Rabu, 21 Januari 2009

Pempers dan bayi


Inilah enaknya punya blog, bisa menggosipin siapa aja; orang yang masih idup atawa orang yang udah meninggal pun bisa digosipin. Dari jaman nabi ampe kejadian 10 tahun kedepan (kalau Anda tau )pun boleh digosipin, nggak penting benar pa kagak nyang penting blog nya update..hihihihi…

Jadi pada kali ini beta ingin bergosip tentang beta punya tetangga (halakh!)
Nyang ini beneran nih….

Alkisah, tetangganyaku punya bayi berumur lebih kurang 2 bulanan.
Dari umur beberapa hari gitu udah dipakein pempers, itu loh.. popok anti bocor yang kalau si bayi beser atawa eek nggak ngotorin pakaiannya dan nggak berleleran kemana-mana, nggak ngotorin karpet dan nggak bikin aroma rumah sama dengan aroma wc umum (hebat yah, yang puny ide bikin pempers :) )

Harga pempers tuh macam-macam, untuk bayi yang masih dibawah 6 bulan size S biasanya yang harganya dibawah Rp.1,000 ada tuh. Yah, tergantung sapa yang beli juga sih. Kalau yang beli orang kaya, artis, pengusaha de e lel ya nggak maulah beli yang seharga murahan gitu. Pasti nyari yang mahal tapi bagus…

Btw eniwei baswei, rata-rata si bayi perlukan ganti pempers 7 kali sehari bahkan lebih (pengalaman aku nih… :)), tergantung dari jumlah “pengeluaran” dia juga. Nah, kalo tetanggaku lain lagi, ganti pempers bayi hanya sewaktu dia mandi aja. 2 kali sehari! Kecuali kalo sibayi eek, karena nggak tahan aromanya barulah diganti. Kalau Cuma pipis doang bakal dibiarin aja sampai melimpah ruah (berlebihan omongannya…)

Tahukah Anda, dua-duanya bisa menimbulkan penyakit. Loh?

Penyakit Pertama:
Jika bayi anda ganti pempers minimal 7 kali sehari dikali 30 hari sebulan dengan patokan harga pempers Rp.1,000, maka anda perlu dana Rp.210,000 per bulan hanya untuk pempers. Nggak besar ya? Ih, buat aku besar banget tuh! Uang 200 ribu untuk nampung kotoran trus dibuang ke tong sampah…. Besaran mana dengan sedekah anda sebulan? (halah..) Disinilah letak penyakitnya. Penyakit untuk dompet Anda, tentu saja. Tapi kalo pendapatan Anda diatas rata-rata, uang segitu nggak ada artinya kali ya? So, yang pertama ini bisa jadi penyakit bagi sebagian orang lah.

Penyakit Kedua:
Nah, jika anda ingin mengurangi penyakit yang pertama tadi, berarti anda harus berhemat, seperti tetangga saya ntuh. Gantilah pempers bayi anda 2 kali saja sehari. Hasilnya? Dompet Anda lumayan sembuh dari peyakit, karena Anda “hanya” butuh Rp.60,000 sebulan untuk dibuang ke tong sampah. Tapi…. Bayi andalah yang jadi sakit. Karena kelamaan ganti pempers kulitnya jadi bintik-bintik kemerahan, gatal-gatal (ditempat yang semestinya nggak boleh gatal), jamuran, keputihan… de el el. Karena kuman amat senang dengan tempat yang lembab (itu yang kubaca disebuah majalah...) Jikalau anda malas ganti pempers bayi anda, maka kuman akan berterima kasih pada Anda karena mereka bisa berkembang biak dengan leluasa disana tanpa perlu ikut program KB.

So, gimana sih, solusinya? Mau ikut trik aku?
Gini nih,
~ Bayi yang belum bisa merangkak atau merayap nggak perlulah dikasih pempers. Toh, dia nggak bisa kemana-mana. Kalo pipispun pasti disitu-situ juga. Jadi dialas pakai kain aja cukuplah. Nggak papa kan, nyuci agak banyak, sekalian olahraga.. :)
~ Kalau dia udah bisa merayap dan merangkak, nggak apa-apa di pakein pempers biar nggak repot ngepel lantai tiap saat dan juga rumah nggak bau pesing deh.
~ Kalau si bayi udah bisa ngomong, ajarin dia untuk ngomong “pipis, Ma…” supaya anda bisa nganterin dia ke toilet.
~ Sering-sering periksa pempers si bayi karena dia belum bisa meriksa sendiri, kalo udah lembab dan berhawa lumayan anget, segera ganti.
~ Jangan di pakein pempers yang terlalu ketat, Sodara-sodara… Kasihan yang kejepit disana. Panas, lembab dan bau ntar…
~ Kalo bisa sih, make pempers nya pas mau pergi-pergi aja, dirumah sebisa mungkin nggak usah pake lah.. Selain hemat untuk Anda juga sehat untuk si bayi.
~ Kalau anda ngerasa tips ini basi, Anda nggak perlu nerusin mbaca postingan ini. (eh, nganggung ye..udah mau abis ini…)
~ Kalo Anda ngerasa ini nggak penting banget, ya…. Udahlah… Tinggalin aja komen manis dibawah ini… :)

