Kamis, 16 Oktober 2008

Misteri shalat subuh

Judul ini kuambil dari sebuah buku karangan DR. Raghib As-Sirjani.

Waktu baru pindah ke perumahan yang kutempati sekarang, seorang tetangga bilang padaku:
"Aku nggak pernah sholat subuh semenjak pindah kesini"
Lalu kutanya," kenapa?"
"Habis, disini dingin banget, apalagi menjelang subuh, dingiiiin...banget. Jadi aku selalu bangun siang dan nggak sholat subuh," jawabnya santai,"kamu juga kan?"tanyanya menyusul.
Aku tersenyum," Alhamdulillah, aku masih mau sholat subuh, walau dingin menusuk. Rasanya rugi kalau nggak sholat."

Karena itulah, aku tertarik membeli buku yang judulnya kuambil untuk postingan ini.
Yang menarik (atau menyedihkan) adalah, ternyata memang banyak sekali orang Islam yang tidak mendirikan sholat subuh dan tidak merasa rugi atau bersalah karenanya.
Alasanya macam-macam, ada yang kedinginan seperti tetanggaku tadi, ada juga karena tidur terlalu larut, hingga bangun siang.

"Sesungguhnya dua sholat ini (Subuh dan Isya') adalah sholat yang berat bagi oarang munafik. Sesungguhnya, apabila mereka mengetahui apa yang ada dalam sholat Subuh dan Isya', maka mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak." (HR Ahmad dan An-Nasa'i)

Padahal, ada perlakuan istimewa terhadap shalat Subuh ini dibandingkan dengan shalat yang lain. Salah satunya adalah; Rasulullah SAW memberikan doa khusus sesudah shalat subuh, yang dibaca setelah selesai shalat, belum beranjak dari tempat shalat dan belum bicara dengan siapapun....

Bunyinya dalam Bahasa Indonesia:

"Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah saja, Ia tidak memiliki sekutu, milik-Nya lah segala kerajaan dan pujian. Dia Maha Menghidupkan dan Mematikan. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Jika doa ini dibaca sebanyak 10 kali, akan ditulis baginya 10 kebaikan, dihapuskan 10 kesalahan, diangkat baginya 10 derajat. Satu hari penuh dia dilindungi dari sesuatu yang tidak disukai, terlindungi dari setan dan tidak ada dosa yang pantas dianggap sebagai dosa kecuali syirik (HR At-Tirmizi)

Buat temanku (semoga membaca postingan ini), dan buat siapapun yang masih malas shalat subuh, jangan malas lagi ya.....

2 komentar:

  1. Tulisan yang bagus sekali, semoga mampu menggugah kesadaran saudara-saudara kita yang masih enggan sholat subuh.

    BalasHapus
  2. to mbak tuti:

    wow....senang banget, udah 2 minggu ini saya nggak connect dengan internet, pas hari ini buka blog, eh, ada komen dari mbak tuti.... atu-atu nya lagi... tengkyu mbak.... udah bersedia komen di blog ku yang nggak se"anggun" blog nya mbak....

    BalasHapus

Yang cakep pasti komen, yang komen pasti cakep..

Tapi maaf ya, komentar nggak nyambung akan dihapus :)
Terima kasih...