Selasa, 29 November 2011

Gurindam Muharram Plus33 - Gurindam Pengingat

Ada kontes lagi, nih. Kontes yang sungguh berbeda. Lain dari yang lain. Membuat Gurindam bertemakan Muharam. Seperti yang telah kita ketahui bersama, belajar membuat gurindam itu hanya pas duduk di bangku SMP, karena nggak mungkin pas duduk di bangku taman bakal diajarin gurindam, apalagi pas duduk di bangku pesakitan.

Jadi, sebagai banci kontes sejati hasil didikan duo sahabat Kecebong-ku Mama Ina dan Jeng Susan Noerina, mendengar ada kontes, kupingku langsung berdiri. Apalagi kontes gurindam ini susah-susah gampang. Mesti menggali lagi kenangan lama akan pelajaran jaman SMP. Tapi sebagaimana semboyan banci kontes yang diusung sepenuh hati oleh Nchie Hanie: "menang nggak menang yang penting eksis", maka dengan style yakin, aku ikutan. Nggak ngarep menang sih, tapi (tetep) ngarep hadiah..heuheuheuuuu....



Lagian, ini kan untuk mendukung niat mulia shohibul kontes: melestarikan budaya bangsa, agar tak punah ditelan jaman sekaligus muhasabah dalam rangka tahun baru hijriah 1433H. Harus di-support, doongg...

Baiklah, banci kontes beraksiiiii...!

I. Buatlah gurindam yang panjangnya minimal 4 kalimat (cuma 4 kalimat kok, mudah bukan? :-D).
Okeh, inilah gurindamku, kuberi judul Gurindam Pengingat (untuk mengingatkan diriku sendiri). Plis, jangan diejek, jangan dihina, inilah gurindam-ku yang pertama:

Barangsiapa inginkan pahala ganda
Cobalah lakukan ibadah utama

Apakah itu ibadah utama,
Dialah shalat malam dan puasa Asyura

Tahukah engkau puasa Asyura
puasa Muharram di hari yang tiga


Bilakah jatuhnya hari Asyura
Hari ke-10 bulan istimewa

Agar kita sedikit berbeda
puasalah sehari sebelum dan sesudahnya

Bila berpuasa pada hari Asyura
terhapuslah dosa setahun lamanya

Gurindam (kalau bisa disebut begitu) karanganku ini kubuat berdasarkan beberapa hadist, diantaranya:

1.Diriwayatkan dari Abu Qatadah ra, Rasulullah saw, bersabda :
“ Aku berharap pada Allah dengan puasa Asyura ini dapat menghapus dosa selama setahun sebelumnya.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

2. Ibnu Abbas ra berkata :
"Aku tidak pernah melihat Rasulullah saw, berupaya keras untuk puasa pada suatu hari melebihi yang lainnya kecuali pada hari ini, yaitu hari as Syura dan bulan Ramadhan.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

3. Dari Abu Hurairah RA, Rasululllah SAW bersabda:
“Sebaik-baik puasa setelah puasa ramadhan adalah puasa dibulan muharram, dan sebaik-baik shalat setelah shalat fardhu adalah shalat malam”. (HR. Muslim, Abu Daud, Tarmizi, dan Nasa’ ).

4. Ibnu Abbas r.a. berkata, Rasulullah saw. bersabda:
“Puasalah pada hari ‘asyuura dan berbedalah dengan orang Yahudi. Puasalah sehari sebelum ‘asyuura dan sehari sesudahnya.” (HR Ahmad).

