Kamis, 27 Oktober 2011

Mainan Valeska


Mengutip kata-kata orang pintar nih ya, bermain dengan mainan tertentu dapat menjadi terapi bagi anak, karena bermain itu sangat berpengaruh bagi perkembangan dan pengetahuan seorang anak. Juga mempengaruhi perkembangan kreatifitasnya, perkembangan fisiknya, tingkah laku sosialnya dan nilai moralnya. 

Bagaimana manfaat bermain untuk orang dewasa? Au ah lap.... Mang orang dewasa punya mainan apa? Mending kita menceritakan mainan Valeska, anakku yang comelina wal cimilikiti ituh. 



Mainan Valeska itu kebanyakan tidak berumur panjang. Sekitar 2-3 minggu. Dan tidak sedikit yang porak-poranda dalam hitungan jam. Sini kuceritain usia para mainan itu bertahan dan berfungsi baik (HanSiBa) sebagaimana yang diinginkan penciptanya ketika berada ditangan anakku ini.

Contoh 1mainan mobil-mobilan. Usia HanSiBa - hampir 3 minggu.




Dulu ada beberapa mobil-mobilan, sekarang tinggal atu dan menderita lumpuh layu, udah nggak bisa jalan kecuali didorong. Kalo dulu, tinggal colek pantatnya, dia ngacir deh... Kadang sambil berteriak: "pelecehan..pelecehan....!"

Contoh 2mainan boneka cengeng. Usia HanSiBa - 2 minggu.




Boneka ini hadiah dari sodara. Dulunya, kalo mpeng-nya di cabut, boneka ini bakal nangis  ngoek-ngoek. Sekarang, biar dicabut bagaimanapun, dia pasrah. Nangis tidak ketawapun tidak. Membisu seribu bahasa. Kata dokter spesialis boneka, itu boneka menderita trauma berat gara-gara dipaksa nangis di setiap detik kehidupannya. Dan satu lagi, boneka ini juga terserang lumpuh layu, lihat aja kaki kirinya yang terkulai lemah tak berdaya ini:


Sungguh tragis nasibnya.........


Contoh 3mainan writting board. Usia HanSiBa - sekitar 2 minggu.






Ini juga hadiah dari sodara. Awalnya, dia bisa menulis dan melukis dengan menggunakan magnet berbentuk pensil di writting board itu. Ada juga stempel magnet berbentuk hati, bulat dan bentuk segitiga. Dalam waktu 2 minggu saja, si pencil sukses di mutilasi. Se-upil magnet yang nempel diujungnya yang berfungsi sebagai anak pena dipreteli dan dibuang entah dimana. Tubuh pencilnya sendiri sekarang terlunta-lunta... Tiga stempel magnet itu menerima nasib tak kalah malang. Entah dimana kini mereka berada..........

Contoh 4mainan kubus. Usia HanSiBa - 2 minggu lebih 2 hari.




Kubus ini punya bentuk mainan yang berbeda disetiap sisinya, seperti yang bisa Temans liat digambar atas. Tapi kini, inilah penampakannya:



Dia hancur setelah dipakai sebagai pijakan untuk ngambil sesuatu diatas lemari kecil. Tapi kata si Papa, itu masih bisa dipasang lagi seperti sedia kala. Syukurlah...

Contoh 5: Small Barbie. Usia HanSiBa - tak sampai satu hari :D



Barbie imut tiruan ini juga hadiah dari temanku untuk Vales. Begitu temanku berlalu, kotak si barbie langsung di obrak-abrik. Barbie-nya dikeluarin, bajunya di preteli. Tangan dan kakinya di copot. Pokoknya sadis banget. Sekarang, dua barbie itu kakinya tinggal 3. Barbie yang satu malah kehilangan kedua tangannya, kedua tangan itu tak bersua hingga kini :D

Diantara mainan-mainan yang malang tersebut, masih ada beberapa diantaranya yang selamat dari kebrutalan Valeska. Ini Dia:





Keterangan gambar:

