Kamis, 18 Agustus 2011

Tumpeng Ngetril 61~Tumpeng Salah Warna


Prakata: Ketika membaca Kontes Tumpeng Ngetril61 di blog Pakdhe Cholik Senin kemarin, aku langsung nervous nih. Tumpeng? Kayaknya aku menyerah deh. Untuk segala hal yang berbau dapur-dapuran, pengetahuanku emang sangat memilukan. Kalau tidak didampingi staf ahli (Mamaku), boleh dibilang aku nggak pede masak apapun. Kecuali masak kepiting saos, yang ini mama kalah deh...

Kembali ke Tumpeng Ngetril61----------------, ketika aku komen begini di blog Pakdhe:
"Orang Minang nggak pernah bikin tumpeng, Pakdhe"
Aku langsung di skak mat: "Makanya belajaaarrr..! Orang Jawa juga nggak punya tari piring, tapi bisa!" Oalah... Mati kutu deh eiyke. Langsung deh aku ngeles:
"Siap, Pakdhe. Mesti berguru dulu sama mertua nih……*malu* Semoga mertua sedang tidak sakit gigi..hik..hiks.."
Aku lupa, mertuaku kan udah nggak punya gigi. Gimana mau sakit gigi, coba. Jadinya ucapan ngawurku itu malah di jatuhkan Tuhan atas mamaku, sang staf ahli. Beuuugghhhh...!! Pada hari yang sudah ditentukan untuk membuat tumpeng pertama dalam kehidupan keluarga kami, mamaku malah meriang karena sakit gigi, padahal udah bertahun-tahun gak pernah sakit gigi.

Pelajaran penting: Hati-hati kalo ngomong, karena kata-kata adalah doa!! Ampun ya Tuhan, maaf ya Ma...

Aku putuskan untuk belajar sendiri dan batal belajar bikin tumpeng ke rumah mertua, karena rumah mertua lumayan jauh. Maka akupun mengelana di jagad internet.

Di tanah Jawa, sejak dulu nasi tumpeng menjadi simbol perayaan tertentu seperti ulang tahun, khitanan, pernikahan, kelulusan bahkan memperingati kematian seseorang pun ditandai dengan tumpeng duka cita. Meski yang disebut belakangan sudah mulai jarang ditemui.

Tumpeng memiliki makna filosofi yang dalam, selain bentuk nasinya yang mengerucut menandai puncak kehidupan, lauk pauknya juga harus komplit terdiri dari daging hewan darat dan air. Sayurnya pun mesti komplit, seperti sayuran yang tumbuh di daratan dan juga di air.

Itulah jawaban yang aku dapatin dari Mba Wiki untuk pertanyaanku tentang tumpeng. Lalu kucari resep dan cara membuatnya. Ketika kuceritain sama mama, kata beliau itu hampir sama kayak cara memasak ketan di Padang. Cuma beda bahannya dan dikasih kunyit supaya berwarna kuning. Okeh, agak tenang dikit nih...

Lalu, Mama nanya, lauknya apa? Aku bilang terserah kita, gimana kalo ayam goreng, perkedel kentang, kering tempe, tapi sayurnya urap (sambil nunjukin foto sayur urap..hihi..) Kata mama (lagi): itu mah sayur "anyang" kalo di Padang. Asyiikk... Jadi mama bisa bantu nih... Oke, besok mama bantu, katanya. Waktu itu malam Rabu, mama belum sakit gigi, tuh...

Eh, paginya (Rabu, 17 Agus) sepulang dari belanja, mama langsung ngajakin bikin tumpeng dengan pipi berat sebelah..
"Ayolah, biar cepat siap. Badan mama gak enak nih.." Maka kamipun berjibaku di dapur dari jam 8.30 pagi. Bahannya pun segera di keluarin dari kantong kresek:

