Kamis, 31 Maret 2011

Behind the Scene # Kecebong 3 Warna

Suatu siang yang terik menyengat kulit, membuat muka berbintik-bintik dan tengkuk jadi burik, gw mencari penyegaran dengan membuka FB yang sebenarnya jarang-jarang banget gw jenguk. Ntah knapa siang itu napsu gw membludak gitu aja, mungkin karena terangsang ngeliat Diah si Upin yang cekikikan mlototin FB-nya di kompi kantor. Gw jadi ikut-ikutan dah mbuka FB.

Apa yang gw temuin di belantara FB sungguh mengezutkan, membuat gw zantungan dan butuh napas buatan dari Kenau Reeves. Di inbox ada rayuan maut yang dilancarkan emak-emak beranak dua yang tinggal di Jakarte dan emak-emak bakal beranak dua asal Bandung yang tinggal di negeri jiran demi sekodi emasa batangan (katanya) -- ntar kalo dah nyampe sekodi, bagi ane atu yah, Jeunk!


Apa Temans mulai berimajinajis tentang jeruk makan jeruk? Nggak sangka yah? Padahal kami lom saling kenal loh. Belom pernah saling mentraktir makan, lom pernah saling ngirim wesel. Kalo sama Susan sih, gw dah sering maen ke blognyah, nah kalo sama Nia, baru kenal nih..  Saling komen di blogpun baru sekali dua. Napa yah, dua emak-emak manis nan bohay ini ngerayu eyke? Ada apa dengan suami-suaminyah mereka?

Ow..ow, ternyata beliau2 mao ngajakin ikut kontes nulis cerbung bertajuk Kecubung 3 Warna yang di prakarsai oleh newblogcamp.com milik Pak Dhe Cholik, pria tertampan sedunia yang amat terkenal itu.

Beginilah kira-kira rayuan si Mama Ina dan Bunda Zahia yang dilancarkan pada dirikyu:

Nia     : Mbak, suka main ke blognya Pak Dhe, nggak?

Gw -- versi jawaban gila tak terucap: Iyah, sering. Kadang kami main pasir, kadang main congklak, kadang main petak umpet" (lah, Pak Dhe kalo diajak ngumpet pasti seneng)

Nia&Susan     : Ada kuis Kecubung 3 Warna, ikutan nggak?
Karna waktu itu gw lagi sibuk nutup buku kantor yang masih ternganga lebar bagai lobang hidung Khadafi, ditambah nggak ngerti situasi, maka gw jawab aja shantai:

Gw -- versi waras : ntar liat dulu deh, kalo cucok, ngikut... *dengan wajah tanpa expresi*
Soale, gw pan kagak pernah ikut kontes2 an di blog. Sekali-kalinya cuman ngikut Kontes Cinta di Januari-nya Jeng Susan aja. Itupun karna gw emang cinta ma die.

Nia     : itu kan satu group harus 3 orang, Mbak. Kalo mau sama aku dan Mbak Susan, yukk...
*peluru kendali dia luncurkan menembus jantungku, brrrr....dingin* (eh, kena peluru mang dingin yah?)

Gw     : hah? iya yah? *mangap* kalo gitu aku ke TKP dulu ya... Ntar ku kabari...

Maka gw buru-buru nyetop pesawat yang kebetulan melintas didepan kantor dan langsung melayang ke rumah Pak Dhe di alam maya. Melototin segala syarat-syarat dan rukun-rukun yang wajib dipenuhi oleh shohibul kontes, meneliti para juri yang keren-keren yang mengakibatkan gw terlempar pada sebuah keadaan: kehilangan kepercayaan diri yang memang hanya gw punya sedikit, gak nyampe stengah kilo, menguap naik ke awan.

Iyalah, secara jam tayang gw nulis cerpen telah berakhir di buletin sekolah dan majalah dinding jaman sekolah dulu. (Sumpah, gw emang pernah sekolah, kok! Beneran, deh!) Maka dari itu, gw khawatir apa gw bisa nggak mengecewakan Nia dan Susan? Apa gw nggak akan ditertawai dewan juri dan shohibul kontes? Apa Pak Dhe nggak akan menghapus namaku dihatinya jikalau cerbung-ku itu mengecewakan semua orang? :D :D

 

Jadi gw pun baliklah ke FB dengan dua perasaan yang bertentangan; pengen ikutan dan pengan nggak ikutan.

