Jumat, 06 Juli 2012

Laptop Ngambek

Sore-sore sepulang nguli tadi iseng-iseng aku buka blog dan eh, *terkezut* ada komeng provokasi:

"mana nih yang baru.. kok tetap cerita pak Pulisi disini?"

Hehehe... Yah, emang cukup menyedihkan. Bulan Juni aku hanya punya 2 postingan. Sibuk nggak jelas di kantor dan bengong nggak jelas di rumah. 4 blog terlantarlah sudah. Malam ini, gara-gara tergelitik kumen diatas, maka kutuliskanlah cerita ini sambil ngemplok goreng pisang dan tape singkong ditemani Valeska nan cimilikiti....


Beberapa hari ini aku kerja gila, Pren. Gila banget pokoknya. Udah tau awal bulan ya, banyak borongan. Tutup buku buka dompet, gitu. Eeehhh.. si lappy malah bertingkah. Suka hang mendadak-mendadak. Mana di kantor sini sudah nggak ada IT-nya. Yang dulu di sini pindah ke cabang yang di Malysia. Jadi terpaksa aku lapor pada pak IT yang ngendon dikantor pusat di negeri singa sana. Beughhh.. makin ribet aja hidup gw.

Awalnya sih, aku masih menahan diri. Lappy ini suka ngambek udah sejak tengah bulan lalu. Biasanya, begitu lappy ngambek, aku pites tombol powernya dengan brutal. Tapi biasanya, begitu ngeliat aku sibuk ngutak-ngatik angka-angka nggak jelas itu, eehh..  doi ngambek lagi. Apalagi kalo disambi buka internet. Ngambeknya bisa laaammmaa... Maka, hari ini puncaknya, udah mulai beringas nih hati. Berasa kepengen nabokin kepala orang aja bawaannya. Nyenggol nggak nyenggol, bacok! Padahal masih pagi tuh, bray. Bedak masih kinclong, lipstik masih menor, gila aja laptop ini bikin dandanan gw morat-marit. Nggak terima gw!

Jam 9.30, setelah melalui pertimbangan matang, daripada berkeringat berdarah-darah saking esmosi jiwa membara, akhirnya ku tulis juga sepucuk email untuk koko tukang IT di kantor pusat nun jauh di seberang pulau sana. Ku tuliskan perasaan yang sebenarnya udah lama terpendam ini, dan jawabannya sungguh menyakitkan:

"Dear Dewi,
I think you laptop’s Harddisk is going to corrupt soon. Sooner you get replacement will be the ideally."

Yahh..yahh.. tentu saja itu yang ideal, AbangBro. Tapi apa si datuk pucuk pemegang kekuasaan tertinggi di kerajaan kayangan ini mau membelikan laptop baru buat ai?

Aku jawablah dengan hati nan pilu:" trus gimana dong, bray.. Perbaikin doongg, pliss..." sambil kedip-kedip mata dan gigit ujung rok. Email dikirim dengan cc ke Ibu manager akunting nan lemah lembut itu, biar doi tau kalo ada laporan telat, inilah penyebabnya. Bukan karena gaji yang nggak kunjung merambat tinggi ituh. Suer!

Namun, alih-alih mau memperbaiki laptop tercintaku itu, dia malah nanya:

"May I know is there any spare PC/laptop from your site?" aku terjemahkan kata-kata itu dengan: " ada nggak komputer/laptop bekas ditempat lo yang bisa lo pake?"