1. Nasi (mestinya) Kuning:

1.a. Bahan:
~ 1 liter beras
~ 1 genggam beras ketan
~ kurang dari 1/4 liter santan (kira-kira 1/2 dari 1/4 itu deh... berapa tuh?)
~ 1 cm kunyit bakar, parut, beri air, saring, campur dengan santan*
~ 1 lembar daun pandan, dikoyak, ikat
~ 2 lembar daun salam
~ 2 lembar daun jeruk
~ 1 batang sereh, memarkan
~ 2 sendok teh air jeruk nipis (untuk menghasilkan nasi yang lebih mengkilat)*
~ garam secukupnya

1.b. Cara membuat
Rendam beras dan beras ketan selama +-20 mnt. Lalu kukus beras sampai setengah matang, lalu letakkan dalam panci, tuangi santan yang sudah dicampur  daun pandan, daun salam, daun jeruk, sere, dan garam, sambil diaduk hingga santan habis terserap, lalu kukus kembali sampai matang.

Note: *kami lupa masukin air kunyit, ingatnya pas nasi udah matang. Jadilah nasinya tetep putih, padahal niatnya mau bikin nasi kuning, makanya ku namai "Tumpeng Salah Warna" dan kami juga lupa memberi air perasan jeruk nipis, hingga nasinya nggak mengkilat. Tapi tetap enak, kok!

2. Verkhedail kentang (niru gaya Pakdhe).

2.a. Bahan:
~ 1/2 kg kentang, kupas, cuci, belah dua, iris-iris
~ garam secukupnya
~ merica halus sesuai selera
~ 3 batang seledri, potong kecil-kecil
~ 3 butir bawang merah, iris tipis, goreng
~ 1 butir telor ayam, kocok

2.b Cara membuat:
~ Goreng kentang yang sudah diiris-iris, lumatkan
~ campurkan lumatan kentang dengan garam, merica, seledri, bawang goreng
~ bentuk adonan menjadi bulatan kecil nan gepeng
~ celupkan pada telur kocok, goreng sampai kecoklatan


3. Urap
Note: Pas mau bikin urap, mama udah nyerah. Katanya nggak kuat, mau bobo. Tinggallah aku sendiri melanjutkan perjuangan tak bertepi ini..hiks..

3.a Bahan:
~ 1 ons tauge, dibuang akarnya, lalu rebus
~ segenggam kangkung, rebus*
~ 10 buah kacang panjang, potong 3 cm rebus matang
~ 2 genggam kelapa muda yang diparut kasar
~ 2 lembar daun salam
~ 2 cm lengkuas dimemarkan
~ 2 sendok makan minyak goreng

3.b. Bumbu halus
~ 3 buah cabe merah
~ 4 butir bawang merah
~ 2 siung bawang putih
~ 1 cm kencur
~ 3 sendok makan air
~ 1 sendok teh gula merah
~ 1 sendok teh garam

3.c Cara membuat
Tumis bumbu halus bersama salam dan lengkuas hingga harum. Tambahkan kelapa parut. aduk terus diatas api kecil sampai kelapa terbalut bumbu. tuangkan air aduk kembali sampai bumbu menyerap.

Atur sayuran lalu taburkan bumbu kelapa.

Note: *lagi-lagi, karena staf ahli udah berangkat bobo lantaran sakit gigi, eiykeh lupa masukin kangkung, booo...!! Sori, yah... Banyak lupanya. Maklumlah, amatiran!

4. Ayam goreng.

4.a. Bahan:
~ setengah ekor ayam (maksute satu ekor ayam dipotong dua, bukan ekornya doang ya), potong menurut selera
~ Minyak goreng

4.b Bumbu halus:
~ 3 siung bawang merah
~ ketumbar kira-kira setengah sendok teh
~ garam secukupnya

4.c Cara membuat:
Lumuri ayam dengan bumbu halus, ungkep sekitar 15 menit, api sedang.
Lalu goreng hingga kecoklatan.

5. Telor dadar:

5.a. Bahan:
~ 2 butir telor ayam, (kalo berani, pake telor buaya juga boleh..xixixi..)
~ garam secukupnya
~ 2 butir bawang merah, iris tipis

5.b. Cara membuat:
Kocok telur, taburi garam dan bawang iris, goreng (mosok yang begini aja kagak tau..)