Gw     : Nia, aku dah dari rumahnya Pak Dhe. Beliau lagi makan siang ama Budhe Ipung. Tadinya aku mo nggabung, tapi di pelototin ma Pak Dhe. Gak jadi dah... Padahal lauknya pecel lele, lalapannya zengkhol ma petei loh, gw pan doyannn...

Nia     : *menyebut namaku 3 kali* Eling, Mbak! Eling! eeehhh..ini Kontes Kecubung 3 Warna yang sensasinya ruuaarrr....biasa. Rugi kalo gak ikut. Ayo! Kita ikut ngeramein. Aku yakin yang ikutan pasti orang-orang yang emang udah pintar nulis, jadi kitaaa.......

Gw    : Yaelah, Nia. Jaman sekarang mana ada orang nggak pinter nulis? Kan udah ada program kejar paket A - paket B. Kalo aku mah, ngejar paket dari Pak Dhe aja, itu aja hampir jatoh nyungsep ditangga... Masak hari gini masih ada nyang gak pinter nulis? Bohong, ah!

Nia     : *stress* Jadi gini, karena bakal saingan kita pasti orang2 hebat, kita ngelawan arus ajah. Nggak usah bikin cerita yang serius, kita gak bakal bisa (kita?) bersaing dengan mereka yang emang udah banyak pengalaman disitu. Jadi aku dah punya ide nih, kita bikin cerita yang kocak dan stengah gila kayak kita bertiga (??) Trus, pan ide cerita mesti diambil dari lagu, nah, kita ambil lagunya "Cewek Matre" aja. Kalo gak tau lagu dan penyanyinya, liat aja di internet.

Gw    : Jadi cerbungnya mesti ditulis yah? Gak boleh diketik? Gw dah lama nggak nulis nih.. Seringnya macul.. Bijimane nih... Bingung gw dah...

Nia     : @#$%$#&*^........So, gw anggap Mbak Dewi mau yah? Berarti oke nih ya? Kita bertiga: Mbak Dewi, Aku dan Mbak Susan. Jadi kita tinggal nyari nama grup. Kirimin ke yahoo mail aku foto kalian yah?

Ide cerita udah didapat, bagian per bagian udah diatur, jatah masing-masing udah dibagi. Kami pun tukeran email, nomer hape, nomor rekening dan segala nomer penting lainnya yang bakal saru kalo diceritain disini. Tapi gak nyampe tukaran laki. Bahaya itu, mah!

Gw mempersiapkan diri untuk foto aja ampe 3 hari 3 malam, pedikur medikur make pisau dapur, facial dan maskeran make teh basi bekas minum laki gw 3 hari seblomnya, creambath make lidah buaya asli yang gw bunuh pake tangan gw ndiri, mandi uap dari uapnya gulai tauco emak gw, ampe pijit sama tukang pijit langganan kuli panggul pelabuhan, gw jabanin dengan sukarela demi mengharapkan poto yang indah permai untuk tampil di ajang bergengsi ini yang konon bakal dihadiri juga oleh mantan tunangan gw, Keanu Reeves. Skalian tebar pesona gituh, ama die!

Pada hari yang telah ditentukan, tukang poto ternyata lagi full shcedule. Dia lagi sibuk motoin kambing tetangga yang baru melahirkan 12 anak. Wajah salah satu anak kambing ntuh ternyata agak-agak mirip ma dia. Makanya dia nggak mau ketinggalan momen paling berharga dalam hidupnya ini. Terpaksalah untuk urusan poto memoto gw kudu ngobok-obok file poto di kompi kantor. Untung nemu satu poto yang bebas sensor, sayangnya poto ntuh berdua suami tercintah. Terpaksalah tanpa ijin suami karena urgent, gw corp aja tuh poto. Ntar ngurus ijinnya gampang dah! Gak nyampe semalamen, kelar dah tu urusan.