  • Mainan ayam-ayam yang bisa lari kalau 'sesuatu' dibelakang tubuhnya di tarik. Ayam centil ini, mah...
  • Notebook PC, ini yang paling suka dimainin Vales. Alhamdulillah selamat dari kekejamannya. Masih sempurna berfungsi.
  • Balok-balok untuk mengasah kreatifitas.
  • Angka-angka dan huruf-huruf yang bisa dibongkar pasang.
  • Mainan masak-masakan.
  • Boneka anjing dan kura-kura. Akrab...
  • Mainan sejenis kotak musik (yang warna biru), sekeluarga boneka bebek dan tetangganya; kodok. Nggak bisa dirusakin karena terbuat dari karet. :D


Valeska punya banyak hadiah mainan dari saudara dan teman-temanku. Sebagian aku yang beli, meskipun kelihatannya dia lebih suka mainan mobil-mobilan ketimbang boneka, dia lebih suka manjat meja dibanding duduk main puzzle. Dia sangat aktif. Dia tidak pernah diam. 

Baru-baru ini, dia lagi suka bermain dandan-dandanan. Pasti gara-gara keseringan nonton FashionTV. Alat-alat make-up mamanya yang didapat dari hantaran nikah dulu dan nggak pernah dipake, dijadikan ajang berkreatifitas. Kuas-kuas make-up itu tak pernah lepas dari tangannya. Kemana-mana dibawa. Kamilah sekarang yang jadi korban. 

Mamanya di dandanin jadi kelihatan aneh, papanya di lipstik-in (tapi si papa sering melarikan diri :D ), neneknya di make-up in. Si nenek mah pasrah aja. Dikasih eye shadow segala. Alih-alih cantik, muka nenek jadi menakutkan. Habis, eyeshadow nya dikasih warna jingga, pipinya dikasih warna merah. Alisnya diputihin pake bedak bayi, lipstiknya warna pink. Rambutnya yang sebagian emang udah malih warna, ditaburin bedak jadi putih berkabut (aduh, sayang banget kemarin nggak di foto..hihi...). Hasilnya, wajah nenek jadi aneh campur menyedihkan. :D



“Artikel ini diikutsertakan pada Mainan Bocah Contest di Surau Inyiak”.

42 komentar:

  1. Valeska punya mobil2an juga ya :) tanda2 mau punya adik laki2 tuh mbak

    BalasHapus
  2. 2 3 minggu mah keren atuh...
    anak anakku paling 2 3 hari dan mulai kena obeng...

    BalasHapus
  3. @ Lidya:
    aaaaa.....benarkah? Kapan ya, mau program lagi? :D

    @ Rawin:
    Yang 2-3 hari juga ada, Win. Tapi aku nggak nemu bangkainya untuk di foto..hihi... Jadi yang ditampilkan cuma yang bangkainya ketemu..hahaha..

    BalasHapus
  4. sama halnya dengan konsep edutainment, mengarahkan anak kearah bermain sambil memasukan nilai-nilai pembelajaran.

    BalasHapus
  5. Anak-anak memang suka bereksplorasi dengan mainannya. Jadinya, mainan tersebut tidak ada yang bertaha lama. Oleh karena itu, kalau mau membelikan mainan, saya piih yang murah-murah saja. Biar gak tekor bandar, hahaha... :D

    Terima kasih Dewi sudah mengirimkan artikelnya
    Saya sudah catat sebagai peserta MAINAN BOCAH CONTEST

    BalasHapus
  6. yah namanya juga anak-anak....hehhehe.. maklumin aja..

    BalasHapus
  7. Valeska main mobil2an? jarang2 lho bu.. :D

    saya dulu waktu kecil kata ibu juga kaya gitu, mainannya ga bertahan lama.
    jadinya lbih banyak dibuatin mainan2 tradisional..

    BalasHapus
  8. wuih banyak banget mainannya dedek Valeska,,
    boleh Kakak pinjam nih,,,hehe

    Semoga menang ya Kak...

    BalasHapus
  9. aduhhh...geri liat barbie ya...^^

    BalasHapus
  10. (geleng-geleng kepala sepanjang postingan ...)

    Lalu bertanya ...
    ini niru siapa ya ???

    (qiqiqiqi)

    Salam saya

    BalasHapus
  11. hehe,, umur mainannya rata2 gak sampe seumur jagung y mbak,, itu tandanya si valeska bener2 anak yg kreatip suka berexperimen,, segala sesuatunya di bongkar2,,,smoga veleska menjadi anak yg pinter melebihi mamanya,,hehe

    BalasHapus
  12. huahahaha....maafkan, ga kuat pgn ketawa ngebayangin hasil make over Vales buat neneknya qiqiqiqiqi...

