Senin, 17 Oktober 2011

Lipstik dan Pelecehan (non) Seksual

Mengingat: Akan terbatasnya koleksi lipstik di laciku karena kebutuhan Valeska untuk mecoret-coret dinding rumah dengan menggunakan lipstik sedang meningkat dan seringkali tanpa tedeng aling-aling apalagi minta ijin menggunakannya,

Menimbang: Penggunaan lipstik dewasa ini sangat diperlukan supaya bibir tidak kelihatan pucat membiru bagai habis di perkaos hantu,

Memutuskan: Harus membeli lipstik baru agar penampilan tetap oyeaahhh...!



Gambar dari sini

Maka, siang itu dengan pengawalan ketat bodyguard berbadan kekar dan berambut gondrong bak Ade Ray dan iringan musik angklung, aku melangkah anggun memasuki gerai kosmetik di super mall terbesar di Tg.Uban (cuih banget deh, gayanya... Super Mall segala. Warung, kaleeee.....)

Sesampai didepan outlet (cuih lageee...) yang dijaga embak-embak lumayan cantik, aku parkirkan bodi bohay nan kerempeng tanpa daging ini disamping etalase berkaca bening kinclong.

(biasanya, mendekati lebaran haji begini, gw kudu hati-hati. Berusaha rada-rada jauh dari mesjid atau rumah panitia kurban. Dan kalau ada panitia kurban lewat depan rumah, gw malah nggak berani mengeluarkan sebagian atau keseluruhan anggota badan dari pintu atawa jendela. Takut ntar diciduk tuk dijadiin sop. Syapa yang doyan, coba!)

Aku mencomot sebuah sample lipstik, mengoles sedikit ke tangan untuk melihat jejadian warnanya, lalu bertanya dengan anggunnya:
"Ini berapaan, Mbak?"

Si Mbak counter lagi menunuduk disebelah etalase yang berseberangan denganku, mencari-cari sesuatu untuk seorang pembeli wanita yang parkir dengan tak kalah bohay-nya disebelahku. Mbak Counter melirikku sekejap:
"Delapan belas, Mbak"

Aku mencoba-coba warna lain, lalu bertanya lagi:
"Yang ini?"

Mbak Counter melirikku sambil sedikit mendongak, jidatnya terbentur rak yang ditempati deretan deodoran. Dia meringis, menatapku dengan kejam:
"Itu 25" ketus.

Aku belom puas dengan warna-warna yang ada. Bergeser sedikit mendekati sample lipstik merek lain, nyoba-nyoba, kembali bertanya:
"Kalo yang ini?"

Mbak Counter melirikku dengan beringas. Sekarang dia sedang jongkok dibalik etalase. Entah melakukan apa. Jangan-jangan BAB. Gela Cuuuuyyy...!!

"Kalo yang itu MAHAL," berkata dengan penuh tekanan pada kata 'mahal'
"Iya, berapa-an?" orang kaya kudu sabar.

Dia menatapku dengan pandangan lu-nggak-kan-mampu-beli-itu-Cuy!
Aku balas menatapnya dengan pandangan kalo-gitu-lo-yang-beliin-Kampret!

"Lima sembilan" katanya dengan nada cuih!
"Lima ratus sembilan puluh ribu?" tanyaku dengan nada puiiiihh...! Salute!

Dia melotot," bukan! Lima puluh sembilan ribu!" pekiknya.

Aku melotot. Sejak kapan 59 ribu itu mahal buatku? Bukankah kekayaanku setara Paris Hilton? Kalo si Paris punya 30ribu dikantongnya, aku juga punya! Kalo si Paris punya 1 juta di rekeningnya, akupun punya! Yang penting kan angkanya. Bukan currency-nya! Iya toh? Aku ini sekaya Paris Hilton lho, Cuy! Ngerti nggak sih, Ente?!

"Jadi beli, Mbak?" tanyanya meremehkan

Wah, ini pelecehan ini...... Tersungging nih peranakanku...

"Iya dooonggg...."
"Berapa biji?" (Plis deh... Biji??? Biji ape dan siape? Nggak ada bahasa laen ape?)