Yaahh.. lemes deh... Terpaksa sedikit berkilah: "ada. tapi komputer lama. Lamaaaaaa..banget! Yang bikin aja udah berpulang ke rahmatullah saking tuanya tuh komputer"

"Nggak papa. Yang penting untuk saat ini kamu bisa bekerja. Ayo, nyalakan komputer itu, lalu kasih tau saya IP address-nya. Saya akan atur dari sini supaya kamu bisa buka kita punya system dan akses email dari sana. Tinggalkan saja laptop itu dan pindahkan semua data kamu, kalo nggak aku yakin sebentar lagi data-data kamu akan rusak/hilang"

Berdebar-debarlah hatiku. Jika semua data hilang, apa kata duniaaaa...!! Bergegas dan terburu-buru, kupindahkan semua data ke sebuah komputer bekas. Sebenarnya komputer ini masih cukup bagus, sih.. Tapi kotor, berdebu, tak terpelihara dan kliatan depresi :P 


Jadi penderitaan pertamaku adalah membersihkan debu. Lalu meng-copy data-data. Terakhir mencari IP address.
What??? Emang aku tau caranya?

Gimana nih? Wadduuhh..!! Beginilah kalo nggak mau belajar. Hanya tau make doang. Maka berawal dari si IP address ini terjadilah hal-hal memalukan sekaligus bikin gemes penduduk dunia pencinta IT.

#Hal memalukan pertama:
Demi hidup yang lebih menggembirakan kukirim sebuah email lugu-lugu menjijaykan: "gimana cara ngeliat IP addressnya, Bro?" untung dia nggak ngeliat mukaku yang bersemu merah marun.


Dengan sabar dan telaten si abangbro mengajariku step by step. Malah emailnya dilengkapi dengan screen shot segala. Biar si dungu ini gampang mengerti..hihi.. Ternyata dia baik juga. Padahal baru kali ini aku curhat sama dia.

#Hal memalukan kedua:
Perasaan aku udah ikutin semua instruksinya, kenapa kata-kata "IP address" itu nggak nongol-nongol dilayar kaca ini? Tanpa cek dan ricek aku nanya lagi ke dia. Segan juga sih sebenarnya, ntar dia sangka aku ganjen lagi nanya-nanya mulu. Tapi apa boleh buat... Kukirim email lengkap dengan screen shot layar yang miskin kata-kata IP address:

"Saya udah lakukan yang kamu suruh, tapi nggak nemuin kata-kata IP address tuh.. Kamu salah kali...."

Lamaaaaaa..dia nggak jawab. Mungkin dia tengah berdoa agar diberi kesabaran dalam menghadapi diriku ini dan agar diriku ini dikarunia otak yang lebih mumpuni tentang dunia komputerisasi :P.


Dan aku udah hampir tertidur ketika tiba-tiba ada email masuk: " Dewi, saya lagi lunch di luar, saya nggak bisa buka gambar yang kamu kirim dari hp saya karena di blok. Nanti saya cek di kantor"

Ok, sambil nungguin dia makan, aku coba utak-atik sendiri. Barulah kusadari ada satu step yang terloncati..hihi.. Kucoba lagi langkah demi langkah dan taraaaaa... IP adress nongol dipelupuk mata belok. Bergegas ku kirim email: "Ini IP address-nya, please ignore my previous email...bla..bla..bla..." 


Pasti si koko cekikikan sampe tersedak bakwan deh di S'pore sana . Eh, emang di S'pore ada yang jual bakwan yah?
  
#Hal memalukan ketiga:
Sekitar jam 2-an, email si koko masuk lagi: "i can not reach your PC, does this PC is on?"
Aku liat-liat sekitar badan komputer. Semua nyala. Aku muter kepala kebelakang CPU. Oalaaaaahhh..kabel internetnya nggak dicolokin toh! Aku cekikikan ngirim email: "ada yang salah dengan kabelnya, saya ganti kabel dulu ya..." haahahaha.. padahal yang salah itu otak gw. :D

*catet!aku berkomunikasi dgn dia via email dengan laptop aku, sementara yang dia utak-atik itu 'komputer calon pengganti' laptop ku ini, jadi jgn ngerasa aneh kalo aku tetap bisa ngirim email sementara kabel nggak dicolokin. Lu kate ini cerita hoax? Ini real penderitaanku, man! Plis deh!*

Tak lama si koko kasih kabar: "ok, sekarang bisa dan saya akan kontrol dari sini"

Beberapa saat kemudian dia suruh aku log ini dengan username dan pasword aku. Tapi nggak bisa-bisa. Berkali-kali gagal. Lalu si koko kirim email: " sepertinya komputer itu sudah nggak ada di network kita lagi (dia tulis gini: ....no longer in our network and no longer in our domain), saya tidak bisa kontrol nanti. So, ada komputer lain lagi nggak?"

