Senin, 30 Agustus 2010

Kosong

Aku mengangkat tangan, menyebut namaMu yang Agung, membaca ayat-ayat Mu yang suci, dan anganku segera melayang menembus awan, meluncur ke negeri hayal, berputar-putar mengelilingi buana, lalu hinggap di meja makan, pada sepiring kolak yang baru dua sendok menyusup ke dalam liku-liku lambungku, pada es buah yang memercikkan tetes-tetes embun di badan gelas.

Aku menunduk, memujimu, mengakui Engkaulah yang Tertinggi di seluruh alam raya dan segala isinya, atas segala yang nampak dan tidak, Engkulah Sang Raja. Dan aku semakin merendahkan diri, kepala dan telapak kaki samalah tinggi, serendah inilah aku dibanding Engkau, tak ada apa-apanya, tak bisa apa-apa tanpa seijin-Mu. Sekecil inilah aku, aku mengakui itu dengan seluruh jiwa ragaku, namun apa daya, disaat seperti inipun, kolak itu tetap tak beranjak dari kepalaku, dan setelah semua ini selesai, masih ada rendang ayam menunggu sentuhanku..nyamm...

Lalu, aku kembali berdiri, bagai sudah terprogram rapi, maka tubuhku tak memerlukan perintah otak lagi untuk melakukan ini. Karena aku sudah terlatih, minimal 5 kali sehari aku melakukannya semenjak umurku masih belia. Jadi tidak ada masalah, walau otakku tengah sibuk melanglang buana antahberantah, tetapi mulut dan lidahku tetap bisa membaca ayat-ayat suci-Mu dengan lancar, tubuhku menunduk dan bersujud tanpa ragu.

Dan disinilah aku sekarang, dihalaman belakang rumahku, membayangkan akan seperti apa nanti rumahku setelah renovasi, akan dimana letak kamarku dan dimana ruang untuk memuja dan beribadah padaMu. Apa nanti hiasan dinding ruang tamu, foto siapa yang akan kupajang di ruang tengah, cat warna apa yang cocok untuk dapur, berapa meter kitchen setnya..... Oh, aku ingin pinter masak tapi tetap cantik seperti Farah Quinn..

Lalu...

Aku tersadar... Astagfirullah... Rakaat ke berapakah ini?????

Aku berusaha mengingat, sepertinya rakaat ke tiga..yah, mungkin ketiga..ah, jangan-jangan udah keempat? Ya, ampuun.. Aku harus konsentrasi.

Aku menyebut nama Mu, membaca ayat-ayatMu, memujiMu ...... daaaaaan........... ...apa yang akan kumasak untuk makan sahur? Oh, iya.. ada kacang panjang. Lebih segar di tumis pake ikan teri dan cabe ijo yang diiris-iris.. Cabe ijonya mesti banyak biar pedas. Aha.... bakal lebih gres kalau ditambahin petei, dimasak setengah matang dan masih krenyes-krenyes.. lalu teman minumnya akan lebih yahud dengan teh manis anget... Segelas besar! ya..ya.. Bisa kubayangkan bila esok aku bicara dengan rekan kerja, atau bahkan atasan! Betapa serunya aroma petai yang dimakan saat sahur oleh orang yang berpuasa... ehemm...ehem...

Akhirnya, aku mengucap salam, kekiri dan kanan.... dan barulah aku tersadar, aku bagai seorang bodoh yang ingin membawa pulang air dari pancuran tapi menampungnya dengan ember yang sudah bocor disana-disini. Pastinya aku tidak mendapatkan apapun, datang dengan tangan kosong dan pulang tanpa membawa apa-apa. Aku tidak mendapatkan apapun dari shalatku. Hanya buang masa dan tenaga.

Beginilah aku, beginilah ibadahku.
Kosong!
Dan kelak aku akan berangkat ke padang mahsyar, dan hanya begini inilah bekalku..
hhhhhh....


Note: Gambar diambil dari sini. Thank you.


15 komentar:

  1. wuaduh., siang2 mbaca postingan yg ngomongin kolak, hahaha...

    BalasHapus
  2. Kolaknya pasti enak ya...apalagi tumis kacang panjang campur teri sama petai...hmmm jadi lapar...
    semoga khayalan dalam ibadah bisa terkabulkan kak Wi...lain kali jangan berpikiran kosong ya ..hikhik..

    BalasHapus
  3. Hehehe...ada yg merasa tersindir nih...*purapuracelingakcelinguk*
    Bener, Wie...aku juga masih suka gitu, bahkan kalo sholat Tarawih yg rakaatnya banyak pikirannya suka mengembara maksudnya sih biar gak kerasa udah selesai aja tarawihnya...nakal ya...astaghfirullah...semoga masih punya banyak waktu untuk memperbaikinya ya...!

    BalasHapus
  4. Barangkali seperti itulah ibadah yang dilakukan bang Pendi..hehehe. Setuju dengan Bang Yoes, semoga Allah masih memberi waktu....

    Salam hangat & sehat selalu...

    BalasHapus
  5. memang terkadang ibadah kita layaknya rutinitas belaka.. astagfirullahaladzim.. mudah2an Allah menyempurnakan ibadah2 kita berikutnya ya..