    Gudlak ngontesnya ya mba ;)

    BalasHapus
  13. Kak Wi...asli, aku baca ini ketawa geli....tadinya ngantuk jadi ngak.

    Istilah kak dewi itu lho...segala mutilasilah hehehheh.

    Barbie Valeska sama kayak Dini punya kak Wi, ada 3 barbie yang habis di mutilasi sama dia..ada kaki gak ada tangan...duch...duch..

    Tapi masih ada 3 yang aku simpan kak Wi, jadi kalau dia bilang barbienya udah rusak * senjata minta beli baru * aku punya stok...hehhehe

    Lebaran kemarin habis beli rumah Barbie juga kak Wi, untungnya yg besar habis jadi beli yg sedang itu juga MAHAL * pusing..pusing.

    Vales..mainannya banyak ya, bagus2 lagi..yang contoh no 4 Dini gak punya kalau liat itu pasti dia mau..hmmmm

    BalasHapus
  14. hihihi... biasa itu sih mainan nggak berumur panjang... kan penasaran spt apa mainan itu, makanya dipreteli... hehehe...

    tapi Vales ada bakat jadi make up artist juga nih kayaknya.. hehehe,, :-D

    sukses kontesnya mbak...

    BalasHapus
  15. @ Aryadevi:
    Bener, Cik Gu…

    @ Uda Vizon:
    Sama, Uda. Yang murah tapi mendidik. Kalo ada yang ngasih yo alhamdulillah..hehe..

    Sama-sama, Uda.
    Terima kasih kembali..

    @ Nuel:
    Siiipp…!!

    @ Mabruri:
    Iya, Mab. Tapi musiman juga sih…
    Sekarang dia udah cuekin mobil2 an nya. Sekarang lagi musim main dandan-dandanan sama sepedaan…

    @ Sofyan:
    Boleh..boleh…. Nanti Kak Sofyan dipinjamin boneka ayam centil aja yaaaa….

    Amiin.. Thanks, Sof.

    @ ione:
    Hehehe…. Saksi kebrutalan anakku :D

    @ Om NH:
    Hahahaha….. kalo nggak salah, ini niru kakeknya, Om..hahaha….

    Soalnya kata mama, saya dulu pendiam dan pemalyu…. Jadi nggak mungkin niru saya :D

    @ Al Kahfi:
    Ada yang lebih pendek dari umur jagung tuh..
    Tapi bangkainya udah nggak bersua…heheh…

    Ammiiinnn YRA!

    BalasHapus
  16. @ Orin:
    Hahaha..dimaafkan, Rin. Kami aja cekakakan kok ngeliatnya. :D

    Tengkyu, Rin…

    @ IbuDini:
    Aku kalo Barbie jarang beli, Mul. Paling dihadiahin… Soalnya udah tau, nasibnya bakal sengsara dan tak berguna di tangan Valeska..hahaha…. Sayang uangnya kan? *emakpelit*

    Iya, banyak. Kebanyakan dikasih sih… :D

    @ Lyliana Thia:
    Iya, betul. Dia anaknya penasaran. Apa-apa di gretekin, apa-apa dipegang, apa-apa dibongkar. Padahal anak cewek. Piye iki…

    Mungkin ya… Kalo ngolesin lipstick, nggak berlopotan lho, Jeng. Rapi.

    Dia juga suka meniru cara berjalan peragawati gitu, meniru cara duduknya (yang melipat kaki saling numpuk itu lho)… Alamaaakkk..!!
    Jangan sampai kelak dia jadi model pakaian dalam pulak. Naudzubillah….

    Amin… Makasih Jeng… :)

    BalasHapus
  17. kreatif banget mbak, hihihihi...

    BalasHapus
  18. banayk juga mainannya ya O_O
    tapi yang dirusak juga banyak ya :D

    BalasHapus
  19. Selain judul yang hampir sama, ternyata kita juga mendafatarkan diri secara berurutan, seperti janjian saja ya, Mbak. Padahal sudah berapa hari ini saya nda silaturahim di sini. Semoga kita sama-sama termasuk di antara lima pemenang. AMin, saling mendoakan.

    Oh ya, Mbak. Saya juga sedang mengadakan kontes menulis Endorsement for Abi Sabila. Mohon doanya, dan saya berharap Mbak Dewi bisa berpatisipasi di sana. AMin, terima kasih.