Apppaaaa???!! Nyari komputer lagi? Dia kata ini toko elektronik? *pengen pingsan*

#Hal memalukan keempat:
Dengan terengah-engah aku mencari CPU lain. Bekas punya karyawan yang udah di PHK. Tapi kondisinya lebih buluk lagi. Ada bekas isolasi dimana-mana. Ya amplooopp.. Dia kira ini kulkas ditempel-tempel?

Aku coba log in dengan pesimis. Dan benarlah dugaanku, kata-kata yang tak mengenakkan itu nongol di layar: ".............the domain XXX*** is not available"

"Kamu udah colokin kabel network?" *kayaknya si koko tau tentang kisah kabel pertama tadi. Dukun juga dia ternyata*.
"Udah, dunk."
"Ok, kasih tau saya nama PC tersebut?"
Nama PC? Yang manakah namanya? Clingak-clinguk sana-sini, inilah yang kudapatkan:
"Hp g3530l -- itukah namanya?"
Pasti Si koko cekikikan sampe tersedak lidah sendiri.

"Sepertinya bukan... *kubayangkan dia cekikikan sampe mencret-mencret, lalu tiba-tiba tertunduk pilu saking prihatin dengan kebodohanku yang amazing ini* ..begini cara ngeceknya dek Dewi yang lugu.."

ouuuugghh.... malu ai..

Namun diatas semua hal yang memalukan itu, setelah keringatan ngutak-atik komputer dan kabel-kabel, setelah bedak gw luntur dan digantikan debu, setelah makan siang gw yang terancam, lalu hal yang paling menyebalkan adalah sebuah email dari dia:

"Saya sudah coba, tapi gagal. Saya sama sekali tidak bisa terhubung dengan komputer itu. Kamu masih punya komputer lain yang berfungsi? "

gubrakk!! *pingsan 3 kali*

Etapi, bukankah menuliskan ini untuk dibaca seluruh dunia juga adalah suatu hal yang lebih memalukan?? 

Okelah, Selamat malam, Teman....... Postingan ini ditulis asal-asalan. Otak mampet gak bisa mikir lagi.  Alhamdulillah besok libur, pas pula gajian. Mau ditraktir? :D

66 komentar:

  1. nasib ya mbak hehehe. mudah2an sih dihanti laptop baru aja deh kaliaja aku ketularan dibeliin laptop baru juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya nggak mgkn dapet yang baru, Say, secara ni kantor dah nunggu eksekusi doang.. :(

      Hapus
  2. wah sayajuga pernah mengalami hal yang sama... itu kalau orang support memberikan instruksi seperti itu seolah olha kita sudah tahu aja, gimana cara mencari IP dan login atau apa itu namanya..
    yang bener tetep aja tanya... hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, seolah-olah gw orang IT juga.. Kalo yang ditanya debet kredit mungkin aku bisa njelasinn.. Pedih nian hatiku...

      Hapus
  3. lebih kepada kekuatan jaringan koneksi saya kira........sederhana saja kok mba cara mengoneksikan dengan jaringan lain.......walau berbeda tempat yang jauuuuuuuuuuuuuuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya lebih parah dari sekedar mslh koneksi, Cikgu. Soalnya temen-temen sebelah pada lancar aja tuh. Lagipula setiap nyalain lappy, selalu ada pesan: your drive need to be check...bla..bla..bla...NTFS..bla..bla.. gitu.. Dan ada satu folder yg setiap kali di klik selalu bikin laptopku langsung hang tanpa pikir panjang.