Ibnu Sirrin berkata: melaksanakan hal ini dengan alasan kehati-hatian. Karena, boleh jadi manusia salah dalam menetapkan masuknya satu Muharam. Boleh jadi yang kita kira tanggal sembilan, namun sebenarnya sudah tanggal sepuluh. (Majmuu’ Syarhul Muhadzdzab VI/406). Sumber

II. Tulis juga 3 hal terkait SEBELAS, yaitu..
a). Sebelas hal terbaru tentang diri dan keluarga sahabat, lebih bagus disertai foto keluarga terbaru. Tujuannya untuk saling mengenal.
  1. Panjang rambutku sejengkal melewati bahu, sama dengan suamiku :D
  2. Meskipun gondrong, tapi suamiku bersuara lembut dan penyabar, saking penyabarnya sering bikin aku kesel :D
  3. Kami menikah mendadak dan tanpa rencana, juga tanpa pacaran.
  4. Kami punya puteri berusia 3,9 bulan yang belum bisa bicara selancar anak-anak seusianya.
  5. Puteri kami pernah dibilang autis oleh seorang tukang pijat refleksi dekat rumah dan lalu menyebar ke  tetangga dan handai taulan, dulu pernah kuposting, tapi ku delete lagi karena 2 orang dokter plus seorang therapis menyangkalnya. Haruskah kucari dokter ke-3, ke-4, ke-5 dst?
  6. Aku dan suamiku sama-sama udah nggak punya ayah mertua.
  7. Suamiku orang Jawa Tengah 'murtad' karena udah bertahun-tahun tidak pernah pulang ke kampungnya :D
  8. Aku lahir 1 Januari, suamiku 18 Januari dan anakku 10 Februari (kalo mau ngasih kado boleh kok digabung kotaknya ;P)
  9. Aku dan suamiku bekerja di perusahaan yang sama, tapi di bagian berbeda.
  10. Kami terancam di-PHK, karena perusahaan ini akan pindah ke Malaysia.
  11. Kalau kami berdua di-PHK dan pesangon dibayar sesuai UU, maka kami akan jadi pengusaha baru, Insya Allah (Amiiinn... - doain yaaaaa....-*ngarep*)
Foto keluarga? Hmmmm... aku baru sadar, dari ratusan file foto yang kusimpan, sedikit sekali foto kami bertiga.... Itupun udah jadul semua :D. Foto terbaru kami kebanyakan sendiri-sendiri.

My Family
b). Sebelas resolusi untuk tahun depan, 1433 H mendatang.
  1. Lebih giat nabung, biar nanti bisa pensiun dengan nyaman (amin).
  2. Berusaha tidak tidur lagi setelah shalat shubuh :D
  3. Menjadi bos di perusahaan sendiri (bosan jadi pegawai lah, ceritanya) ;P
  4. Pengennya Valeska udah lancar bicara, karena bulan ini dia udah mulai ikut therapi bicara (mohon doanya yaa.)
  5. Merenovasi Rumah Sangat Sederhana kami.
  6. Melanjutkan sesuatu yang udah dimulai papaku sebelum beliau meninggal yang sekarang masih terbengkalai (amiinnn..)
  7. Mewujudkan cuti panjang dan liburan bersama keluarga
  8. Menjadi istri/ibu yang lebih baik dan lebih sabar.
  9. Melupakan semua hal yang menyakitkan, jangan diingat-ingat terus, nggak penting.
  10. Lebih menjaga kesehatan diri dan keluarga, mulai rajin makan buah dan sayuran.
  11. Konsentrasi ke masa depan bersama keluarga kecilku.
c). Sebelas yang tak tak akan diulangi karena buruknya atau bisa juga yang paling berkesan karena baiknya ditahun 1432 H ini. Ajang muhasabahlah kira-kira maksudnya.
  1. Rajin beli buah dan sayur tapi malas menyantapnya, hingga sering dibuang karena udah keburu busuk :D (dirubah ya, Boooo...)
  2. Gampang emosi, dikit-dikit marah, dikit-dikit marah (harus dirubah). 
  3. Mengucapkan kata-kata yang menyakitkan saat marah sama keponakan (harus dirubah) 
  4. Justru lebih bisa menahan diri saat marah sama anggota team di tempat kerja (dipertahankan)
  5. Menunda-nunda waktu shalat, apalagi pada jam kerja (dirubah)
  6. Tetap berusaha menolong/membantu saudara yang butuh bantuan, meskipun sendirinya susah (dipertahankan)
  7. Terlalu banyak khawatir, bahkan untuk hal-hal yang belum tentu terjadi (harus dirubah)
  8. Malas masak dan malas bangun pagi (harus dirubah)
  9. Rajin bersih-bersih (dipertahankan)
  10. Keras kepala (untuk hal-hal tertentu harus dirubah)
  11. Suka cerewet dan merepet panjang kalo liat suami narok barang sembarangan (harus dirubah, kasih tau aja baik-baik, Buuu...)
So, selamat tahun baru Hijriah 1433
untuk semua sobat blogger nan kiyut dan imut-imut
Semoga tahun depan segalanya menjadi lebih baik dan doa-doa kita dikabulkan
Amiiiinnn...