Aku memandang wajahnya yang pongah. Pelecehan ini harus dipatahkan dengan tetap membeli barang ini.
Lalu dengan stil yakin berkata mantap:
"SATU!"

Jiah... Mbak counter ndolosor. Memandangku dengan tatapan kasihan-banget-ya,-elo.
Aku balas menatap, iye-makenye-sedekahin-gue, gue-kaum-dhuafa-Cuy!

Pelajaran moral hari ini: Jangan pernah meremehkan orang, se-merana apapun dia kelihatan! 
Ibarat pepatah orang Padang: "Don't judge a book by the cover" yang artinya: jangan melempar buku kedalam koper. Masukin aja baik-baik! Gitu aja kok repot.

Paham?

(Ini postingan nggak jelas, yang penting tiap senin musti update meski maksa...hihi...)

41 komentar:

  1. huahahaha....gpp mba Dew, aku ketawa2 kok bacanya, sangat menghibur, dan mengingatkan diriku aku ga punya lipstik lg, cuma lipbalm doang he he

    BalasHapus
  2. @ Orin:
    hiks..hiks.. iya, Rin. Lipstik-ku tinggal atu. Habis dipake Vales buat menghias dinding..hiks..hiks...

    BalasHapus
  3. iya kadang atau sering ...memang pelayanan kaku dan sinis dilakukan para pelayan-pelayan cantik itu...bukan pd tempatnya dan bukan bagian dari gaya layanan yg baik...kalau sy lebih baik langsung tinggal pergi

    BalasHapus
  4. kwkwkw,,suerr mbak sy sambil makan siang ampe mau keluar lg dr mulut nih mbak krh tertawwa baca nih postingan,,hehe mo beli lipstik pun bs gokil gini y,,hehe

    BalasHapus
  5. koleksi lipstikku juga gak banyak mbak

    BalasHapus
  6. @ Aryadevi:
    Biasanya saya tinggal pergi juga sih... Nggak tau waktu itu saya malah tetap pengen beli :D

    @ al kahfi:
    hehehe... semua hal kan bisa di gokilin atau di seriusin, Bro. Tergantung kita aja :D

    Masih bad-mood yah? Nggak kan?

    @ Lidya:
    Kalo ku hitung-hitung, punyaku juga nggak banyak. Aku juga nggak doyan gonta-ganti sesuai warna baju sih... Asal nggak nampak pucat aja udah, tapi nggak norak juga. Yang kalem gitu deh.. Sewarna bibir. Jadi semua warna baju bisa masuk :D

    Hemat, Beib! :D

    BalasHapus
  7. wah sayang banget koleksi lipstik gw lagi abis nih stocknya...kalau banyak nanti gw kirimin lewat ....lewat apa yah??? *komentar orang yang lagi pusing kepalanya*

    BalasHapus
  8. gyahahaaa...gokil loh mbak..qiqiqiq...belum puas gue ngakak.
    tapi pu lebih pedeh pake lipbalm daripada lipstik :D

    BalasHapus
  9. @ Necky:
    Lewat halaman samping, Mas. Soalnya didepan ada anjing harder lagi ronda
    *jawaban orang yang lagi sakit perut*

    @ Puteri:
    Aku pake dua-duanya, tapi nggak yang menor menyala dan membara. Yang kalem ajah, kayak akyuuuhh... :D

    BalasHapus
  10. Sy jadi teringat ketika teman sy datang ke suatu seminar yg diadakan kantor kami. Dia sudah mengambil makanan dan secangkir minuman dg tangannya. Tiba2 petugas katering bilang: "Maaf Mas. Makannya nanti aja ya kalau sisa.". Begitu dia ngomong sambil makanan tadi direbutnya.

    Petugas tadi melanjutkan: "Kamu pelayan katering kan?". Teman sy kaget dan menjawab jujur: "Bukan, sy pegawai di kantor yg sedang menyelenggarakan seminar ini."

    Mba yg melarang makan tadi langsung pucat sembari melihat nametag di dada teman sy. Mba tadi melecehkan teman sy karena teman sy memakai pakaian sederhana (hitam-putih).