      Aku nggak ngerti koneksi2an cikgu. Selama ini lancar2 aja, Kami pake remote desktop dan system kami microsoft dinamic (Axapta), cikgu. Semua cabang di kontrol oleh pusat.

      Hapus
  4. oalalallaa Mbak, aku nunggu yg kelima dan keenam ya? Kan baru 4 point tuh..

    eh, nitip dunx tanyain IPnya jaringan internetnya juga? #ignore juga deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh, jangan ampe 6 dong Jeunk, makin besar kemaluannya...eittss..!! keceplosan..!

      Hapus
  5. hahahhahaa... walau ditulis asal-asalan tapi cukup menghibur mba Dew! Bikin kantukku hilang dan ga jadi tidur nih... harusnya udah tidur selesai shalat subuh. Hayo tanggung jawab! :D

    aku suka sekali baca postingan2mu lho mba, gaya bahasamu membuatku susah untuk cemberut. Suer! inginnya nyengir kalo ga ngakak abis. Hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok tidurnya selesai shalat shubuh, Mbak'e..? Bukannya selesai shalat subuh orang berangkat kerja? :P

      Aseekkk.. jadi pahala dong buat akyu.. :D

      Udah balik ke Aceh, Mbak?

      Hapus
  6. aku juga gag ngerti semua itu tante.. berarti memalukan juga ya? huahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah aku ada temennya.. :P

      Hapus
  7. aku pikir dewi memang cinta sama pak pulisi itu shg postingan tsb akan dibiarkan saja sampai tahun depan.

    perkara utak atik kompie itu, eMak acung jempol atas daya juangmu, Wi.. klo eMak yang mengalaminya, eMak akan anggap itu penganiayaann. ;p

    semoga laptop baru segera hadir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha... rencananya mau kubiarin sampe tahun kabisat berikutnya, Mak...hak..hak..hak.. Tapi gara-gara Uncle Lozz aku jadi berubah fikiran..

      Terpaksa berjuang, Mak. Wong deadline ku itu tanggal 6, lewat dari itu aku disembelih sama buk manager :(

      Amiiiiinn... *tp itu gak mgkn*

      Hapus
  8. hahahaha... lucu banget baca tulisannya... kasian bgt musti gonta ganti komputer terus... moga2 cepet dpt ganti yg baru ya mba laptopnya, mudah2an ibu Manager Akunting baca emailnya mba dewi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah ganti-ganti, ngangkat-ngangkat lagi, bersih bersih pula.. cabe deehh...

      Iya, doi baca dan ikut nge-push Pak IT :D

      Hapus
  9. Apa...? siapa yang berani mengusik Mama Valeska dengan komen provokatif itu? Bilang Teh.. biar saya nikahin sekarang juga orang itu hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bene Uncle mau sama dia? Suerr..??! Sumpe?! Ntar tak sampein sama yang bersangkutan deh. Kalo beneran nikah ama dia, aku dan Vales bakal datang ke pesta uncle..hahahaha...

      Hapus
  10. wah kasian juga nih mbak dewi , semoga cepat di belikan laptop baru ,,
    mau dong mbak di traktir :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooo, yang mau ditraktir ntar malam ngumpul disimpang tiga dekat pohon beringin.. :D Okay?

      Hapus
  11. Coba tanya saya Bu ...
    saya tau nomer IP Address Dewi Fatma lhoooo ...

    qiqiqiqiqiqi

    Salam saya Dewi

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga tau, Om....hahaha...

      Hapus
  12. Supaya lain kali gak mbuat postingan panjang2 begini saya sarankan untuk segera beli laptop baru.
    Aku rindu padamu sayank.....