Sekian dan terima kasih :D



    55 komentar:

    1. artikelnya keren gan..
      bisa jadi motivasi buat semuany :)

      BalasHapus
    2. mengamini semua harapan dan do'a di tahun ini.
      Oh, mbaaak.. kita punya keluhan sama, nih. Binbin masih sulit merangkai kata sampai2 para tetangga mengatakan Binbin bisu. Hiks... sebenarnya sakit hati tapi karena tahu Binbin normal ya terpaksa tetap senyum saja.

      BalasHapus
    3. @ ObatHerbal:
      Makasih, Gan

      @ Mba Susindra:
      Iya, kadang jengkel juga. Seolah-olah mereka lebih tau dari dokter. Malah ada yang terang-terangan bilang anakku cacat. Tapi ya gitu, mba. Sabar aja. Dibalik kesulitan ada kemudahan, itu janji Tuhan.

      Dokter malah bilang gini sama aku: "Kalaupun anak ibu autis, ibu nggak usah kecil hati. Banyak anak autis yang kelak jadi orang hebat, karena anak autis itu kebanyakan pinter," katanya.

      Emang Binbin umurnya berapa, Mba?

      BalasHapus
    4. cieee....keren bener gurindamnya...ya iyalah biasanya orang sumatra jago bikin gurindam heheh.....kayaknya menang nech say.....

      ehh benaran valeska dibilang autis? tp ngomong udah bisa kan? cuma belum lancar? aku juga lagi agak bingung nech soale dd walu belum lancar ngomongnya...

      BalasHapus
    5. Dahulu mengenal Gurindam 12 saat pelajaran Bahasa & sastra sist, Saya akui Gurimdma-nya sungguh menyentuh kalbu. Salam kenal..

      BalasHapus
    6. gurindam plus 33 nya mantap dan bermakna nasehat juga referensinya lengkap, hebat

      sukses ya

      salam kenal^^ benar--- lupakan hal2 yang menyakitkan gak penting^^

      BalasHapus
    7. keyeeeennnnn,,, mantap pisan bu, ada hadis2nya juga,, serasa dapat siraman rohani, dan bikin hati adem.. :D :D

      mengaimini segala harapan dan doa, dan yang terpenting, minimal bisa lebih baik dari yang telah lalu.

      BalasHapus
    8. Ya ealah..bener kata Mams Ina..
      orang sumatera jagonya bikin Gurindam
      *terkecuali Pakdhe orang Jowo,pandai juga*

      Keren dah,..Mantabs bener..
      Kayanya Ajang muhasabahnya sebagian besar nyindir aku semua neehh..

      turut menganini semoga terkabul semua keinginan jenk Dewii..
      Buat valeska cantik,semoga lancar ya Bicaranya,
      ada salam dari tante yang cantik nih..

      BalasHapus
    9. Hmm gurindamnya asyik dibaca, semoga gak samapai di PHK ya Kak, tapi ntar kalau jadi di PHK semoga jadi pengusaha baru yang sukses AMIN...

