Senin, 09 Agustus 2010

Niken

Niken namanya. Setiap kali memasuki kantor ini ingatanku melayang padanya. Pada seorang wanita gemuk berkulit putih, supel dan gampang berteman. Senyumnya manis dan ramah, giginya putih berderet rapi. Pipinya chubi dan matanya indah.

Kami pernah berteman dekat suatu masa dulu. Meski dia terlahir 4 tahun lebih dahulu, kami bisa berteman dengan asyik.. Dia selalu ada untukku. Dia menemaniku saat aku terpuruk dalam kesedihan yang dalam, dia selalu membantu jika aku kesulitan. Aku sangat tidak bisa melupakan semua itu.

Seperti semua orang, kami pernah berbeda pendapat. Pasti. Jangankan dengan teman, dengan orang tua yang melahirkan saja, kita pasti pernah tidak sependapat. Namun sepertinya Mbak Niken tidak menyukai hal itu. Dia mulai menjauhkan diri dariku. Mungkin karena aku pada saat itu telah berubah menjadi orang yang menyebalkan.

Dia resign, akhirnya. Hari terakhir dia bekerja, kami tak bertemu karena beda gedung. Tapi teman sekantor bilang kalau dia mencariku ke finance di hari itu. Saat itu aku lagi tidak berada di ruangan finance, aku sedang shalat ashar di musholla kantor.

Aku tak bisa kontak dia lagi setelah itu. Aku pernah send request ke FB nya, tapi di cuekin hingga sekian lama.

Dan suatu hari, aku bertemu dia di jalan, di depan sebuah warung. Dia sedang menunggu mamanya yang lagi belanja. Aku turun, menghampirinya. Mengulurkan tangan untuk salaman. Dia menyambut tanganku. Tapi wajahnya tak lagi seramah dulu. Senyumnya sangat terpaksa. Dia hanya setengah hati menyahuti setiap pertanyaanku.

Sejak itu aku mulai berfikir. Apa yang salah? Apa yang telah kulakukan padanya?

Mbak Niken, dimanapun dirimu berada saat ini, jika suatu hari nanti dirimu tersesat ke blog-ku ini, aku hanya ingin Mbak Nik tau, aku tetap menganggapmu sebagai teman yang baik. Aku hanya ingin mengenang yang baik-baik. Aku takkan pernah lupa,, Mbak Niken selalu menemaniku saat aku berada diambang keputusasaan dan kepedihan yang dalam. Jika aku pernah menyakiti hatimu, aku minta maaf. Aku sungguh-sungguh minta maaf.

Esok, ramadhan datang Mbak Niken. Aku ingin semua kejelekanku terhapus dari hatimu. Selamat berpuasa, Mbak Nik. Semoga amal ibadah kita diterima disisi-Nya.

13 komentar:

  1. Hmm menyentuh sekali kak Wi..semoga saja pintu hati mb Niken bisa diketahui...apakah aku boleh mencari tau apa yg terjadi pada mb Nik...ahhh dasar kamu mul...

    Mohon maaf lahir dan bathin kak Wi..
    suatu saat pasti Mb Nik akan mampir ke Blog kak Wi nich...

    BalasHapus
  2. @ Mul:
    Aku juga nggak tau apa yang terjadi Mul. Kenapa setelah resign Mbak Niken berubah padaku ya?

    MAAF LAHIR BATIN juga ya Mul.. :)

    BalasHapus
  3. Moga saja tidak ada apa2 ya kak wi..sayangkan pertemanan yg akrab bisa renggang karna sesuatu hal..
    Mb Nik,...pernah curhat karna sempat beberapa kali ketemu, tapi nama Mb Dewi gak disebutkan ..justru Mb Nik suka tanyak kabar kak Wi..gimana..

    BalasHapus
  4. (Maaf) izin mengamankan KEEMPAX dulu. Boleh, kan?!
    Sayang sekali sebuah persahabatan yang mendamaikan musti terjebak dalam prasangka yang tiada jelas.

    BalasHapus
  5. Sayang sekali memang, sebuah pertemanan harus berakhir seperti itu. Semoga saja Mba Niken membaca ini...
    Selamat menjalankan ibadah puasa, mohon maaf lahir bathin...

