Senin, 25 Oktober 2010

Facebook oh facebook

Apa sih gunanya facebook? Untuk menyambung tali silaturrahmi atau sekedar eksis-eksisan dan narsis-narsisan wae?

Seorang teman punya hampir 500 orang di FB hanya dalam waktu sepekan aja! Aku heran bin ta'jub. Hebat banget punya teman sebanyak itu dalam waktu sepekan.

Maka aku bertanya padanya dengan sepenuh hati:

"Syapa aja tuh, Say? Lo kenal semua 500 orang itu?" aku mengajukan pertanyaan sambil menatap matanya layaknya polisi pada tersangka pelaku curanmor, karena wajahnya emang rada mirip. :)

"Ya, enggaklaaahhh..." jawabnya shanthayyy.

"Jadi?" jidatku berkerut tujuh tingkat *nggak gw hitung juga siy, cuman biasanya emang segitu jumlahnya*

"Biar rame aja, masak gw kalah ma yang udah lama gabung di FB kayak lo. Hebat kan gw, seminggu aja dapat 500 teman. Lagian, sayang nolak mereka, habis bening-bening siy.."
*untuk catatan: Temanku ini PRIA*

"Itu mereka yang send request ke elo apa sebaliknya? Tapi gw yakin pasti sebaliknya. Secara elo nggak cakep-cakep amat!" aku mencibir.

"Yang 300 itu gw yang send request, kebanyakan mereka itu dalam satu group. Gw embat semua. Selebihnya mereka yang send request ke gw," katanya dengan bangga," terserah lo mo mikir apa. Gw anggap aja lo sirik. Eh, kalo lo punya (teman) berapa di FB?"

"Sekitar 140-an," jawabku cuek.

"Ya, olooooohh... Ini taon berapa, Say? Gila lo ye? Teman lo cuman segitu. Kuper amat lo! Darimana aja lo slama ini? Sekian lama Tuhan menciptakan dunia dan manusia dan teman lo cuma 140 ??? Astagaaaa..!!" dia memandangku seolah aku makhluk paling aneh di muka bumi.

"Eeehh..Jangan salah! Yang 140 tuh gw kenal smua, bukan teman pura-pura. Beneran teman ini! Nggak kayak lo. Teman 500 yang lo kenal cuma 5 orang. Kasian banget siy lo ?!" aku nggak mau kalah," gw kan nggak sembarangan nge-add orang. Sori sori sori jack, jangan remehkan aku, sori sori sori pak, ku bukan cewek murahaaann...dasar kau keong racuuunn..."

"Udaahh..berisik, tau..!!"

Itulah inti permasalahanku Sodara-sodari. Sesungguhnya dari tadi itu aku hanya mau curhat tentang perasaan tak enak yang mengganjal dihatiku pasal FB FB-an ini. Walau nggak banyak orang tau, aku ini sebenarnya orang yang lembut hati, penyayang dan tidak sombong. Tapi biar lembut hati, aku nggak mau asal confirm teman di FB, aku trauma karena pernah sekali aku confirm, si teman malah ngirim-ngirim sampah tak jelas yang hanya menuh-menuhin notif-ku. Aku bermaksud berteman baik, eh si teman mah niatnya nggak baik. Hanya menghancurkan karirku di FB, ttssaahhh..! Akhirnya kuputuskan dgn sepenuh hati untuk tidak sembarangan confirm orang yang nggak kukenal sama-sekali.

Nah, sekarang ada beberapa orang yang send request dan menunggu confirm dari aku di FB. Tapi aku nggak kenal mereka sama sekali. Mereka juga tidak 'menampilkan' mutual friendnya hingga aku bisa tau, ini temannya siapa aja dan mungkin diantara mereka ada yang udah aku kenal dan jadi temanku di FB. Nggak masalah kenal di dunia luna maya, atau di dunia nyata. So, kalu begitu caranya, aku khawatir untuk 'confirm' mereka. Gimana kalau mereka tidak tulus ingin berteman dan hanya mengacau?

Sekarang, setiap kali buka FB dan terpandang mereka yang berderet nunggu aku klik confirm, aku merasa tak enak hati. Seolah-olah mereka ada didepan mukaku, melotot memandangku sambil berucap: "sombong amat siy lo! Udah tiga bulan kami terbaring disini dan lo cuma wira-wiri sambil ngelirik dikit, seolah kami tak layak buat jadi teman lo. Emang siapa siy, lo?"