      Sukses ngontesnya,,,

      BalasHapus
    10. Makin banyak peserta yang sudah posting, makin saya nda kebagian ide lagi. Wis, ta jadi penonton saja. Dan meski nda ikut, saya nda nolak kalau dikirimi hadiahnya ( ngikutin prinsip Mbak Dewi, menang bukan yang utama, tapi yang penting dapat hadiahnya. hahaha )

      tidak tidur lagi setelah sholat Shubuh, dan tidak menunda-nunda sholat. Saya dukung penuh,Mbak!

      Dan seperti yang Mas Ruri katakan, setidaknya lebih baik dari yang telah lalu. sepakat dan sependapat!

      BalasHapus
    11. dasar memang banci kontes....hahahahaha top markotop deh ....semoga sukses dengan kontesnya ya bu...

      BalasHapus
    12. kalo gitu, akan kuingat2 ultahmu mbak Dew..siapa tahu ada wangsit buat memberikan sesuatu kepada mbak Dew hiiihiiiii..:)
      oia, amin buat semua rencana jangka panjangnya deh..semoga semua keinginan terkabul.

      BalasHapus
    13. kalau berlebihan buah ditransfer aja kesini mbak, kita maniak buah loh :)

      BalasHapus
    14. Banyak faktor yang membuat anak terlambat bicara, Jeng. Tapi kalau autis kayaknya enggak, deh. Merangkai kalimat udah bisa, kan?
      Amin untuk semua doanya, semoga semua resolusi tercapai ^___^
      Gutlak kontesnya ya, Jeng ^___^

      BalasHapus
    15. @ Nia:
      Ah, mosooooookkk…

      Yang bilang tetangga dan teman2, padahal diantara mereka nggak ada yang dokter..hehe…

      Bisa ngomong kayak: mama, papa, gigi, lagi, kue.. tapi nggak bisa nyambungin kata demi kata. Kalo kita bacain abjad, dia bisa ikut. Meskipun seringnya nggak mau…

      Bingung juga aku….

      @ Shafira:
      Hai… Nama anakku SHAFURA, mirip yah, Sist.. :)

      Iya, saat SMP kan, ya? Makasih pujiannya.. Jadi malyu..

      Salam kenal kembali….

      @ Umahnya Fityanakifah:
      Biasanya kalo ada yang muji begini, saya malah nggak menang..hihi..

      Eniwei, Makasiiihhh…

      @ Mabruri:
      Amiiin…
      Makasih, Mab…

      @ Nchie:
      Hahahaha… ada yang tersindir rupanya… Maafkanlah daku, berarti kita sama buruknya yah, Say..hahahaha…….

      Amiiinnn… Terimakasih untuk amin dan doanya.
      Ntar pulang kantor salam Tante cantik-nya disampein.. Ehem!

      BalasHapus
    16. gurindamnya saram makna mbak Dewi... :-D
      ini cara belajar agama yg fun ya, jd mudah mengingat :-D

      lucu ngebayangin mbak Dewi dan suami, panjang rambut sama, jalan gandengan, diliat dari belakang... wkwkwkw... *becanda ya mbak.. jgn marah* kan resolusi thn barunya utk nggak cepet marah.. heheheheee...

      jd pengen cerita mbak, ada temen blogger yg digundul rambutnya, dia jalan bareng suaminya, diliat dr belakang disangka homo.. wkwkwkwk...

      *halah ngelantur yak*

      eniwei, kami catat sebagai peserta ya mbak Dewi.. terima kasih atas partisipasinya... ^_^

      BalasHapus
    17. @ Sofyan:
      Yang bener, Sof… Tiga hari aku mikir, tayang nggak tayang nggak… Bikin ini dari hari Sabtu, lho...hahaha... Aku malu mempertontonkan gurindamku ini..hiks..

      Makasih, Sof……

      @ Abi Sabila:
      Ah, ndak mungkin seorang Abi Sabila nggak kebagian ide. Bo’ooooongggg..