6. Kering tempe

6.a Bahan
~ 2 batang tempe ukuran 30cm x 1cm, iris tipis, goreng kering

~ 4 buah cabai merah
~ 1 butir bawang merah
~ garam secukupnya

6.b Cara membuat
Haluskan cabe, bawang merah, garam, lalu tumis hingga harum, masukkan tempe, aduk rata, angkat dari api.

7. Tahu goreng

7.a Bahan:
~ 5 buah tahu, potong sesuai selera
~ garam secukupnya
~ minyak goreng

7.b Cara membuat
Rendam tahu dalam air garam sekitar 10 menit, goreng sampai kekuningan, angkat.

8. Kerupuk

8.a Bahan:
~ Kerupuk jenis apa aja.

8.b. Cara membuat:
Goreng, dong ah! Masak di ungkep!

Naaahhhhh.... ni die peserta pelengkap penggembira Tumpeng Salah Warna punya eiykeh:


Dan inilah hasilnyaaaa..... taraaaaa.....!!

ee...eeeehhh... salah, Booooo'... Itu punya oraaaaang..........

Ini nih punya eiykeh... *malu* Awas, kalo ada yang berani ketawa. PERANG!!

Betapa aduhainya mahakaryaku ituh
Hiks..hiks... mungkin hasilnya tak seindah yang kita bayangkan Sodara-sodara, tapi perjuanganku bikin tumpeng ini berakhir pada pukul 3 sore, saat semua penduduk bumi dibawah atap rumahku sedang terlelap dalam bobo ciang yang asoy geboy.

Tapi dengan bangga ku persembahkan tumpeng pertamaku ini untuk Pakdhe Cholik yang tercintah. Meski dirahasiakan, hati kecilku berbisik, kontes ini diadakan dalam rangka milad beliau yang ke 16 ...upsss! kebalik dah! Semoga beliau dikaruniai umur panjang yang berkah, harta yang berkah dan keluarga yang bahagia dunia akhirat. Amiiiinn...ya Rob.


39 komentar:

  1. Saya telah memperhatikan tumpeng anda dengan cermat
    Akan langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

    BalasHapus
  2. Salam hormat hormat pula buat mama
    Lebih baik sakit gigi daripada sakit hati ya ma

    BalasHapus
  3. tantangan sudah terbayar ya mbak, semoga menang oops saingan kita sekarang hehehe.tunggu aku ya

    BalasHapus
  4. salam kenal mbak dewi...dari silent reader.. akhirnya berani berkomentar sekarang :) wah dah posting juga nieh tumpengnya..:) Tos masih sama sama amatiran soal masak memasak...tapi bertekad kuat demi kontes tumpeng ngetrill..semoga berjaya mbak..:)
    salam

    BalasHapus
  5. @ Pakdhe Cholik:
    Kalo Pakdhe perhatikan dengan cermat, pasti nampak miringnya kan? heheh... Soalnya gak pake cetakan Pakdhe. Pake sarung tangan plastik, gundukan nasi di obok-obok dan dipaksa membentuk segitiga tak sama kaki dan tak sama sisi..xixi.. Makasih Pakdhe, nanti disampein ke Mama :)

    @ Lidya:
    Iya, masak kalah sama wong jowo yang pinter nari piring..hahaha..
    Ayo, Jeng, kita bersaing! Siapa tacuut..!

    @ Mama Kinan:
    Sama, aku juga silent reader diblog Mama Kinan..haha... Yang di BP aku pernah juga berkunjung, tapi tulisannya kecil amat, aku muleh ae lah... Udah min 4 ini mata..
    Salam kenal ya...

    BalasHapus
  6. Kereeeennn... justru kemiringannya itu yg bikin keren mba Dew *serius lho*.
    Aku blm bikiiiin...huhuhu...semoga hari sabtu msh sempat.

    BalasHapus
  7. Dari rumah Mama Kinan hasil perdana tumpengnya keren juga, masuk kerumah mb dewi ada tumpeng juga...
    Jadi ceritanya kerja keras di hari kemerdekaan kemarin ya kak Wi sampai 3 sore....
    Buka puasa sama tumpeng dan lauk pauk enak...enak...