Poto dah terkirim ke email Jeng Nia. Tinggal mikirin naskah. Nah nyang bikin suasana gawat darurat, Si Bu Bunting gak pernah onlen lagi sejak percakapan terakhir di FB. Nia udah edit poto kami berdua tanpa poto Jeng Susan. Nia juga yang pertama setor naskah, padahal doi bagian tiga (terakhir), baru disusul ama gw yang megang bagian kedua. Kita saling merevisi, ngasih saran dan kritik. Dua naskah bagian dua dan tiga kita anggap oke untuk sementara waktu. Ntar kalo Jeng Sus udah kembali gentayangan didunia maya baru kita diskusikan lagi.

Tapi nunggu Jeng Susan nongol bagai nunggu si jabang bayi keluar dari perut. Udah mules, tapi nggak kunjung muncrat. Gw dan Nia mulai dihinggapi kekhawatiran tingkat tinggi dan depresi. Rambut mulai pada berdiri, lalu rontok tanpa permisi. Jerawat nekad ampe numbuh di langit-langit lorong hidung, dipencet kagak bisa diobatin kagak bisa. Tiap saat kami mantengin FB dan Yahoo, ampe lupa ingatan kalo diri ini lagi dikantor..hihi.. Saat itu hanya ada K3W dalam agenda dan pikiran kami. Beberapa hari itu perusahaan menggaji kami untuk mikirin K3W. Kadang muncul rasa kasihan dihati gw terhadap pemilik perusahaan..hihihi... Malang bener dah, nasib dia menggaji kami. Sia-sia uang jutaan dollar yang dia transfer tiap bulan ke rekening kami.

Tapi siapa peduli soal gaji ini hari? K3W emang penuh sensasi. Rasanya gak bisa mikirin yang lain dan sangat gak tenang kalo cerbung kami lom publish. Ampe pas meeting pun gw mikir bagian mana lagi yang perlu kami revisi. Berhari-hari kemudian Jeng Susan baru ngabarin kalo doi ikut dinas liar ama suaminya dan gak bisa onlen di hotel. Begitu nyampe rumah, tetap gak bisa onlen karna nggak dapet ijin dari Princess Zahia yang memegang kekuasaan tertinggi dirumah.

Ya deh, gak papa kok Say. Kita pan teman yang pengertian, nyang penting naskah kudu setor sebelum tanggal 25, karena Jeunk Nia bakal sibuk dengan SPT tahunan dan Jeunk Dewi bakal sibuk nutup buku perusahaan yang telah mengaga kembali, belon lagi undangan seminar kemana-mana, undangan demo masak petei dan jadwal konser tunggal di tujuh benua yang telah menanti kami bertiga di akhir Maret ceria ini.

Yah begitulah... Meski Jeng Susan yang lagi hamdun itu memegang tampuk cerita (bagian pertama), namun beliau paling akhir nyetor naskah cerbung, paling akhir juga nyetor poto. Potonya ganti-ganti, bo! Katanya susah nyari poto paling dahsyat diantara berjuta file poto di lappie dia. Akhirnya setelah melalui perjuangan panjang, melintasi lembah dan ngarai, menyeberangi lautan, mengorbankan jam kerja, mengorbankan jam tidur, mengorbankan 3 ekor sapi dan 10 ekor kambing, akhirnya album kolaborasi pertama kami launching juga di pasaran internasional. :D

Akhirul kalam, gw pengen ngucapin tenkiu somad buat Pak Dhe yang telah ngadain kontes ini, hingga berakibat gw punya teman semanis mak-mak bohai berdua ituh, lebih deket dengan mereka kayak udah pernah ketemu dan berteman lama. Meski kita dipisahkan oleh 2 negara dan tiga pulau berbeda, gw pengen suatu saat nanti ketemu dan bertatap muka dengan mereka dan keluarga masing-masing di sebuah mall atau pasar, terserah. Anak-anak bakal kami oper ke tempat odong-odong, suami-suami bakal kami suruh mejeng di warung kopi dan kami emak-emak shopping dengan ceria dan bahagia dengan dibandari oleh Pak Dhe yang cimilikiti.

Love you, Team!

Behind the Scene versi warasnya silahkan klik disini, di blog teman gw yang lebih waras. :D


28 komentar:

  1. huwahahahaha.... dr awal smp akhir, ngakak bacanya, untung aja ekye ga jatoh dr kursi kantor, hahaha... ohh begono noh cerita awalnya, banyak jg ya yg dikorbanin smp ngorbanin 3 sapi + 3 kambing segala, pasti menang nih :)

    BalasHapus
  2. Begini tho awal mula kecebong 3 warna menjadi group...
    Seneng ya kak Wi...tak pernah bertemu sudah serasa sahabat sejati yang suka gosip dulu baru pergi tidur.
    Semoga memang kak Wi..soalnya hadiahnya lumayan juga kalau menang...pengen ikutan tapi gak punya bakat buat nulis kocak dan bagus.