      Makasih dukungannya, saya ringan kok. 45kg aja… :D

      Amiiinnn…
      @ Necky:
      Malu ah… *tutup muka*

      Amiiin…
      Mas Necky nggak ikut meramaikan?

      @ Ketty Husnia:
      Asyyiiikk.. bakal dapat kado nih eikeh.. *percayadiritinggisekali*

      Amin Ya Rob…

      @ Lidya:
      Mau yang masih seger atau yang….hehehe…

      Baiklah, kalo berlebih nanti ku kirim by email aja ya… :D

      @ Della:
      Itulah, Jeng. Orang taunya autis, down syndrome, cacat itu doang. Bikin perut mules.
      Merangkai itu yang lom bisa. Kalau sepatah-sepatah bisa. Tapi malas ngulangin dianya. Kalo kita ajararin ngomong 'kue', dia ikut bilang 'kue'. Tapi setelah itu nggak mau diulangi. Sekali itu aja. Tapi dia taat perintah. Disuruh apa aja nurut.. :D

      Amiiin… Makasih Jeng Labil..hehehe….

      @ Lyliana Thia:
      Bener,bener, bener...

      Iya, dulu mah panjangan rambut dia. Dulu sebelom nikah, rambutnya sepinggang, aku tetap sebahu. Setelah ngelahirin, rambutku dipotong pendek, eh, dia masih aja panjang. Tapi kabar baiknya, pas nikah dia potong rambut cepak. Malah akunya jadi aneh, berasa nikah dengan anak SMP..hihi... Dari semenjak nikah itu, dia nggak pernah cepak lagi.

      Kalo aku jalan sama dia, temen2 sering godain; yang cewek yang mana? Untungnya badan dia tinggi besar dan lebar, aku kecil kurus. Andai aku kekar juga, atau dia yang kecil kurus, mungkin disangka lesbian ya..hahah...

      *ikut ngelantur*

      Tengkyu Jeng Dokter...

      BalasHapus
    18. bentar...
      istilah gurindam kayaknya pernah denger neh
      semacam pantun ya..?

      semoga sukses deh kontesnya..

      BalasHapus
    19. waah jadi inget puasa asy syura uni, tp aku lagi dapet nih...huhuhuu...*dapet apaan yak?

      semoga valeskamu sayang bisa segera berkicau ya uni, seperti mamanya yg pandai berkicau.

      sama udah lama ga bikin foto keluarga, baru nyadar..terakhir pas dulu umar harus bawa foto klg ke todlernya, hehe..salam ya un.

      BalasHapus
    20. kayaknya gurindam enak dimakan ya mbak ;p

      *always kudoakan menang mbak dee*

      BalasHapus
    21. jelas, ini gurindam ada dasarnya.. dan gak asal nasehatin, tapi juga ajakan untuk berbuat baik.

      Banyak yang ikut kontes ya?.. waah moga sukses bersaing ya mbak dewiFatma.. moga menang!

      BalasHapus
    22. Saya tidak faham sama sekali apa maksud gurndam itu.
      Mungkin bahasa kita berbeda untuk satu ini..

      Mohon diperjelas ya mba'..

      Oya adek kecilnya imut baget!

      BalasHapus
    23. kreataif juga nih..
      itung itung buat memeriahkan tahun bar islam..

      BalasHapus
    24. Mba dewi, gurindamnya bagus banget... jadi minder mau buat. hehe :D

      smg semua doanya dikabulkan ya. aamiin ^^

      BalasHapus
    25. @ Rawin:
      Beda, Win… Pernah denger Gurindam 12? Gurindam itu kebanyakan bersifat menasehati. Ini kutipan dari Tante Wiki, nih…

      Gurindam adalah satu bentuk puisi Melayu lama yang terdiri dari dua bait, tiap bait terdiri dari 2 baris kalimat dengan irama akhir yang sama, yang merupakan satu kesatuan yang utuh. Baris pertama berisikan semacam soal, masalah atau perjanjian dan baris kedua berisikan jawaban nya atau akibat dari masalah atau perjanjian pada baris pertama tadi.