32 komentar:

  1. hehehehehe, ada ada aja nih tipsnya tapi ok lah bisa dipake kalo dalam keadaan mendesak, mane aje sih mba kok jarang update, saya perhatiin ampe seminggu nih blog baru diupdate...sibuk ya

    BalasHapus
  2. Saya gak kebayang tuh, ganti pampers bayi cuma dua kali sehari. Saya juga punya bayi minimal ganti pampers sehari semalam minimal lima kali. Apalagi musim hujan begini bisa lebih. Salam kenal, ya. Ditunggu di blog aku. Salam

    BalasHapus
  3. Hihihi jd inget waktu Hana kecil dulu. Ada yang nanya, "Kok gak dipakein pampers aja?"

    BalasHapus
  4. Waduh...Bendol gak punya Bayi. Tapi kadang-2 Bendol pakek pampers
    haha....

    BalasHapus
  5. >omiyan:
    iya omiyan, kerjaan kok nggak habis-habis yah, padahal udah pake lembur segala. nggak sempat melongok internet barang sekejap. Sediiih... deh! Tapi sekarang kerjaannya udah mulai normal lagi, so udah pasti bisa update lagi, insyaallah.

    >alris:
    iya tuh, tetanggaku emang keterlaluan hematnya. Tapi kalo nggak gitu aku nggak punya ide buat nulis ini...hehehe.. Salam kenal kembali, ntar saya pasti berkunjung kesana.

    >bunda:
    betul Bunda, kasian kalo anak masih bayi lembut gitu dipakein pampers, kulitnya jadi gampang teiritasi ya? Ngomong-ngomong Hana sekarang udah besar ya, Bun?

    >Bendol:
    ha...? Bendol suka pampers juga ya... ?Ketahuan deh, suka ompol di celana...hihihi

    BalasHapus
  6. Penyakit pertama aku banget...huwakakk..kakakk...kakak...
    tapi kupikir sepadan dengan masa menungguku yang dah setahun nunggu momongan....seeppp...

    BalasHapus
  7. Tips yang sangat menarik...Sangat penting untuk para ibu juga calon ibu, calon suami dan suami dalam merawat si kecil dan merawat ketersediaan dana keluarga. Jangan sampai semuanya habis untuk pampers gara-gara tidak bisa berhemat.

    BalasHapus
  8. saya juga suka "gerah" melihat anak2 yg dipakaikan pempers sepanjang hari. bagi saya itu adalah egoismenya ortu, karena itu hanya demi kenyamanan mereka saja, bukan sang anak. alasannya biar rumah tidak bau pesing? haiyah... itu alasan yg dibuat2... iya kan mbak dewi? hehehe...

    saya setuju bila pampers digunakan ketika bepergian saja dan satu lagi, ketika tidur malam, biar sang anak bisa tidur dg nyenyak... :)

    BalasHapus
  9. >arya:
    sama dong penyakit kita....

    >blog competition:
    ho-oh...bisa bangkrut gara-gara pampers kan nggak lucu...hihihi

    >uda vizon:
    betul uda, kalau siap punya anak berarti siap dengan aroma pesing, ya kan Da?

    BalasHapus
  10. Mbak, gak perlu nunggu lama. Hana dah aku dongengin sejak dalam perut. Bisa loh dimulai sekarang :-)

    BalasHapus
  11. Oh ya, lupa jawab pertanyaan Mbak di atas :D
    Hana sekarang sudah 4.5 tahun ni ;-)

    BalasHapus
  12. Waduh, artikel yang bagus ne....jadi ada sedikit ilmu tentang bagaimana mengurus anak....nampaknya ini cocok buat saya yang akan jadi calon ayah masa akan datang.... :D

    BalasHapus
  13. Weks...?!
    kwakkwakkwakwkakwak...!
    Loco banget...!

    BalasHapus
  14. Iya....pake pampers harus tetep inget pemakaiannya. Jangan sampe berbahaya untuk sang Bayi. Terutama bayi laki2, pemakaian pampers yang

    BalasHapus
  15. eh belum selesai... Terutama untuk bayi laki-laki pemakaian pampers, suhu yang meningkat, perlu diperhatikan untuk kesehatan reproduksinya

    BalasHapus
  16. >bunda:
    o, gitu ya... waktu masih dalam perut, valeska cuman didengerin musik doang, nggak didongengin... Oke deh, mulai sekarang harus rajin ngedongeng nih... Tengkyu, Bun...