    BalasHapus
  3. @ Herien:
    Iyah, Bund. Untung gak korban perasaan.. :D

    @ IbuDini:
    Lah, gak harus lucu kok Mul. Kalo cerita yang ancur emang cuman kami kek nya. :D

    BalasHapus
  4. hahaha lucu banget bacanya, cerbungnya juga bikin mules2 bacanya. behind the scene nya juga bagai cerpen mbak

    BalasHapus
  5. @ Lidya:
    Mules? Ke tiolet dulu, Jeunk.. :D

    BalasHapus
  6. wew, ternyata cerita dibalik layarnya seseru ini...
    semoga pengorbanannya terbayar dengan kemenangn ya ^^

    BalasHapus
  7. huahahahha...trnyata temen ak yg satu ini bener2 gak "waras" hihihi....bener banget, trnyata sama yachh...selama cerbung itu belum rampung....kerjaan di kantor disingkirin dulu......mungkin bos ak tau kali kelakuan ak dikantor cuma rajin ikutan kuis...akhirnya smpe skrang gw belum gajian nech hihihih......


    iya yachh...mudah2an kita bertiga bisa kopdar-an, di ajkarta aja yachh...ajnagn lupa pada bawa oleh2 yach hihihi......

    tinggal nunggu yang versi Jeng Soes nechh

    BalasHapus
  8. oh.. begitu ya ceritanya sampe bisa kolaborasi bertiga ikutan kontesnya Pak Dhe?? Aku kira sebelumnya sudah saling kenal di dunia nyata.. dunia maya ternyata tak membatasi persahabatan ya..??

    BalasHapus
  9. dasarrrr...
    ono ono wae...
    hihihi

    BalasHapus
  10. hahahaaaaaaaaaaaaa...ceritanya sungguh `ngawur` dan menghibur....sya follow yaaaaaa...

    :)

    BalasHapus
  11. Salam Takzim
    Mohon izin menyampaikan singgasana kepada sahabat tersayang, silahkan dipergunakan untuk dimiliki
    Salam Takzim Batavusqu

    BalasHapus
  12. Bagaimanapun, trima kasih tlah mampir dan meninggalkan jejak. :)

    Semoga menang dalam kontes ini, Bagaimanapun. :)

    BalasHapus
  13. @ Rian:
    Amiinnn..

    @ Nia:
    Kapan yah, ane ke jakarta??? :D

    @ Rita:
    Begitulah, Mbak Rita. Persahabatan di dunia maya juga gak kalah indah loh, dengan dunia nyata...

    @ Nufri:
    Silahkan, Bro

    @ Batavusqu:
    Salam takzim, Bang

    @ Bagaimanapun:
    Bagaimanapun, terima kasih kembali :)
    Bagaimanapun saya senang dikunjungi lagi.. :)

    BalasHapus
  14. Dasar gilingan!! Hihihi gw mah yang jelas korban nasi tumpeng sebiji secara laki gw kudu bikin selametan dulu supaya bininya bisa dapet ilham ngerjain tu cerbung :-)

    Waaahhh tinggal ekye yang belom bikin behind the scene nya yh boo. Huehehe, biasa Bu Bunting mah terakhir mulu kerjaannya

    Lup yu all, Cyiiiinnn

    BalasHapus
  15. @ Susan:
    Hehehe... berarti eyke berkorban paling banyak duoooongg..

    Kita tunggu kegilaanmu yah, Cyiiinn... Jangan ampe gak gila di postinganmu Beha se ken -mu itu yah? Apa perlu nasi tumpeng dikirim dari Bintan?

    Lop yu tuuuuu..!!!

    BalasHapus
  16. Oh tidaaaaaaaaaaaakkkk,,, daku sampe mules dan kontraksi berkali2 nih baca nih cerita, ntar kalo anakku berojolan, tanggung jawab ye,,, :P

    sip, manstab banget perjuangannya mbak, aku terhuraaaaaaaaaa.. hahhaha...