    Mul tadinya mau buat juga semalam kak Wi, karna keasikan beres2 jadi lupa sama tumpeng akhirnya gak masak malah beli lauk * padahal libur hmmmm.

    BalasHapus
  8. Perjuangan yang dramatis, Mbak Dewi. Saya doakan semoga menang kontesnya dan kalau menang jangan lupa tumpengnya buat saya. He...He... dah dimakan, ya? :D

    BalasHapus
  9. Kak Wi bumbu urap kalau pakai cabe rawit, terasi, sedikit asam jawa lebih mantap dan gak usah pakai air.

    Baru sadar tumpengnya ada medali wortelnya ...keren2.

    Moga menang kak Wi

    BalasHapus
  10. wi.. daku terhenyak melihat tampilan gambar pertama :)

    tapi salut juga buat dewi yg telah berhasil menyelesaikan perjuangan bikin tumpeng. kereeen banget..

    *langsung kongkalingkong pesen tumpeng ama tukang jualan..curaaang*

    BalasHapus
  11. @ Orin:
    hihihi... jadi malu.. Masak yang miring dibilang keren...

    @ IbuDini:
    Iya, Mul.. Cape banget. Tapi lumayan terobatilah capeknya, nasinya lumayan enak..hehe.. Jadi nggak ikutan nih?

    @ Mas Joko:
    Udah dimakan, Mas..hahah.. Tenang, nanti saya buatkan lagi dan saya kirim by email yaaa..hihi..

    @ IbuDini:
    Gitu ya, Mul? Aku nyontek blas dari internet, habis si mama udah bobok dan kayaknya kesakitan banget, nggak tega mau nanya-nanya. Lain kali ku cobain deh.. Makasih ya Mul...

    Ah, kayaknya nggak ngarep menanglah, Mul. Tau diri eiykeh..hahah.. Yang penting ikut meramaikan hajatan Pakdhe aja :D

    @ hilsya:
    hahaha... itu gambar emang khusus untuk menipu, Mba. Udah gitu, untuk melecut rasa pede saat penayangan gambar dibawahnya..hahahaha..

    *eit...nanti ta bilangin Pakdhe loh :D

    BalasHapus
  12. disini juga suka tumpengan kalo ada acara
    berarti budaya dayak sudah mulai keismean jawa kali ya..?

    BalasHapus
  13. aduh uni kenapa bikin posting ginian siang2 seh... :@

    "tumpengnya bikin ngiler...." :f


    semoga menang ya uni, saya yakin perjuangan bikin tumpengnya ngga gampang nih...


    salam manis dari medan :D

    BalasHapus
  14. waah,, sudah jadi tumpengnya.....
    maulah di lempar ke sini, dikirim maksudnya.. hehe

    smoga sukses bu ngetrilnya... :D

    BalasHapus
  15. mmm, tidak tertawa se, cuma tersenyum :)
    ternyata bisa juga si mba ini mendesain tumpeng.
    Sebagai masukan supaya terlihat media diatasnya, piring sebaiknya berwarna jangan putih.
    :mj :star :star :star

    cukup lumayan dengan nilai bintang 3..... :P

    BalasHapus
  16. bacanya koq udah kayak baca buku resep masakan sih mbak? hehehhe

    BalasHapus
  17. Haha kirain yg atas, ternyata jg penipuan kaya tempat saya.
    Sukses buat kerja kerasnya mbak insyaallah

    BalasHapus
  18. hehe iya ya,, nasi tumpeng kan bukan tuk org jawa saja,,..---->makanya belajar,,ngena banget..bagi yg belum tau...

    BalasHapus
  19. Tumpengnya mantap sangat,.
    boleh aku coba ya,.

    BalasHapus
  20. HAHAHAHAHA,,,,= PERANG
    walaupun gak kuning tapi masih *tetep* tumpeng

    BalasHapus
  21. Hebat Fatma
    siapa bilang orang minang gak bisa bikin tumpeng?
    Pasti Mama bilang : urang awak a nan indak bisa?

    pokoknya tumpeng made in Fatma , ok punya dan pasti rasanya juga maknyuss....