    BalasHapus
  6. @Kang Sugeng:
    Wah, lama nggak mampir nih KAng? Kemana aja? Kalo Kang Sugeng mao kolaknya, ntar ku kirim by email..hihihihi..

    @IbuDini:
    Iya nih, Mul.. Kalo lagi sholat tuh pikirannya suka melantur kemana-mana. Pikirannya justru nggak kosong, Mul. Saking banyak isinya makanya meluber kemana-mana..hahaha..

    @Mbak Yoes:
    hihihi..kayaknya kita sehati sejiwa ya, Mbak. Apalagi kalau tarawihnya 23 rakaat plus witir. Hwalaahhhh..nggak kebayang tuh, pasti ngayalnya kemana-mana, biar nggak berasa.. Tau tau udah assalamu'alaikum.. Tapi biarpun dikasih waktu, kalau nggak berusaha merubah sepertinya bakal tetap 'kosong' deh Mbak ibadah kita. Na'udzubillah.. Moga-moga kita nggak termasuk kedalam kelompok itu deh, Mbak.

    @Noor's blog:
    Begitu ya, Bang? Sama doongg...xixixi.. Yang penting berusaha memperbaiki setiap ada kesempatan, hingga waktu yang diberikan nggak terbuang sia-sia. Amiin...
    Salam hangat kembali, Bang Pendi.. :)

    @ Rita Asmara:
    Betul Mbak. Karena udah jadi rutinitas hingga nggak berasa lagi sakralnya. Hingga banyak orang yang puasa tapi tetap nggak mau sholat. Karena puasa hanya setahun sekali sementara sholat sehari 5 kali. Sayang ninggalin puasa tapi nggak sayang ninggalin sholat. Aneh, ya? Padahal sholat itu tiangnya agama.. (Uh, sok bijak bestari banget ya? Kayak udah bener aja...)

    BalasHapus
  7. koq dari kmrn msh kosong mulu sih bu, ndak diisi ya? hehe...

    BalasHapus
  8. @Anak SMP:
    hehehe.. udah diisi dikit, trus dibuang lagi. ya kosong lagi deh.. :)

    BalasHapus
  9. kosong segera di isi,biar gk kosong..hehehe

    BalasHapus
  10. Semoga berawal dari kesadaran ini, menggerakan hati dan seluruh anggota tubuh kita untuk lebih kompak lagi dalam beribadah, hingga ketika badan kita rukuk, maka hatipun ikut, dan ketika sujud, hatipun turut sujud.begitupun saat badan kita berpuasa, maka batin kita pun turut terjaga. inysa Allah.
    Selagi masih diberi kesempatan, izinkan saya dan juga keluarga mengucapkan selamat Idul Fitri 1431 H, mohon maaf lahir dan batin atas segala kekurangan, kekeliruan, kekhilafan postingan, tanggapan dan ataupun komentar. Taqobalallohu mina waminkum, syiamana wa syiamakum. Insya Allah, amin

    BalasHapus
  11. berkunjung untuk mengucapkan, seLamat hari raya iduL fitri 1431 H.

    biLa sekiranya seLama ini saya daLam perkataan maupun priLaku ada yang kurang berkenan di hati, mohon maaf Lahir dan batin. begitupun sebaLiknya. trims.

    BalasHapus
  12. tp skrg ini yg kosong dosa2nya kan?
    amin
    mdh2n qt kembali fitrah lg di hari fitri ini

    BalasHapus
  13. @Anak nelayan:
    Iya, udah penuh nih..hehehe..

    @Abi Sabila:
    Amin, semoga begitu, Abi. Sama-sama, mohon maaf lahir bathin, minal aidin walfaidzin...

    @Om rame:
    Sama-sama, Om. Maaf lahir bathin. Selamat hari raya idul fitri.. Semoga kita kembali ke fitrah.

    @ Penghuni60.
    Nah, bener banget tuh.. Semoga 'tong dosa' udah kosong karena udah pembersihan selama satu bulan ini. Amin... :)

    BalasHapus
  14. bisa karena biasa, bisa beLum tentu biasa meLakukan haL tersebut dan biasanya tentunya sudah bisa daLam meLakukannya. biLa tidak dibiasakan akan menjadi saLah satu penyebab kita enggan untuk meLakukannya secara berkesinambungan.

    suatu saat saat itu akan tiba tanpa kita tau waktu itu akan datang, merugiLah orang2 yg tidak memiLiki bekaL yg cukup untuk bisa menempuh tempat kedamaian dan keindahan yang hakiki.

    semoga dengan gembLengan pada aktifitas di buLan LaLu dapat meningkatkan kuaLitas keimanan dan niLai2 ibadah kita pada masa2 yg akan datang.

    BalasHapus
  15. @ Om Rame:
    *manggut-manggut mendengar petuah om rame*

    Betul banget, Om. Semoga ibadah saya makin baik hari ke hari..
    Makasi Om...

    BalasHapus

Yang cakep pasti komen, yang komen pasti cakep..

Tapi maaf ya, komentar nggak nyambung akan dihapus :)
Terima kasih...