    Salam sayang selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. biarpun udah punya laptop baru, postingannya pasti tetap panjang as usual, Pakdhe..ixixixi..

      ho-oh, kangen ama Pakdhe. Semalam sempat ke blogcamp baca bekasi yang berseri-seri itu, Pakdhe.. :D

      Salam sayang selalu untuk Pakdhe & Budhe

      Hapus
  13. Sekarang pasti sudah mahir tentang IP-IPan itu ya Mbak...
    Ngomong2 kalau boleh tau, IP Mbak Dewifatma berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikit-dikit udah taulah, Pak. Tapi jangan dites di depan khalayak begini dong, Pak, malu... :D
      Nanti tak bisikin aja deh...

      Hapus
  14. Semoga segera dibelikan laptop baru ya :-) Biar bisa semangat kerja dan yg utama Ngeblog :-)

    *mau dung ditraktir:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harapanku sih begitu, Mba.. Tapi kayaknya harapan kosong belaka, soale kata Mak Manager ada spare laptop di tempat dia. Kalo udah bilang kyk gitu, berarti dpt bekas deh.. :)
      Biar bekas asal nyos nggak papa juga sih.. Yang fenting bisa ngeblog, nggak bisa kerja ya wis nggak papa... :D haha..

      Ayo, kutunggu di perempatan...

      Hapus
  15. ternyata oh ternyata, hihihihi

    BalasHapus
  16. Hahaha... melu ngakak disik pas lupa nyolokin kabel internetnya :D hadeeewh... bedak luntur semua... Keanu Revesnya mlengos dong :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hussh.. kalo mo ngakak mbo ya sikat gigi sik... Ada ijo-merah tuh di gigi... :D

      Ngk papa bang Keanu mlengos, kan Tom Cruise mau cere.. Kesempatan langka nih... :P

      Hapus
  17. Uni, dari pada gajinya dipakai nraktir, mending dipakai beli komputer lagi. Hahahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk kepentingan kantor aku hrs beli kompi pake gajiku?? Tega banget kamu, Rian. Awas kalo jumpa di Padang ntar, tak kan ku traktir makan sate piaman... :P

      Hapus
  18. numpang tampang ya disini, hehehhee

    BalasHapus
  19. Duh, emang ya mba Dew, kalo berurusan sama IT itu bikin pening kepala. Semoga saja lappy baru segera datang ya, ntar tumpengan qiqiqiqi ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hik..hik..hik...semoga aja Jenk Orin..

      Hapus
  20. Hampir sama dg kasus ana dlu, udah berjam jam monitor PC gak ada kehidupan eeehhh ternyata kabel monitor gak kecolok di PCnya...he.he.he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bah, parah banget tuh mpe berjam-jam baru nyadar.. :D

      Hapus
  21. Ya ampun,Mbak... Ribetnyaa..
    IP address? saya pun tak tahu lah.
    Smoga segera dapat lappy baru ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tos, Ka... :D

      Amiiin..
      *asyiikk banyak yg doain..*

      Hapus
  22. Wahaha
    Saya sampe ngakak guling-guling mbak bacanya #ups
    Untung cuman ada 4 hal yg bikin malu mbak :D

    Kebetulan IT nya lagi kosong ya. masuk aaah :D
    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. guling-gulingnya di tangga, kan? :D

      IT-nya besok udah balik kemari.. :P

      Hapus
    2. haha...... lucu ceritanya
      padahal cerita yang menyedihkan
      tapi di kiemas dengan apik

      kompor gas....

      hehe..
      salam persahabtan

      Hapus
    3. Yaaah, kirain gak balik lagi mbak :(
      Sedih deh
      hehe

      Hapus
  23. hahaha,,mantap mbak dewi,,,,pengalaman adalah guru yang terbaik jadi terimalah itu,,hahaha,,,,semoga gak bertambah dai empat ya..

    BalasHapus
  24. hadir lagi...
    yang memalukan udah lewat dan terlupakan kan...
    ayo sekarang cerita yang membanggakan... ditunggu...