    >fahrisal akbar:
    ah, Mas Fahri pinter memuji nih....

    >randu:
    eiks... lucu ya? Yang lucu tuh Pak Randu... kalo maen ke blog Pak Randu saya pasti kayak orang edan, ketawa sendiri didepan komputer..

    >Prameswari:
    Betul Mbak Dokter, saya juga pernah baca bahwa suhu yang meningkat didaerah "rawan" tsb bisa mengganggu kesehatan reproduksi ya? Bukan hanya bayi, lelaki dewasa yang doyan pake celana ketat tuh harus mikirin hal ini juga loh.. (jadi kebayang Changcuters... :) )
    Makasih tambahan info nya Mbak Dokter...

    BalasHapus
  17. wah, bagus ni buat persiapan punya anak...
    ternyata masalah popok aja mesti harus dipikirin sedemikian rupa ya...
    doohh... punya anak repot gak sih?

    BalasHapus
  18. kasihan juga tuh pempers ya...
    sewangi apapun tuh pempers...
    eh dipakainya di pantat juga...
    wakakak...

    BalasHapus
  19. salamualaikum...
    ikutan baca2 yah..!!

    BalasHapus
  20. kasihan ya udah bersih naruh nya sembaarangan kasihan tu pampres lagian cauma beraap kali apake malang benar nasib kamu pampress

    BalasHapus
  21. wah tipsnya keren mbak..
    kyknya untuk bayi, apapun dilakuin ya, drpd merah2 kasian dedeknya, mending lgs diganti aja kali ya..

    btw itu foto Valeska? duh imutnya...

    BalasHapus
  22. >yoan:
    agak repot Yoan, tapi enaaak.... Rasanya gimanaaa gitu.

    >bang kumis:
    Iya Bang, kalo ditaruh di kepala itu namanya topi, Bang. hehe... sungguh malang nasibnya pampers ya Bang...

    >falla:
    Waalaikum salam, silahkan....

    >karebed:
    emang malang nasibnya pampers, tapi lebih malang yang beli pampers, beli mahal untuk dibuang...

    >idawy:
    maca cih...?
    Betul, Ida. Tebakan yang tepat. Imut dong... mamanya aja imut...hihihi.

    BalasHapus
  23. Waduh...jadi inget neh. Pas si kecil tak gendong gak pakek pemapers...basah deh celana Bendol...anget lagi..
    hehe...

    BalasHapus
  24. Weh, ternyata mahal ya punya bayi? Hi-hi-hi...

    BalasHapus
  25. Wah iyaaa, saya suka kasihan kalo lihat bayi dipakein pampers terus-terusan. Lha kita (para wanita maksudnya) yang pake pampers cuma beberapa hari sebulan aja risih kan?

    Setuju sama Uda Vizon, itu egoisme ortu aja, yang nggak mau repot. Lha ngapain bikin anak kalo nggak mau repot? (lho, kok sewot?) :D

    BalasHapus
  26. Assalamulaikummm...
    Spadaaa....
    patroli malam..upsss..dini hari ding...koneksi baru lancar pada jam seginih siihhh... met istirahat, dropping smile juga yach.. ;)
    mana nih yang punya rumah kok gak update lagi yacchhh...

    BalasHapus
  27. >bendol:
    yang digendong anaknya sapa Ndol? Anak'e mertua? :)

    >daniel:
    nggak punya bayi lebih mahal lagi Niel, kayak artis tuh, biar bisa punya bayi musti pake dimasukin ke tabung dolo. Biaya tabungnya berapa tuh ya...???

    >tuti nonka:
    soalnya bikinnya nggak repot Mbak... :)

    >Arya:
    Waalaikum salam...
    yang punya rumah lagi ngeronda.... Ngerondain rumah orang lain, rumah ndiri ditinggal... :(

    BalasHapus
  28. mba mana aja kok ga pernah update lagi dah hampir sebulan lho

    BalasHapus
  29. Kok gak update mbak?
    Kemana aja neh?

    BalasHapus
  30. wah kalo anakku sehari bisa ganti sampe 6 kali krn dia gak betah kalo udh mulai basah hehehe

    BalasHapus
  31. >omiyan:
    iya, omiyan. Lagi mati rasa,eh, mati gaya... hehehe...

    >humorbendol:
    Iya, Ndol. Pengennya update nih, tapi malas nya nggak bisa ditahan.... :)

    >shoulharmony:
    tengkyu...

    >novnov:
    iya, tuh... Kasihan kalo udah basah nggak diganti...

    BalasHapus

Yang cakep pasti komen, yang komen pasti cakep..

Tapi maaf ya, komentar nggak nyambung akan dihapus :)
Terima kasih...