Rabu, 11 Juli 2012

Senandung Rindu bersama Ririe

Ketika menjelajah blog Ririe Khayan disebuah sore bergerimis *halagghhh..* aku terpaku memandang judul puisi ini:


Aku menduga, yang tertulis disana pastilah serupa bisikan hatiku yang sedang rindu. Aku rindu masa lalu,  rindu ayahku, rindu rumah putih ku, rindu pada masa indah dulu, ketika jiwa hanya diisi madu, saat hati tidak pernah merisaukan tagihan listrik dan kredit rumah *kehilangan fokus, as always.. :D* apalagi, aku membaca puisi itu seirama rinai hujan, maka terjadilah:

Kenangan redup yang membangkit
bersenyawa dengan partikel – parikel udara
Mengungkit haru rintihan hati
dan membentangkan sayap-sayap lara perpisahan
Yang tlah teranyam dalam bingkai masa lalu.

Hatikupun bergerimis, Ririe membuat puisi ini untukku. Aku yakin itu :P

Tapi tetap saja lekat
Diorama hati yang menangis kala melihat langkahmu
yang jauh dan semakin menjauh ketika itu

ya..ya..ya... aku masih ingat malam itu, dibawah temaram lampu jalanan dan hujan yang membasahi, kami berdiri berhadapan dalam sunyi, saling menjabat tangan dan mengucapkan kata yang sama: "semoga kau bahagia, meski tidak bersamaku..." Lalu aku berlalu. Dia menatap langkahku yang menjauh, dan aku menatap cintanya yang makin jauh....

Adalah tawa dan luka yang bersenggama mesra,
duka yang mencabik segenap saraf sukma
dan palung kesunyian yang menghunjam di relung sanubari

Yah, duka yang mencabik, sunyi yang pekat membungkus hatiku kala itu. Seribu tangispun tak sanggup mengenyahkan kesedihan itu. Itu masa-masa yang buruk. Masa-masa yang tak terlupakan. Mendatangkan sakit tak terperi, merobek luka di sepanjang hati

Salam perpisahanmu kepada ‘sgala kehangatan asmara
Dalam sendiri, dawai kerinduan itu kadang mash berdenting
bergema di ruangan nurani meski tak lagi seindah dulu

Duh, Ririe.. Mengapa kau buat puisi ini yang dengan sangat kebetulan melukai hatiku lagi? Memang sulit menghapus kenangan. Meski kenangan itu menyakitkan. Dan yah, aku masih tetap terkenang..meski sakitnya sudah jauh berkurang...

Sementara bayangmu pun kian memudar dan kabur
Diantara tautan harap dan kenyataan.

Aku sudah tidak berharap, Rie. Karena tidak mungkin berharap lagi. Dia sudah bahagia bersama seseorang, dan aku sedang berusaha untuk  bahagia bersama seseorang . Tidak boleh berharap lagi. Karena kenyataan sudah menutup pintu harapan itu........


“Tulisan ini diikutsertakan dalam: 
Giveaway Kidung Kinanthi: Kata dalam Puisi” 




Note: total kata (jika termasuk puisi) = 333. 
Angka yang indah, bukan? :D

62 komentar:

  1. Wouuww..PRnya sdh 3 ya Mbak? #comment GeJe neh

    Beneran neh puisi tsb merepresentasikan sebuah moment yg pernah di alami mbak Dewi ya?
    Kalau saya..hemmm..cerita gak ya...#rahasiaaa.

    Oke Mbak, diterima dengan sepenuh kerinduan kok..

    Ketika bayangnya memudar..
    KAn hadir sketsa baru yang menjelma nyata
    dalam bingkai kisah asmara yang mengalunkan harmoni lebih mesra...

    #Tercatat Sebagai peserta#

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merepresentasikan sebuah moment yang kualami? nngghhh..cerita nggak yaa... :P

      Nah, sebait puisi ini cocok untuk yang sekarang..hak.hhak..hak..

      Asyyiikk.. meski melanggar aturan, akhirnya dicatat juga.. Tengkyu, Dear..

      Hapus
    2. Jadi ingat iklan.."Kasih tahu enggak ya??!!
      gubrakkkkkkkkkkk kemarin aku kena ledekan itu sama kawan kerja..saat serius serius tanya...eh malah dijawab dengan ledekan.."KASIH TAHU ENGGAK YAH??!! tahu nggak mbak..pingin tak keplak aja kepalanya..heueheuheue....byuh kejam amat yah...

      Hapus
  2. Bentar-bentar!!
    *melototin poto cewek pke baju kuning*
    Inih bener blognya mbak Dewi kan?? bener kan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha iya bener donk ah, masak ini blognya Pakdhe? Mosok Pakdhe pake baju kunying?

      Hapus
  3. Oh sekarang maen moderasi-moderasian ya.. pante skok sepi komennya, ternyata di umpetin dulu.. :D

    Mbak Deww.. heran deh lama gak main sini, main-main sudah berubah jadi orang romantis nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho oh, kemarin banjir komen robot dimari, capek ngapus nya. Jadi ku moderasi aja :D

      Aku kan merubah diri tergantung musim, Jeng. Kalo lagi musim duren kayak skrg bawaannya pengen romantis aja.

      Hapus
  4. Oh my goat...
    ketemu puisi disiniiii...

    *tutup muka pake bantal robot nya Fathir*

    *selalu sedikit bego dalam puisi puisian...hihihi...*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya aku bego juga, Bi *tutup muka pake box file*
      tapi demi kontes bela-belain pura-pura nggak bego.. Padahal Ririe dah tau kalo aku inih bego sungguhan..

      Hapus
    2. yeee..Mbak Dewi mah low profile neh. Tulisannya so sweet getu lho?