    BalasHapus
  6. Semoga Mba Niken baca postingan Mba Dewi yah, sehingga silaturahmi bisa terjalin kembali.

    Btw met puasa juga buat dirimyu dan keluarga. Semoga Ramadhan taun ini lebih baik dari taun2 sebelumnya. Amien

    BalasHapus
  7. Wah...pasti tersiksa sekali dirimu ya, Wie...persahabatan yg sudah terjalin selama ini putus begitu saja tanpa sebab yg jelas...yg penting ada niat baik dan tulus darimu untuk minta ma'af (meskipun belum tentu juga kamu yg salah), semoga Mbak Niken membaca tulisanmu, kalaupun tidak ia pasti tahu bahwa kamu sudah berusaha menjalin silaturakhmi (lagi) dengannya.
    Selamat menjalankan ibadah Ramadhan ya...!

    BalasHapus
  8. aku juga punya sahabat yang akhir2 ini sepertinya terkesan menghindar.. apa dianya yang menjadi semakin sombong karena kedudukannya.. atau memang aku pernah berbuat kesalahan padanya? entahlah.. yang jelas aku sangat sedih dengan perubahan sikap sahabatku itu.. tapi, aku berharap mudah2an suatu saat hubungan kami mencair..

    BalasHapus
  9. @ Mulyani:
    Kalau ketemu lagi, titip salam ya, Mul... Kalau ingat jaman dulu waktu masih sama Mbak Niken, rasanya sediiiihh.. gitu! :(

    @Alamendah:
    hehehe.. jadi keempax nih, Mas.. Betul banget, kalau saja saya tau salah saya apa, mungkin saya bisa ngerti perubahan sikapnya. hhh...

    @Noor's blog:
    Semoga Mbak Niken maafin saya..
    Selamat menjalankan ibadah puasa, Bang Pendi..

    @Zulfadli's Family:
    Amiinn...
    Selamat menjalankan ibadah puasa untuk dirimyu dan keluarga juga, Jeng.. Lebaran datang kerumah yeee...?

    @Mbak Yoes:
    Mbak Niken tuh agak mirip dirimu loh, Mbak.. :)
    Kalau liat dirimu, aku suka ingat dia..
    Sayang banget persahabatan kami jadi gini..hhuhuhhhh..
    Selamat menjalankan ibadah puasa juga buat dirimu dan keluarga Mbak..

    @Rita:
    Sedih emang Rit, kalau kehilangan sahabat..
    :(

    BalasHapus
  10. teringat kata2 bijak yg disampaikan oLeh Ayah saya (aLm.), yg entahLah kutipan tersebut beLiau dapat dari mana, bagi saya yg penting bermanfaat.
    "ingatLah seLaLu kebaikan seseorang yg teLah diperbuat kepada mu dan buangLah jauh2 priLaku buruknya yg teLah diperbuatnya terhadap mu. begitupun sebaLiknya, ingatLah keburukan yg pernah kamu Lakukan terhadap orang Lain dan jangan di ingat kebaikan2 yg teLah kamu Lakukan terhadap orang Lain".
    dengan demikian diharapkan hubungan baik kaLian akan tetap terjaga, semoga.


    semoga aja Mbak Niken suatu saat dapat menerima permohonan maaf tersebut dgn sepenuh hati, seperti ketuLusan permohonan maaf yg teLah disampaikan penuLis kisah ini.

    BalasHapus
  11. @ Om rame:
    Saya juga pernah mendengar petuah itu, makanya saya berusaha untuk menghapuskan segala kejelekan teman yang pernah melukai hati saya. Saya berharap Mbak Niken juga melakukan hal yang sama atas kesalahan yang pernah saya perbuat padanya. Semoga.

