapus
  24. aduh kasian ya vales ditinggal papa .
    tapi tenang nanti jg papanya plg ko :)
    udah ya cup jgn nangis lg ,, mama nya gimana nih ?
    nangis jg ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. mamanya nangis dalem ati... :D

      Hapus
  25. papa hanya pergi tuk sementara, bukan tuk meninggalkanmu selamanya ..

    ayo vales mening kita nyanyi aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyanyinya baguuuusss... Vales suka..!

      Ayo kita nyanyiiii...

      Hapus
  26. terus doain papa ya vales biar selamat sampe tujuan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiinnn... Vales selalu berdoa seperti itu...

      Hapus
  27. kebayang deh sedihnya Valeska ... sabar ya Vales ...

    BalasHapus
  28. Jadi sedihh..kesian adik Chaca, pasti sedih ya ngak ada lagi yang ajak jalan-jalan sore.
    Kalau kakak Dini pasti nanyak terus, di tinggal ke Batam 2 hari aja setiap jam nanyak..ehh bukan jam menit lagi.
    Trus nelponnya bisa sampai 10 x dalam sehari, blm lagi smsnya..begitu juga ayahnya....hmmmm.

    Kenapa ngak nyari yang deket aja kak Wi.

    Tapi ngak apalah, nantikan Chaca bisa jalan2 kesana jumpa papa.
    Sun sayang untuk adik Chaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntahlah, mul.. Dulu papa acha gak mau ke Mlys, eh sekali bulan Mei lalu ditawarin lagi sama Pak Kumis, dia langsung mau... Begitu mulai ngurus surat-surat malah banyak tawaran kerja disini. Di Lagoi ada, di Batam ada...
      Sayangnya yang di Mlys udah ngurus visa, jadi ya udah.. Gak ada pilihan lagi selain brgkt :)

      Iya, skrg ambil positifnya aja. Nanti setelah 3 bulan pertama kan bisa pulang sering-sering (kalo dana cukup :D)
      Johor kan nggak jauh sangat. Balik hari juga bisa. Trus nanti acha juga bisa jalan-jalan agak jauhan dikit...

      Sun sayang juga buat kak Dini dan adik Dika yang tembem..

      Hapus
  29. senyum buat valeska!!
    smile u dont cry...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu lagunya Om Sule ya, Om...

      Skrg Vales udah tersenyummm... Makasih Om Eksak..

      Hapus
  30. duh adek valeska jgn sedih ya..
    smile dongg... :)

    kyk zidan kl papanya lg dinas luar kota lgsg sedih. tp gk pake nangis cm mendadak jd pendiem..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vales nangis juga, jadi pendian juga, Tante...

      Salam buat Zidan.. :)

      Hapus
  31. semoga papa valeska sehat dan baik-baik terus yah..

    BalasHapus
  32. semangat buat valeska.. :) jangan nangis..

    BalasHapus
  33. papanya pasti papa yang baik, soalnya mamanya baik :)

    stopping by mba...

    BalasHapus
  34. ..
    semoga Papa Vales gak kayak bang toyib..
    untuk De dek Vales semoga bisa ceria lagi..
    buat Mamanya, yang sabar ya kak..
    ..

    BalasHapus
  35. santai Valeska sayang, papa balik kok.. Kan Papa bukan bang Toyib..

    eh Akang merantau ke luar negeri ya teh..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. begh komenku kok mirip dengan di atas ya.. jangan-jangan dia bang Toyib? hehehe

      Hapus
  36. 3 bulan penantian yang lamaaa.... semoga indah pada waktunya ^._.^

    BalasHapus
  37. Semoga papa selalu diberi kesehatan lahir batin dan sukses dalam usahanya. Amin
    Jadi ingat ketika saya berangkat ke Afrika..he he he he..\
    Sabar ya say. Everything will be fine.

    Salama sayang selalu

    BalasHapus
  38. berat banget ya Mbak...
    duh, kasihan Vales yaa
    semoga papa cepat pulang

    BalasHapus
  39. Hiks...hiks...ikut sedih sama Vales jadinya :(

    Sabar ya, Nak, nanti kan ketemu Papa lagi :)
    Yuuk, nge dance sama Bude aja :mj

    BalasHapus
  40. hiks, sabar ya cantik...

    semoga semuanya berkah, dan papa cepet dpt kerjaan yang deket abis dari sana :d

    vales aja yang nengok papa kesana :d

    BalasHapus

Yang cakep pasti komen, yang komen pasti cakep..

Tapi maaf ya, komentar nggak nyambung akan dihapus :)
Terima kasih...