Jadi untuk mengurangi rasa bersalah, aku jarang-jarang buka FB. Nggak tegaaa...gitu ngeliat mereka. Tapi mereka itu siapa sih? Biasanya kalau aku nggak kenal si pengirim request, aku bakal klik mutual friend mereka dan jika ada diantara mereka yang aku kenal, maka aku akan dengan ikhlas nge-add. Sumpah!

So, dear..
Gimana ya, seharusnya aku? Please advice me doonngg.. Jangan sampai image aku sebagai seorang yang berhati lembut jadi rusak gara-gara ini.
Jiahhh..!



21 komentar:

  1. approve aja dulu mba, tar klo macem2 langsung remove (pengalamanpribadi.co.uk)

    BalasHapus
  2. Mbak Dewi, kemaren di Pesta Blogger ada amanat seperti ini. Jadi punya teman sampai 1000 di Facebook nggak ada gunanya, kalau yang komentar di status kita itu cuma 1-2 orang. Makanya nggak usah bangga punya "friend" banyak-banyak, kalau arus silaturahminya sepi.

    Aku jarang banget approve friend request dari orang-orang yang nggak kukenal. Kalo namanya nggak jelas, atau pakai nama alay, atau pakai foto anaknya apalagi kucingnya, wah..pasti aku langsung ignore. Teman yang sejati adalah teman yang selalu menyapa kita dan menanyakan kabar kita, bukan yang cuma balapan nambah jumlah friend di Facebook doang..

    BalasHapus
  3. Siang kak Wi..biasa langi gak sibuk, kayaknya hampir mulai gak ada kesibukan nich..

    Kata Dokter Vicky bener kak Wi..buat apa punya teman banyak tapi gak ada yang perduli, emding punya teman dikit tapi iklas dan perduli..
    Mul pun gitu kalau ada yang request mau jadi teman lihat dulu kenal apa gak kalau gak paling dibatalin aja..."Ya mungkin mereka bilang kita sombong..tapi buat apa..apalagi kalau fotonya gak jelas..seharusnya kan bangga menampilkan foto atau nama sendiri...
    Kecuali temenku yg satu itu yg jauh disana,...masih tetap bertengger sebagai teman tapi aku hanya bisa menatap aja...

    BalasHapus
  4. hari gini musti hati-hati menconfirm orang yg ngga kita kenal di FB, temanku di FB juga ngga seberapa tapi aku kenal semua. Banyak kejahatan gara-gara FB membuatku prihatin ada penipuan, perselingkuhan, prostitusi, hingga ada yg diculik teman fbnya.

    BalasHapus
  5. (Maaf) izin mengamankan KELIMAAAX dulu. Boleh, kan?!
    Akun fb saja jarang keurus. update status saja kadang-kadang

    BalasHapus
  6. @ Fatma:
    Gitu, ya Fat? Manjurkah?

    @ Vicky, Ibu Dini @ Ladyonthemirror:
    Setuju, biar punya teman dikit, tapi BENER-BENER TEMEN. Tul nggak?

    @ Alamendah:
    Ya iyalah, Mas Alam kan udah sibuk ngurusin lingkungan dan alam, nggak mungkinlah punya waktu ngurusin FB.. :D

    BalasHapus
  7. kalo aku sih, gak peduli. kalo emang gak jelas mending gak usah diterima addnya. cuek bebek aja. kadang banyak orang iseng. temankku di fb juga gak banyak karena aku hati2 banget. gak mau sembarangan nge add orang yg gak jelas

    BalasHapus
  8. tergantung type masing-masing. akun fb saya cuman buat update status kalo ada postingan yang baru di blog. selebihnya gak. kalo dengan temen beneran biasanya chat aja kalo online atau kirim di dindingnya. makanya teman saya di fb juga banyak nyampai juga si 700an. ini untuk alasan promosi blog. karena saya juga gak sembarangan update status di fb.

    BalasHapus
  9. klo menurut surpe'ku, tmn2 cwok'ku fban buat iseng2 berhadiah mbak hehehe...