    BalasHapus
  11. heheheh... gmana mbak.. enak nggak lipticknya.. :-D

    aku nggak pernah pake lipstik, klo ketemu mbak2 counter td mgkn lebih2 lagi di judge nya kli ye.. heheh

    BalasHapus
  12. hyah ketinggalan aku mbak, kq ganti lagi bukan disqusss :? jarang ngenet soale mbak, kena penertiban satpol PP gara-gara neblog di pinggir kali, ngenet cuma seabad sekali, itu aja habis cuma buat fb-an, jadi sekarang lagi g mikirin blognya, hehehe ^_^
    tuh kan kagak nyambung ma lipstiknya, salah alamat kaleee ;p

    BalasHapus
  13. Sejak ada undang2 antidiskriminasi, sudah jarang dpt perlakuan kaya gt dr pelayan toko. Dulu sering bngt dech hehe.

    Pembeli adalah raja, jgn hanya liat penampilannya aja :)

    BalasHapus
  14. hahahahahahaha, dhe kok ngakak yaa baca postingannya.. soalnya dhe juga pernah ngalamin pelecehan kek gini mbak.. seolah2 banget tu mbak2 penjualnya ngeremhin dan tidak melayani dengan hormat, padahal pembeli kan adalah raja.. kalo udah gitu, dhe mah malas banget beli di tempat itu..

    BalasHapus
  15. So kesimpulannya ...
    Jadi beli nggak nih ...
    Kalo nggak jadi beli ... mending ke toko sebelah deh Neng ...

    hahaha

    (kebayang wajah Bu Dewi ... yang meradang ...)

    Salam saya

    BalasHapus
  16. harga lipstiknya koq seharga novelnya andrea hirata yah? :p

    BalasHapus
  17. Sebenarnya gak perlu berkata itu Mahal.

    Kadang pembeli bisa jadi kasar di dalam hati ( cuma tukang jaga toko aja belagu, belum tentu lipstik yg di pake itu mahal hehehhe ).

    Jadi inget tetangga sebelah yang nanyak korden sama penjual dan penjual bilang itu mahal.
    Pada hal cuma mau tau harganya aja berapa...akhirnaya penjual kehilangan pelangan deh, sementara tetangga mul itu pesen korden sama orang lain yg lebih mahal. hmmm

    kak Wi...mul juga punya lipstik pernah di hajar habis sama Dini, mana baru beli dan belum di pakai lagi apesnya belum di bayar lagi.

    BalasHapus
  18. hihihi,,
    jadi ada bikin ketawa baca laporan belanjanya bu.. :D :D

    iya setuju sekali, kita tidak boleh meremehkan orang lain.

    BalasHapus
  19. sebentar Uni, saya ngakak dulu:

    BUAHAHAHAHAH :D

    anyway, saya paling gak suka shopkeeper yang ongeh bin pongah model begitu. sialnya, di sekitar kita masih banyak yang begitu.

    BalasHapus
  20. kalau belanja lihat harga...jadi pusing menimbangnya...lebih baik mana yang perlu di beli langsung saja...karena ntar malah gak kebeli karena uangnya sudah habis entah kemana...

    BalasHapus
  21. xixixixii..telat kali ya ketawanya...gpp deh..
    yg penting hepi ya mbak..horeee punya lipstik 59 (rb) heheheheheh

    BalasHapus
  22. Bwahaha... ngakak koprol bacanya... :D

    Kenapa gak ditawar dikit harganya, Wi. Kan biar lebih asoy ceritanya, haha... :D

    eh, biar kesalnya gak berkepanjangan, mending ikutan main bersama di sini: http://hardivizon.com/2011/10/18/mainan-bocah-contest/

    ditunggu ya... :)

    BalasHapus
  23. @ Febrishow:
    Bah…pelecehan banget tuhhh….
    Om NH Trainer juga pernah ngalamin yang agak mirip ginian…

    Itu tukang catering belagu amat yak? Pasti dia malu banget setelah tau yang dilarang makan adalah pegawai kantor yang lagi seminar..hahahaha….
    Kapok dah!