    BalasHapus
  12. ya..ya.. asli saya ndak tau ini cerita tentang saya, tp Jeunk Mul yg kasih tau, thx ya bu,
    gini dech, saya itu dulu emang resign dari PT yang sama dengan Dewi, banyak hal yang menyakitkan memang akhir2 menjelang resign, termasuk sesudah saya resign byk comment yang seakan-akan menyepelekan kerjaan baru saya sebagai guru honor, sampe2 ada yg nyeletuk "ntar sekali diangkat (mksudnyaPN) mati dech"(mungkin mksudnya saking lamanya diangkat gt, sampe saya ketemu sama ajal saya), ugh.... sakit banget ndengernya trtama dr mulut org2 yang saya sayangi selama ini, asli saat itu saya gak percaya sama sekali, kok bisa temen2 saya bilang begitu ke saya,pdhal mereka ndak tau byk hal yg membuat saya jenuh atas kerjaan yg sangat tidak sesuai dengan hati nurani saya,termsuk boss saya yg agak berubah sikap krn saya sudah mengenakan jilbab,tp itu dulu, saya anggap segala telah berubah, masalah fb yg tidak saya confirm, itu jg ada maslh teknis pd hp yg suka henk,maklum wktu itu bru belajar nggunain hp u/ fesbuk-an,dan masalah sms, saya lupa klo saya sudah ganti kartu, dan pasti Dewi ato Bambang ngirim ke kartu lama saya, dan kebetulan kartu lama jarang diaktifin, tp beberapa wktu yg lalu saya juga sempet ketemu sama Bambang suami Dewi, dan saya titip salam buat istrinya (ya Dewi itu). Padahal saya selalu reply sms nya walo telat saat mau puasa ataupun saat lebaran, tp saya juga kurang tau nyampe ato enggak, tp saya tetap berharap selalu sampe, ini juga klo saya aktifin kartu lama saya.
    Sekarang saya emang sangat menikmati kerjaan baru saya yg terkadang membuat stress juga tp bnyk juga yg membahagiakan saya apalagi saat murid2 saya telah berhasil lulus dan bekerja,
    Btw...saya udah lama ngelupain itu Dewi, percaya ato enggak, wah jangan2 balasan sms yang Bambang kirim kemaren gak nyampe juga ya???
    Yah udah gak usah sedih...ntar nangis lagi, nah tambah gawat khan...Indonesia udah banjir dimana2 ditambahin airmata mu, jd gak surut2... ha ha ha.. klo begitu saya juga minta maaf telah membuat drmu jadi gak nyaman...ya.. saaling memaafkan ya...slam buat Keluarga mu dan mama nya dirimu,semoga selalu diberikan kesehatan..aamiin ya Robbal 'alamiin

    Sekali lagi buat Jeunk Mul, maturnuwun sanget yo, semoga sukses buat kita semua baik didunia maupun diakhirat, buat semua yang udah comment saya do'akan yang sama juga...PISSS

    BalasHapus
  13. @ Anonim:

    haa..??? dirimukah ini Mbak Nik? Doh, hatiku kok kriwil-kriwil mbaca komenmu, Mbak. Suprise banget!!!

    Aku merasa ada seseorang yang mengadu domba dan mengatakan yang tidak-tidak hingga bikin Mbak Niken sakit hati sama kami. Kami tidak pernah menyepelekan kerjaan baru Mbak Nik. Aku juga pernah dengar cerita itu dari Yanti. No..no..no.. Kami ngk pernah menyepelekan profesi guru. Aku nggak tau siapa yang bilang gitu, tapi aku NGGAK PERNAH. Juga soal kata-kata: "sekali diangkat, mati deh."
    Terkutuklah orang2 yang mengadu domba.

    Iya, aku sering sedih kalo ingat jaman kita masih sama-sama dulu. Terima kasih untuk masa-masa yang indah Mbak Nik. Seperti yang pernah kukatakan, aku kan selalu mengenangmu sebagai teman yang baik dan kutempatkan dikamar hatiku paling indah.

    Btw, semenjak dengar tentang banjir Wasior yang menelan banyak korban jiwa, aku sudah memutuskan untuk berhenti menangis, Mbak. Semua yang menyakitkan sudah kuhanyutkan bersama banjir Wasior. Aku ingin kita semua hidup tenang dan bahagia, bebas dari dendam dan sakit hati.

    Love you forever.

    BalasHapus

Yang cakep pasti komen, yang komen pasti cakep..

Tapi maaf ya, komentar nggak nyambung akan dihapus :)
Terima kasih...