    Kayaknya ini nih yg bakalan jadi juaranya :D
    salam

    BalasHapus
  22. akhirnya,..perjuanganmu berhasil Nak,..eh mbak hehehehe..:)
    semoga Pak De berbaik hati bersedia memakannya..xixixiixi..

    BalasHapus
  23. wah bgs kok mba dew tumpengna, jd pgn cobain ki lapeer ha..ha.. smoga menang yach.

    BalasHapus
  24. Psst, Jeng...Jeng.... (tengok kanan kiri)... aku nitip dibuatin dong buat ikut kontes :vD Nanti hadiahnya buat dikau deh, soale mau bikin ndiri udah minder duluan nich.... :mj

    (udah terlanjur janji mau ikutan padahal gak isa bikinnya.. takut ditagih Pakdee :f )

    BalasHapus
  25. hihihhi Jeng akhirnya sukses juga bikin tumpengnya......utk yang amatiran segini mah udah keren lahhh....kalo aku malah ngga bisa masak sama sekali....

    kayaknya ngga bisa ikutan nech....anak2ku pada sakit...jd rewelnya minta ampyunnn

    BalasHapus
  26. Waw... keren nih tumpengnya, Dew...
    Semoga menang ya...
    Kan bisa saja tumpeng itu dipadukan dengan masakan Minang... Pake rendang atau tambunsu, pasti sero, hahaha... :D

    BalasHapus
  27. Saya yang bikin kering tempe aja ya... :P

    BalasHapus
  28. @ Rawins:
    Ya kali…

    @ Zan Isurgent:
    Heheh. Maap nih… Soale kalo malam gak bisa bikin postingan, bikin yang lain :D
    Ilernya di lap dong ah…

    Aminnn…
    Emang nggak gampang, apalagi menghiasnya. Cuma sebegitu itulah kemampuanku…hihi

    Salam manis juga dari Bintan, pake gula 10 kilo..

    @ Mabruri:
    Iya, Mab. Untung kemarin libur. Kalo nggak mana bisa bikin 
    Jgn dilempar, Mab. Ntar pingsan..heheh…

    Amin.. Thanks, Mab.

    @ aryadevi:
    Aku sudah tau, dari dulu dirimu kan senang mentertawakanku. Nggak heran.

    Kata Pakdhe, kalo ngak bisa ya belajar. Masak aku ditantang Pakdhe nggak njawab Malu dong ah…

    Iya sih.. Tapi piring dirumahku Cuma itu yang agak memadai untuk tampil didepan publik…hahahahaha..

    Syukurlah… Lumayan dapat bintang 3 :O

    BalasHapus
  29. @ Nuellubis:
    Haha..ya iyalah.. kan emang resep masakan, Nuel 

    @ Tarry:
    Iya, kita kan perempuan2 tukang tipu..hihi..

    Amiin.. Thanks!

    @ Al Kahfi:
    Makanya, aku jadi nekad gara-gara di kompori begitu.. 

    @ Art Blogger:
    Bole..bole.. silahkan..

    @ Info kesehatan:
    Ya dong… Kan tumpeng gak harus kuning.
    @ Bundadontworry:
    Hiiiihihi.., iya dong Bun. Malu kalo bilang gak bisa, meski sebenarnya emang nggak bisa hahaha….

    Rasanya lumayan enak, Bun. Tapi setelah dingin kok nasinya jadi keras ya?

    Kayaknya enggak bakal juara deh, Bun..heheh.. Yang penting ikut aja :D

    @ Ketty:
    Iya, perjuangan yang melelahkan akhirnya terbayar juga :D

    Kata Pakdhe, tumpeng buatan Dewi nggk seenak buatan Bude Ipung..haha.

    BalasHapus
  30. @ nita:
    Idiihh.. Mak Bun, laper aja bawaannya…

    @ chocoVanilla:
    Ealah, Mbaaaaakkk… mbak… Aku aja rasanya mau pingsan bikin tumpeng itu kalo gak dibantu staf ahli. Kan staf ahli lagi sakit gigi..
    Apakah dikau tega membuat diriku merana lagi untuk yang kedua kali ?