    @ Lyliana Thia:
    Enggak enak. Namanya bibir ndeso, mbak. Aku lebih cocok lipstik murah meriah. Pake lipstik mahal malah bibirku pecah-pecah hihi…

    Sekarang lipstik itu dibawah kontrol Valeska, dipakai untuk bikin lukisan abstrak di dinding rumah :D

    Hahaha..pasti dia bilang gini: ih, Mbak nggak pernah make lipstick ya? Nggak mampu beli ya? :P

    @ Oen-oen:
    Bukan maksud hati mau mengganti sebenarnya, Oen. Aku kmrn ganti template, eh, disqus-nya ilang dhewe. Ya udah. Kubiarin ae :D
    Lagi malas ngutak-atik.

    Makanya, kalo ngeblog tuh jangan dipinggir kali, ditengah jalan lebih bagus :D

    Aku nggak heran kalo nggak nyambung. Orang kalo habis digaruk satpol PP kan emang suka gitu..hehehe…

    @ Tarry:
    Iya, mestinya kan begitu. Pembeli adalah raja.

    Padahal aku nggak bergaya kere banget loh waktu itu. Tapi emang kalah sama yng disamping akyu, soalnya doi macam toko emas berjalan. Kalungnya bergelantungan berlapis-lapis dan panjang.
    Sementara akyu nggak pake perhiasan ape-ape. Lah emang nggak punya je… :P

    BalasHapus
  24. @ Dhenok:
    Sama, Dhe. Aku juga malas jadinya belanja sama si Mbak-mbak itu. Buktinya, sampe hari ini aku lom beli lipstik lagi…heheh..

    Trauma apa nggak punya duit ya? :D

    @ Om NH:
    Jadi beli, Om. Satu. Hiiiihihihi………

    @ Nuel:
    Aku rasa nggak segitu mahal, Nuel. Mungkin si penjual mau nakut-nakutin doang..hahaha…

    @ IbuDini:
    Bener Mul. Ngapain coba bilang ‘mahal’. Kalo orang mau beli emang kenapa. Duit-duit dia, ya nggak?
    Mahal juga dibeli kalo suka apalagi kalo yang jual ramah tamah. Nggak suka aja dibeli. Ya nggak?
    *masih kesel*

    @ mabruri:
    Yoi, dooongg….

    @ ra-kun:
    Boleh, boleh…. Asal volumenya dikecilin dikit. Ntar tetangga terganggu ngakakmu, Rian.

    Iya, masih banyak yang nggak tau aturan. Ada juga penjaga took yang cuek bebek aja dibalik meja, padahal kita udah clingak-clinguk liat barang dagangannya.
    Kalo udah gitu, pasti ku tinggal pergi.
    Benci, benci, benci…

    @ Ketty:
    Hahaha… udah dijadikan korban sama anakku, Mbak. Dia lagi mbuat hiasan dinding dengan bahan dasar (tinta) dari lipstik.

    SEkarang udah nggak tau dimana bangkainya lipstick 59 ribu itu..hihi…

    @ Uda Vizon:
    Ntar kalo ditawar, dia makin ongeh, Da. Udah, beli aja, langsung tinggal pergi.

    Oke, Uda. Segera ke TKP :D

    BalasHapus
  25. Wakakaka....mangkanye body digedein, Jeng biar berkesan nyonya-nyonya besar gitu loh, trus jangan lupa rambut disasak 50 cm, dijamin si embak berpikir wah nyonya kaya raya istri pengusaha batu bara neh :lol:

    BalasHapus
  26. hahaha...kalo aku ketemu SPG yg model kayak gitu aku tinggal pergi sambil ngomong : "jutek amat loe...mana laku barang dagangannya kalo loe jutek kayak gini...cuihhhh" aslii benci banget sm orang yg modelnya kayak gini...padahal gajinya dia palingan seperberapanya gaji kita yach hihihihi....pan mrk cuma menang penampilan aja.....

    aku juga paling males belu lipstik di conuter2 sprti itu...lebih baik beli di toko kosmetik deket rumah...lbh lengkap dan penjaganya juga ramah......