      Sedangkan Pantun: Lazimnya terdiri atas empat larik (baris). Pantun bersajak akhir dengan pola a-b-a-b dan a-a-a-a (tidak boleh a-a-b-b, atau a-b-b-a). Pantun awalnya hanya kesenian yg bersifat lisan, tapi kini sudah banyak pantun dalam bentuk tulisan.
      Lengkapnya lihat di Wikipedia yaa.. :)

      Emang dulu di sekolahmu nggak diajarin tho? Kan masuk kurikulum Bhs Indonesia SMP kalo gak salah. Sering bolos ya, dulu? :D

      Tengkyu, Rawin……

      @ Puteriamirilis:
      Dapet lotere yaaa… ;P

      Amiinnn… Makasih, Sayang…

      Aku malah lom pernah bikin foto keluarga..hiks…

      @ Oen-oen:
      Hah? Opo iku?

      Amiiin….

      @ Gaphe:
      Yoi, dong… Kalo nasehatin doang ntar dikira pandai-pandai sendiri. Nah kalo ada dasarnya kan nggak ada yang komplen..hihi..

      Banyak, Phe. Nggak ikutan?

      Tengkyuuu…

      @ Kopiah Putih:
      Lho? Emang di pesantren nggak belajar bahasa dan sastra Indonesia ya, Mas? Kalo disekolah umum sepertinya diajarin, kok. Masuk kurikulum Bhs.Indonesia kalo nggak salah. Gurindam itu kan sastra lama Melayu.

      Udah dijelasin diatas, Mas. Di reply-ku untuk Kang Rawin. Semoga bisa menambah wawasan ya, Mas.. :)

      Makasiiih…

      @ Obat Herbal:
      Betol :D Hitung-hitung belajar juga…

      @ Ila Rizky Nidiana:
      Aaahhhh…jadi terharu… Nggak usah minder dong, Jeng. Ayo tunjukkan kemampuan terbaikmuuuu..!

      Amiiiinnn… Makasih, yaaa….

      BalasHapus
    26. gurindam nya bagus ini mah mengingatkan gitu. mudah2an bisa puasa asyura ah tar, amin..

      kalau gurindam gurindam kayak gini tuh inget pelm Laskar Pelangi. kalau sambil di dendangkan dengan tetabuhan pasti mantap :D

      BalasHapus
    27. Huwaa...mba Dew ultahnya 1 Jan? seru pastinya ya, pesta kembang api terus hihihihi...

      Aamiin untuk semua doanya, ajarin bikin gurindam duuuunk, msh blm dapet pangsit nih, hiks

      BalasHapus
    28. Komplit banget nih postingannya..salam kenal dan salam jepret!

      BalasHapus
    29. Gurindamnya enak dibaca nie..
      Selamat merakayakan Tahun baru Hijriah juga.. :D

      BalasHapus
    30. salam kenal mbak...baru tau gurindam itu apa?tp ikutan juga si, mengikuti semboyan mba Hanie: "menang nggak menang yang penting eksis" heheh
      salam kenal mba

      BalasHapus
    31. wah gurindam nya bagus sekali, memeang sangat jago ya bikin nya..
      terimakasih dan salam kenal. :)

      BalasHapus
    32. semoga menang ya Jeng Cantik

      BalasHapus
    33. cihai salam kompak deh buat suami mbak Fatma

      hidup pria-pria gondrong hahaha

      semoga berjaya di kontes gurindam mbak

      BalasHapus
    34. moga resolusinya dapat terealisasi semua...amiin

      BalasHapus
    35. artikel yang sangat bagus ni selain itu juga memotivasi semua pembaca makasih ya dan sukses buat kontesnya

      BalasHapus
    36. Hihihi jadi malyu ekye dikau & Mama Ina masih konsisten menjadi banci kuz sedangkan akyu??/ Ke laut ajeeee :-(

      sukses yah Jeng. Gurindamnya teopebegete.