    BalasHapus
  20. @ Oen-Oen:
    Tak salah lagi…hehe..

    @ ra-kun:
    Perbandingan: fifty-fifty :D

    @ Abi Sabila:
    Jangan-jangan Uda Vizon pikir kita contek-contekan :D

    Insya allah, amiiin…

    Ok, Bi. Ke TKP dulu ah…

    BalasHapus
  21. hahahhahahahahaha
    ketawa dulu ahhh
    sama persis!
    Cuma memang mainanku untuk laki-laki semua, jadi ngga ada boneka bayi atau barbie. Adanya boneka binatang2 yang dibawa buat tidur, dipeluk-peluk.
    Yang pasti seringnya papanya buang mainan anak2 lalu aku pungut dari keranjang sampah karena takut anaknya nyari dan bisa jadi perang dunia 3 hahahaha

    BalasHapus
  22. wah akhirnya bisa blogwalking today :)

    mbak dewi , he@ berhasil menciptakan istilah baru ya mbak " HANSIBA " : bertahan dan berfungsi baik , mm jika mengingat mainan mainan kami 4 bersaudara sepertinya juga hampir tidak ada yang HANSIBA lagi sih, tapi mungkin tidak se akut mainan valeska, mainan kami punya masa bulan madu biasanya 1 bulan, aku inget radio remote kontrol milik adikku , sebuah hadiah langka di tahun 95an , cukup lama , 3 bulan kayakya ada sih masa HANSIB nya, tapi mmg anak cowok suka penasarn bagaimana sih cara kerja radio kontrol. di minggu itu si Sedan merah sudah tidak berbody lagi dan antenanya sudah hilang

    tapi mungkin itu berbuah manis, saat ini adik saya termasuk yg paling pintar mengutak ngatik mobil bapak bila mogok di jalan :)

    kesan dari saya, sebuah mainan punya masa pakai untuk dinikmati kenormalan cara kerjanya, kemudian sang anak sudah bosan dan ingin tahu sebenarnya isi mainan iu, di saat itulah HANSIBA mungkin cukup berharga untuk dilanggar bila kelak sang anak mendapat keterampilan baru :p

    BalasHapus
  23. Wonderful pearls apply to our times!
    Sara

    BalasHapus
  24. Wah sama dengan Briga nih
    ikan aja minta ampun karena digoreng setelah bosen dilihat-lihat

    semoga berjaya bersama saya nduk.
    salam sayank selalu

    BalasHapus
  25. busyeeet byk bgt mainannnya...
    jd inget wkt kecil deh...
    tp jujur loh, mainanku yg wkt msh kcl itu awet ampe skrg... msh ada aku rawat baik2.. mungkin bs aku wariskan ke anakku...
    :D
    semoga menang ya...

    BalasHapus
  26. Mainan anak saya yang gak tahan adalah mobil dan motor atau jenis transportasi lainnya. Mudah rusak baik rusak oleh dirinya sendiri dan juga temannya. Kalau white boardnya masih bertahan sampai sekarang dah lebih dari setahun

    BalasHapus
  27. asli baca postingan ini senyum2 sendiri di tengah malem..
    Vales..ko barbienya di mutilasi sayang..
    Ngilu bangget..

    Gpp mainan Vales ga panjang umurnya..
    Sing penting Vales Panjang Umur ya Nak
    Sehat slalu..

    Sukses Jeng ngontesnya..

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah baru sekarang bisa masuk..
    setelah 3 hari bolak balik sini di kunci mulu pintunya hahaa..

    BalasHapus
  29. semasa kecil dunia sebagai taman bermain, tapi setelah dewasa entah bagaimana taman itu terlupakan dan berganti dengan kecurigaan dan kecemasan yang terus berjuang untuk mencapai kebahagiaan, itulah kita. banyak sekali yang merindukan untuk pulang ke masa dulu yang katanya lebih enak dan lebih baik, yang dirindukan adalah taman bermain itu. terima kasih salam

    BalasHapus
  30. anak yang aktif saat kecilnya pasti pintar :D hehehee semoga saja vales besok-besok ga hobi ngerusak tapi juga ngebenarin barang :p

    BalasHapus
  31. @ Mba Imelda:
    Hehehe…. Papa nya mbuang, mamanya mungut..heheh…
    Trus, papanya Riku nggak komplen kalo mainan yang udah dibuang dipungut lagi, Mbak? :D

    @ Johan:
    Mainan waktu kecilku udah nggak bersisa. Begitu kami lupa dikit aja, mainan itu di oper mama ke adik sepupu..haha…

    Ternyata hobi ngutak-atik mobil-mobilan ada gunanya juga ya? Mungkin saja mainan jaman dulu itu merefleksikan akan kepandaian kita dimasa depan ya?