    BalasHapus
  25. Mbak dewi.. kayaknya yang dimaksud mau " GAME OVER " bentar lagi adalah hardisk laptop.. emang sih mbak hardisk laptop rata rata pemakaian 3 tahun sudah bagus bila pemakaian laptopnya lebih dari 8 jam sehari.

    kalau cuma hardisknya aja yang mau diganti, ndak mahal kok mbak, tinggal bawa aja ke TOKO KOMPUTER resmi, harga hardisk 500Gb skrn 700ribu ( *gara gara thailand pabriknya hardisk terbesar dunia banjir katanya jadi naik :( ) *padahal sekarang udah ndak banjir.

    pengalaman pribadi saya 1 laptop dan 1 desktop dirumah yg awalnya mau dipensiunkan setelah diganti HARDISK nya jadi lancar, cuma memang setelah ganti hardisk ada PR yg cukup berat yaitu INSTALL ulang WINDWOS dan software software pendukung,dll

    mm.. moga Laptopnya segera sehat ya mbak ,tapi sekali kali error jg wajar dan bisa dapat artikel menarik karya mbak dewi ini ternyata buah dari laptop error

    he2 .. peace mbak dewi. ok kalau mau cek harga hardisk bisa buka di website http://www.rakitan.com/kategori.php?id=57 ( tapi saya bukan juragan toko lo :)

    ok just share
    knowledger80@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini emang udah 3 tahun pake, 8 jam sehari, 25 hari dalam sebulan.

      Emang nggak mahal sih, tapi secara ini inventaris kantor, aku nggak mau keluar duit pribadi sesen pun..hihi...

      Hapus
  26. salam kenal blognya sudah saya follow#191 jika berkenan boleh follbek,, klu ga juga gpp.. trims.. salam sahabat..

    BalasHapus
  27. berbagi Kata Kata Motivasi
    Senyumlah, tinggalkan sedihmu. Bahagialah, lupakan takutmu. Sakit yg kamu rasa, tak setara dengan bahagia yg akan kamu dapat.
    Air mata tak selalu menunjukkan kesedihan, terkadang karena kita tertawa bahagia bersama sahabat terbaik kita.
    semoga beramanfaat, salam kenal dan di terima :D

    BalasHapus
  28. mikummmm.....numpang nongol mbakkk....salam kenallll.....bahagia itu indah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyeee...sedih itu nggak indaaahhh...

      Hapus
  29. buat yang sudah senior, laptop ngambek bisa bikin stres ya..?
    saya nulis aja masih harus maksain. jadi kalo ada yang ngambek malah jadi alesan. wkwk
    salam kenal bun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. stres karena nggak bisa kerja, sementara deadline terus mengejar tanpa ampun... :(

      Salam kenal..

      Hapus
  30. Jadi inget waktu masih kerja di kantor lama, pake komputer buluk :D sehari bisa manggil orang IT 3x :d sampe bosaaaaaan dia lihat muka aku :p

    wkwkwkwk, tabahkan hatimu mba'e :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sudah sangat tabah, sekarang pake dua, satu lappy satu kompi :D

      Hapus
  31. kalo nanya alamat, coba ke tukang pos atau pak polisi deh...

    ketularan ngaco...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi.. kemarin aku nanya ke tukang parkir..

      Hapus
  32. berbagi Kata Kata Motivasi
    Senyumlah, tinggalkan sedihmu. Bahagialah, lupakan takutmu. Sakit yg kamu rasa, tak setara dengan bahagia yg akan kamu dapat.
    Air mata tak selalu menunjukkan kesedihan, terkadang karena kita tertawa bahagia bersama sahabat terbaik kita.
    semoga beramanfaat, salam kenal dan di terima :D

    BalasHapus

Yang cakep pasti komen, yang komen pasti cakep..

Tapi maaf ya, komentar nggak nyambung akan dihapus :)
Terima kasih...