    BalasHapus
  10. @ Sang cerpenis bercerita:
    Jadi nggak usah merasa bersalah kalo nggak nge-add ya? Betol2x

    @ Blog keluarga:
    Iya, kalau untuk alasan bisnis mah emang 'dibenarkan' punya 'friend' banyak.. :D

    @ Hanya Seorang Sahabat:
    Kebanyakan emang gitu ya? Teman cow yang kuceritakan diatas sepertinya juga penganut faham yang sama.. :p

    BalasHapus
  11. Yg kamu lakukan gak salah, Wie'...aku juga sekarang lebih berhati2 menerima pertemanan...kalo temenku sekarang 500an di FB itu kamu jangan curiga ya, itu sebagian besar aku kenal secara langsung yg lainnya temannya teman tapi akhirnya jd teman baik juga.
    Jadi kalo pesbuk itu memang diniatkan utk menyambung silaturakhmi, maka pasti yg kita dpt jg pahalanya silaturakhmi yaitu dipanjangkan umur dan dilapangkan rizki (gak jarang kan yg memanfaatkan FB buat menunjang bisnisnya...?)
    Tp aku setuju sm Fatma, mgkn bisa bbrp diconfirm dulu, siapa tahu dia baik dan suka nyetatus quote2 bagus lumayan kan buat bikin kita termotivasi, tp kl kira2 gak ada "sesuatu" yg bisa kt dapat dr dia atau bahkan malah nyampah mulu ya kita remove aja...(ini jg pengalaman pribadi lho...!)

    BalasHapus
  12. kalo aku lgh suka nge-add atau confirm sama teman yg kita kenal aja di FB .. Kalo teman2 yg gak kukenal aku lebih suka berinteraksi lewat blog aja.. lebih seru.. kadang aku berfikir gimana ya rasanya kalo kopi darat dg teman2 bolgger???

    BalasHapus
  13. waduh...FB ini,...di balik sisik baiknya sebagai media interaksi dunia maya...tapi juga ada aja ehmm..ehmmnya...he..he..he...

    BalasHapus
  14. wah, aku kalau gak kenal gak pernah aku confirm dan sekarang sudah mulai jarang fb an...

    BalasHapus
  15. Aku juga sudah jenuh dengan FB karena kebanyakan mereka gak aku kenal atau mereka teman saudaranya temannya teman ku :( jadi gak nyambung abis. Sekarang aku sudah jarang kirim status. Bagiku mendingan di blog :D
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
  16. internet itu adalah.... click by interest.... klu saiia menganggap pesbuk, buang2 waktu dan saiia sama sekali gag ada interest ke situ... jd saiia gag tau menahu klu pesbuk sedemikian besarnya, iia karena ternyata masyarakat indonesia itu interestnya narsis2an... gtu gag sii?! hhmm...

    BalasHapus
  17. betul tu kata blog keluarga. tergantung orang'a juga. mungkin ada yng buat fb cuma untuk iseng2 ja. trus ada juga tu yang cari jodoh, kerja
    macam2 lah.
    ada juga tu temen gw dia punya aq fb ad 10 tu.
    trus gw tanyaen tu ama temen gw. kok bnyak bgt akun fb'a
    trus di jawab yang satu ne untuk komunikasi ama pcar gw, trus yg satu'a utk temen trus yg stu'a utk nyari cwe laen.....
    bner2 aneh orang sekrang

    BalasHapus
  18. habis ngereject 54 friend request.. habisnya nggak ada yang kenal semua.. lagian gawat ntar kalo nge-add sembarangan orang yang nggak dikenal. kalo saya yang ada di friend list cuma temen-temen saya yang memang sudah saya kenal..

    BalasHapus
  19. ya kembali lg ke individu masing2, facebook itu kita mo apakan,,,,kalo aQ sih lebih ke alat promosi blog ya itung2 nambah traffic dari situs besar,,,,,Salam kenal.

    BalasHapus
  20. @ Mba Yoes:
    Nggaklah, aku nggak curiga kok ma Mba Yoes. Kan Mba nggak ada tampang terorisnya..xixixi..

    Aku juga udah laksanain sarannya Fatma, setelah dilihat, diraba dan diterawang, aku udah approve bbrp orang yang bertampang tidak mencurigakan, selebihnya masih di pending dulu..hehehe..

    @ rita asmara:
    Seru juga kali ya, Rit ??? *ngayalketemuRita*
    Jadi ikutan pengen...

    @ Teras info:
    dan ehem..ehem..nya ini yang nggak nahaann..

    @ Joe @ Sugeng:
    Sama, saya juga udah jarang FB-an.. Enakan ngeblog emang...

    @ Genial:
    hhmmm...

    @ Agam:
    Kalo yang begituan emang anehhhh...anehhh.. Salam kenal kembali, makasih udah mampir.. :D

    @ Tri Setyo Wijanarko:
    Wow, banyak penggemar nih...

    @ Catatan Kecil:
    Setuju! Betul banget, tuh...
    Salam kenal kembali... :D

    BalasHapus

Yang cakep pasti komen, yang komen pasti cakep..

Tapi maaf ya, komentar nggak nyambung akan dihapus :)
Terima kasih...