    Ya..ya.. Aku setuju tuh..

    @ sarabose:
    Yes, you are right

    @ Pakdhe Cholik:
    Hahaha… Briga lebih ganas nih…

    Semoga, Pakdhe. Amiinn..
    Salam saying selalu, Pakdhe

    @ Penghuni60:
    Banyak karena dihadiahi, Sob. :D

    Kalo mainanku dulu udah nggak bersisa. Fosilnya pun nggak ada.

    Amiinnn.. Tengkyu…

    BalasHapus
  32. @ Halaman Putih:
    Nanti gedenya bakal jadi montir tuh…hehe..

    @ Nchie:
    Jangankan Barbie, mamanya aja suka dicekik kalau dia lagi gemes, Jeng..hahaha…

    Valeska said: Amiiinnn…. Makacih Tante Hani.. muaaaahhh…

    Tengkyu, Say…

    @ Nchie:
    Nggak pernah dikunci kok, Jeng. Pintuku selalu terbuka kok untukmu…

    @ Terapi Qolbu:
    Ya, begitulah hidup…

    Karena waktu kecil itu kita Cuma tau senang-senang dan main-main kali ya..
    Kita lom mikir susahnya nyari kerja, mendaki jenjang karier, susahnya cari duit dll.

    Makan tinggal minta, kalo nggak dikasih tinggal nangis. Itu tok.

    Makanya masa kecil itu jadi masa yang terindah dan selalu dirindukan :D

    @ sheno monkey:
    Ammmiiiin…amiiinn… Ya Rab.

    Makasih, Sob :)

    BalasHapus
  33. ternyata satu hal yg saya baru sadari.. mainan anak anak itu mahal mahal banget ya :(

    BalasHapus
  34. hkhkhkhkk... lucu pas ngebayangin eyangnya didandanin... ^_^

    poto si valiska kog ga dipajang sih kaa... ^_^
    jadi penasaran sama valiska...

    buat valiska : teruskan naak!!!! gak brutal ga kreatip *hloh @_@*

    BalasHapus
  35. @ mAJALAH mESJID kITA:
    Ada juga kok Pak yang murah. Mainan anak saya nggak mahal-mahal, kok :)

    @ Sukabaca:
    Nggak usah dibayangin, nggak dibayangin aja lucu kok :D

    Ada tuh di laman "About Me" atau di laman "Blognya Valeska". Klik aja. Kalo laman iklan nggak usah di klik, ntar aku dapat duit banyak, jadi orang kaya pulak :D

    Siiippp...! :D :D

    BalasHapus
  36. hanya ingin mengikuti postingan agan .
    salam kenal yya
    http://www.hajarabis.com

    BalasHapus
  37. @ Hajarabis:
    Silahkan, Om? Sekalian promo kan?

    Salam kenal juga. Btw, cewek dipanggil agan juga ya?

    BalasHapus
  38. itu namanya kreatif Mbak... sampe papanya mau dilipstikin...hahahhaaaaa

    BalasHapus
  39. wahh Valeska maiannya banyak bangett....bagus2 lagi...kalo aku jarang beliin mainan soale udah tahu nasibnya bakal berakhir tragis hihihi........

    mainan yg sering aku beliin biasanya masak2an atau maian dr plastik....kalo boneka barbie dulu punya banyak hadiah dr temen2....udah ngga ada bekasnya hihihi...

    BalasHapus
  40. anak-anak kalau punya maianan trus rusak itu biasa tanda anak kreatif ingin tahu hal baru

    BalasHapus
  41. ..
    kayaknya nurun mamahnya nih.. ^^
    ..

    BalasHapus
  42. hemmm jadi inget masa lalu nih gan..

    BalasHapus

Yang cakep pasti komen, yang komen pasti cakep..

Tapi maaf ya, komentar nggak nyambung akan dihapus :)
Terima kasih...