    *tenang, kalo ada korban sapi 3 + kambing 10 buat dewan juri, pasti kita menangin kok kecebong...* hahahha,,, Juri ketularan matre..!!

    BalasHapus
  17. moga nyangkut deh di rumah pak dhe mbak..

    BalasHapus
  18. Haiyaaa ...
    seru byanget persiapannya ...
    justru letak indahnya perlombaan tiga warna ini ada disini ...
    persiapan untuk menampilkan cerita yang nyambung satu sama lain ...

    hehehe

    sukses untuk Kecebong 3 warna

    Salam saya
    YIN YANG

    BalasHapus
  19. @ Jeng Iyha:
    alamaaakkk..jangan sampe kontraksi dulu, Jeng. Lom waktunya. Ntar aku dikutuk jadi kodok sama Ayah si dedek. Atuuuutt...!

    Tenang Ibu Juri, nanti kami kirimin satu ekor kambing yah... Kami menang kan yah? Yah? Yah?

    @ Lily Kasim:
    Udah nyangkut, malah udah diusir lagi. :D

    @ NH 18:
    Iya Om, seru banget. Pak Dhe sukses menautkan tali silaturrahmi kita-kita dengan kontes2 nya..
    Hidup Pak Dhe!

    Sukses juga buat Yin Yang, Om.
    Salam hangat, Om. :D

    BalasHapus
  20. Keuntungan mengikuti Kecuvung 3 Warna.

    1.Kenal dengan Komandan BlogCamp Group yang mantan anggota paskibraka tingkat SD tahun 1962.
    2.Blog dan pemiliknya akan melambung tinggi, salah2 pemiliknya malah jadi model kuis Blogcamp Group.
    3.Menambah sahabat, blogger yang dulu kuper akan menjadi hiper.
    4.Mencegah blog menjadi lumuten karena tak pernah di update.
    5.Mendapat tali asih,jika menang. Bagi yang belum menang akan mendapatkan bonus berupa di doain agar tak mudah putus asa karena masih ada kontes2 lain yang akan datang.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  21. @ Jee pakdhe, masa tali asihnya cuma di doain menang....kirain tim kecebong mau dimenangin hihihi....

    BalasHapus
  22. @ Pak Dhe:
    wah, ternyata Pak Dhe mantan anggota paskibraka tingkat SD yah? wkwkwkw...

    Mbok ya yang nggak menang kudu dapet tali asih juga, Pak Dhe. Kami janji deh, nggak bakal protes :D

    Salam super hangat dari Bintan, Pak Dhe.

    @ Nia:
    Eh, mana tau habis di doain Pak Dhe, kita bisa menang..? *tosh*

    BalasHapus
  23. Pagi Kak Wi...sebelum mulai bekerja menyempatkan waktu datang kemari..
    Biasa mau mengabarkan kalau ada Tag disini http://barbiedini.blogspot.com/2011/04/pr-ibu-guru-sukma.html

    BalasHapus
  24. wow, behine scene ya...
    emang lg heboh ya yg serba 3 warna..

    sob, ada award utkmu spesial dr Penghuni60, mohon kiranya diambil, selamat ya...

    BalasHapus
  25. Hahahhaha,,,ceritanya itu lho... lebaaayyy.. wkakakakak.... sukses ya mbak... hebat euy, 2 negara 3 pulau... :)

    BalasHapus
  26. hehehe grup ini , dari awal aja sudah bikin cekikikan pastinya, karena bawaan bu bunting kali yaaa

    BalasHapus
  27. Berkunjung,
    salam kenal Bu Dewi

    BalasHapus
  28. @ IbuDini:
    Blom sempat ke TKP, Mul... Nanti aku kesana yah?

    @ Penghuni60:
    Thank's, Sob.
    Segera ke TKP

    @ Prima:
    Yang lebay yang aduhai..hihihi..

    @ Elsa:
    ho-oh, Bu Bunting menyebarkan virus cekikikanisme. :D

    @ LIB:
    Salam kenal kembali :)

    BalasHapus

Yang cakep pasti komen, yang komen pasti cakep..

Tapi maaf ya, komentar nggak nyambung akan dihapus :)
Terima kasih...