    BalasHapus
  27. @ Mba Choco:
    hihihi... Itulah masalahku, Mba. Berat badan cuma 45kg, kayak orang kurang gizi. Rambut tipis merana, gimana mau nyasak? :D

    BalasHapus
  28. @ Nia:
    embeeerrr.... Makanya aku jadi pindah haluan. Malas belanja disitu lagi.. :(

    BalasHapus
  29. Mbakyuuuuuu....ekye dataaannngggg!! Pa kabs Jeng? Vales sehat? Duuuhh ekye saking riweuhnya baru hri ini sempet posting & BW :-(

    Hihihi, perlu gw timpuk pake sendal kaga tuh SPG? Masa 59 rebu ajah dikau kaga mampu?! Kalo 60 rebu yah mungkin emang belom kebeli secara yang seribunya dah dipake buat ongkos hihihi kalo ekye garing mohon dimaapkeun

    Cup muach mmmuuuaaccchh. Miz u!!

    BalasHapus
  30. @ Jeng Susan:
    Akhirnya Datang Juga!! *Omesh mode.on*

    Alhamdulillah, sehat.... Gimana dengan dirimu dan sikecil? Sehat toh? Seneng deh mbaca komengmu lagi.

    Miz u too!!

    BalasHapus
  31. Wahaha, betul betul. Kadang2 yg jualan liat2 tongkrongan juga. Apalagi klo pas jalan2 ke mall ga mandi 2 hari, wah djamin.. yg jualan ga bakal rewel, yang ada jg tutup idung sambil gerak2in tangan bahasa isyarat, haha.

    BalasHapus
  32. Kalau beli satu gak stil yakin yo kebangeten rek. Kirain mborong 5 biji ( biji apaan ?

    Gimana gak dilecehkan nduk, wog uangnya kricik semua tur 25 rp gituuuuu.
    lain kali beli yang di Perco aja yaaaa ( emper Toco maksudnya)

    Entar tak kirim deh, mau warna ijo pupus atau biru daun ??

    Daku jadi makin sayank mbaca postingan ini.

    BalasHapus
  33. @ Darin:
    nanti aku coba idemu itu, Kang..hahaha...

    @ Pakdhe:
    Warna ijo pupus aja deh Pakdhe.. Biar jadi mirip sama...sama... ituu....

    BalasHapus
  34. wah aku kalo udah liat pramuniaganya kayak gitu, aku tinggalin deh. Masih untung ngga aku kutuk ngga laku-laku barangnya hahaha

    BalasHapus
  35. Hahaha ngakak.
    Mbak tokonya bikin emosi banget :))

    BalasHapus
  36. menaggapi komentar mas nuel di atas,,sepertinya mas nuel dilema antara beli lipstik atau novelnya andrea hirata.....
    :P

    BalasHapus
  37. @ Imelda:
    Kemarin aku sempat ngutuk dia juga, Mbak. Aku kutuk jadi lipstik ae...

    @ Sitti Rasuna Wibawa:
    Embeerrrr....

    @ zone:
    hahahaha....betol, betol...
    Buat Nuel: nggak usah dilema, beli aja novel Andrea Hirata, ntar kalo butuh lipstik, biar aku kirim yang aku beli itu. Aku nggak pake kok...hahaha....

    BalasHapus
  38. Mahalan lispsik saya.
    Punya saya 61 rebu...

    BalasHapus
  39. @ Pak Mars:
    hahahah.... Pak Mars pake merk apa? Pinjam dong cyyyiiinn...

    BalasHapus
  40. Hahahaha, aku ngakak dan merasa senasib sama mba, aku juga sering banget tuh di gituin, emang sih tampangku sederhana, tapi dompet aku dong.......lebih sederhana. Salam kenal ya mba.

    BalasHapus

Yang cakep pasti komen, yang komen pasti cakep..

Tapi maaf ya, komentar nggak nyambung akan dihapus :)
Terima kasih...