    Psstt….(intip Pakdhe) kan Pakdhe lagi nggak liat tuh…. Penyet-penyet aja nasi biasa, bikin runcing, trus taburin lauk-pauk dibawahnya.
    Gampang toh! Aku Bantu doa dehhh….

    Lagian, Pakdhe udah tau kok kalo janjimu janji palsu, Mbak..hahaha…

    @ Nia:
    Ih, kalo gak ada mamaku, gak kan bisa aku sendiri juga, Jeng.
    Ampyuuuunn…deh!

    Syukurlah dirimu gak ikut, kan berkurang sainganku..hihi…

    Siapa yang sakit? Ina besar apa Ina kecil? Moga cepat sembuh yaaa..

    @ Vizon:
    Makasih, Uda…

    Iyaya.. Kenapa aku nggak terpikir ya, Uda?
    Tapi bikin tambunsunya itu loh. Orang bikin perkedel aja aku puyeng, Da hahaha….

    @ asop:
    Hahaha… nyari yang gampang ya? Aku juga udah ahli kalo yang itu. Sama bikin telor dadar plus kerupuk..hihihi….

    BalasHapus
  31. aku gak bisa masak selengkap ini ... makanya bikin nasi goreng yang simpel.
    Kayaknya semua tumpeng ada telur dadarnya ya .. hehe ..

    Tumpengku ujungnya gak runcing kok mbak, perhatiin aja, ujungnya memang rubuh. Kemaren itu saat mencetak, bagian bawahnya aku padatkan, sementara bagian atasnya susah. Trus cetakannya itu daun yg dibentuk kerucut, pas udah di piring, ngebuka daunnya ngga ditarik ke atas, tapi daunnya aku sobek dengan arah memutar. Mungkin itu yg membuat gak rubuh.

    BalasHapus
  32. MANTAAAAAP!!
    Sukses bikin ngiler, kepengen banget makan tumpeng nih gue haduuuh O_O

    BalasHapus
  33. mirip tumpeng asli :P

    duh bisa nggak ya bikin tumpeng begituan???

    BalasHapus
  34. banyak tumpeng di bulan ramadhan ya? hehe
    salam

    BalasHapus
  35. hehehe....semoga menang Kak kontesnya...

    BalasHapus
  36. Aaarrrggghhh ...
    Tumpengnya merangsang sukma ...
    membuat hati ku bergelegak ...
    membuncah ...

    Halah ...

    keknya enak byanget ini Tumpeng ...

    Semoga sukses di perhelatan Ngetrilnya pak De

    Salam saya Bu Dewi
    :tone

    BalasHapus
  37. kalau di pikir2.. pakde cholik itu giat banget menjadi penggagas berbagai macam kontes ya.. kalian kalian ini gak pernah ada mati ide ya. keren.. semangat terus mbak :)

    BalasHapus
  38. Hahahahahah 450 liter bisa buat semua ibu2 dasa wisma kak wi. Benernya gram kak Wi sesuai dgn anggota kecil. Sama2 belajar kak Wi..karna dirumah kalau lebaran ibu mertua selalu buat nasi kuning selain ketupat, gak pernah absen...katanya karna 1 bln kita puasa.Hahahahahah 450 liter bisa buat semua ibu2 dasa wisma kak wi. Benernya gram kak Wi sesuai dgn anggota kecil. Sama2 belajar kak Wi..karna dirumah kalau lebaran ibu mertua selalu buat nasi kuning selain ketupat, gak pernah absen...katanya karna 1 bln kita puasa.

    BalasHapus
  39. salah warna apanya???
    wong bagus gitu hasilnyaaa
    gak kelihatan kalo salah warna Mbak.....

    cantik dan menarik
    penuh perjuangan keringan dan airmata

    pokoknya pakdhe harus memenangkan semua peserta!!!!
    Huauahahahhaaa

    BalasHapus

Yang cakep pasti komen, yang komen pasti cakep..

Tapi maaf ya, komentar nggak nyambung akan dihapus :)
Terima kasih...