      Jadi pengen ketemuan neh sama Vales yang cantik. papa Mamanya juga cntik *lho??*

      Mbakyu, minta alamat dunks. Sms ajah. Emak gw mo mudik Januari. Insya Allah ada oleh2 buat Vales :-)

      BalasHapus
    37. gurindamnya keren mbak..
      salam kenal ya :)

      BalasHapus
    38. hii salam kenal iya dari vira .. :)
      jangan lupa mapir keweb vira iya di http://www.rumahkiat.com/ vira mau berbagi pengalaman nih.:)
      wah bagus juga iya blog ka2 ... ^_^ good luck iya.....
      SALAM BLOGER INDONESIA..:)

      BalasHapus
    39. akhirnya menang ga mb? :)

      BalasHapus
    40. Oh... Jadi Gurindam itu puisi melayu lama toh.

      Untung berkunjung kesini, jadi dapat ilmu baru.. Makasih ya mba'.

      BalasHapus
    41. Salam Blogger Maju Terus Ya Mbak ^_^ Moga Sukses Selalu :) ^_^

      BalasHapus
    42. komen dhe mana?? mana?? haduuuhh menghilang sepertinya.. dulu dhe udah kasih komentar panjang dan manis mbak, eee ternyata tidak ada sekarang.. nunggu postingan selanjutnya aja deh, baru komen lagi.. :D

      BalasHapus
    43. wah semoga sukses selalu gurindamnya sangat menarik mbak makasih

      BalasHapus
    44. thank Gan info and your blog articles nice and helpful, now add science again, greetings and salutations successful bloggers from the blog:
      sprei
      bed cover

      BalasHapus
    45. ingak..inguk.. masih ketemu gurindam. jalan-jalan lagi ah..

      BalasHapus
    46. Wuhaa... assalamu'alikum ... nice2. terkesima kaira mah. pengen buad gurindam dam dam du bidu bidam tp ndak bisa huhu.

      BalasHapus
    47. gurindram'a sangat menarik bak,. salam kenal ba dari saya,.!!

      BalasHapus
    48. hmmm ternyata gurindam itu puisi melayu lama ya..
      aku baru tau!!
      makasih ni mbak infonya :)

      BalasHapus
    49. keren mbah gurindamnya mau tuh di ajarin bikin gurindang

      BalasHapus
    50. say...a.da PR lagi di blog aku yach...dah lama ngga update nechh...sibuk tah?

      BalasHapus
    51. berkunjung sob..salam blogger
      sukses selalu ..:)

      BalasHapus
    52. Hiks... luar biasa... TT__TT

      Ini ilmu buat saya lho, Mbak Dew... *terharu*

      BalasHapus
    53. semoga semua harapan Fata diijabahi oleh Allah swt ,aamiin

      semoga sukses dikontes ini
      salam

      BalasHapus
    54. Semakin mengenal keluarga Mbak..

      BalasHapus
    55. Selain terapi, barengi dengan bermunajad kepada Allah sw nduk. Ketika malam hening, mendekatlah kepada-NYA dalam tahajud dan sholat hajat.
      jangan bosan, lakukan itu. Doa seorang ibu sangat mujarab. Insya Allah, dengan upaya dan doa yang ikhlas akan diijabah. Amin

      Saya ikut mendoakan semoga Valeska segera bisa berbuat seperti teman sebayanya.

      Sabar ya nduk.Allah sering menguji keimanan hambaNYA dengan caraNYA.

      Salam hangat dari Surabaya

      BalasHapus

    Yang cakep pasti komen, yang komen pasti cakep..

    Tapi maaf ya, komentar nggak nyambung akan dihapus :)
    Terima kasih...