      Penuh nada-nada kerinduan...hehehe

      Hapus
    3. yang so sweet puisinya kan? :D

      Hapus
  5. tutup harapan songsong hari depan ya mbak

    BalasHapus
  6. whalahh,,ini mbak dew bisa ajaa...mantep tulisannya...ikut kontes kah?
    semoga sukses ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho oh, nasphie.. Ngontes dulu nih.. :D

      Hapus
  7. Ptuslah harapanku
    Letihlah aku menunggu
    Kemana ku akan mencari
    Tempat bernaung diri...

    Kok tega sih dirimu.....
    Sedangkan aku sayang padamuuuu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakdhe selalu bisa nyari lagu yang cocok :D

      Aku juga sayang padamu Pakdheeeee...

      Hapus
  8. Semoga ulasan ini menjadi salah satu pemenang di acaranya Mbak Ririe Khayan...

    BalasHapus
  9. akhir kata, puisinya sedih dech, tpi tetep harus punya semngat

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bikin puisi lagi sedih mungkin..

      Hapus
  10. Ada yang ikut GA sambil curhat rinduuu, ooohhh terasa menusuk kalbu...

    Gudlak yaaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gudlak juga buat Mba Keke..

      Semoga berjaya bersama saya *niru Pakdhe Cholik* :D

      Hapus
  11. waduh...perasaannya nyampe ke jambi ni mba...ihik ihik ihik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya nyampelah, Mi..
      Yang ngembat pacarku kan tetanggamu... :P

      Hapus
  12. hahaha.. apa nasibku akan seperti mbak? sepertinya harus karena move on itu perlu juga :)

    sukses buat GAnya yah mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak, Jenk. Nasibmu insya allah lebih baik.. :)

      Tengkyu yaa...

      Hapus
  13. hem hem puisiiinya enak dibaca,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho oh, dia pinter bikin puisi..

      Hapus
  14. Waaa jadi puisi Mbak Rie kayak kejadian yang kamu alami ya mbak :P
    Bagus lhooo... semoga menang ya Mbak Dew..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Ririe sengaja buat untuk aku.. :P

      Amiinn..

      Hapus
  15. cuma mangap membaca postingan teh Fatma sekarang. mencoba mencerna kata yang tersirat dan tersurat dari puisi itu. Oh kenapa diri ini cum dibekali procesor pentium 3 dalam otakku? hingga kata nan indah itu harus kuinstall berulang-ulang dalam otakk agar mudah kucerna? . Katakan..katakan kenapa mesti seperti ini?

    #halagh. kok saya malah main sandiwara radio disini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. alllaahhh... di blog Essip banyak tuh kata-kata indah, orangnya aja yang nggak mau mengakui..

      Hapus
  16. ah, siapa bilang aku sudah menutup pintu untukmu..?
    padahal kan kamu bisa gedor2 sekuat tenaga.

    xixi, komen geje.. sukses ya wiii..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan gedor lagi, Mak.. Kemarin pintu eMak kupukuli pake pemukul beduk, tapi pintunya tetap nggak dibukain :(

      Tengkyu, Mak *panggil emak aja ah, lebih asoy..*

      Hapus
  17. Selamat berlomba, semoga menang.
    Salam..

    BalasHapus
  18. waduh saingannya berat nih.... reviewnya canggih sekali..... belum sempat bikin juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aah...jangan begito..aku jadi malyu..

      Hapus
  19. puisinya bagus, semoga menang GA nya

    BalasHapus
  20. bagus sekali..ini pasti menang..suport saya juga ya? Laku.com Belanja Online Grosir Eceran Murah dan Aman

    BalasHapus
  21. wahhh manteb bener dah mba :))

    oya semoga sukses yah di event GAnya mba ririe :))

    BalasHapus
  22. Long time no see :D

    anyway, kok perasaan tulisannya beda ya, tumben bau bau seni :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh.. kemana aja, Zal?

      kan mending bau seni daripada bau bau air seni :P

      Hapus
  23. Hemm.. Puisinya enak dibaca, reviewnya juga enak untuk dinikmati. Kecocokan dalam suasana dan rasa. hohohoho

    Mau komentar untuk yang terakhir nih. Yaa memang seperti itu kehidupan. Untungnya kita tidak tahu masa depan. Sehingga kita bisa mengambil pelajaran dari setiap hal yang terjadi. Kita berencana dan berharap, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan yang akan memutuskan apa yang terbaik untuk kita.

    Semoga Barokah.

    BalasHapus
  24. wah, puisi pun bs bercerita ya..
    :D
    semoga puisinya jg bs membawa hadiah...

    BalasHapus
  25. baca puisinya teringat waktu masih muda dulu....he.he.he...ayang ayangan pke puisi sampe terbang ke langit 16 ( saking tingginya )...he.he.he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mah gak pernah pake puisi tuh waktu pacaran, tapi pruduktif bikin puisi saat patah hati.. :D

      Hapus
  26. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Hargailah hari kemarin,mimpikanlah hari esok, tetapi hiduplah untuk hari ini.,
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus
  27. mbak dewi..gimana nieh kabarnya???
    semoga baik baik sekeluarga..
    waduh gimana neh project kopdaran kita..heueheuehuhue...hehhe
    kemarin aku ketempat mbak mul malam minggu, diajak janjian sama planner baru dari mantan GP mbak lupa namanya siapa ...sabtu pagi, ndelalah hujan kan..jadinya malam...
    waduh jadi nggak ketemu mbak mbak dewi nieh pikirku..jadi kapan nieh...semoga bisa kopdaran....hehehe secara dekat banget gitu lho...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabar baik, say.. Alhamdulillah..

      aku malaH kesananya minggu malam.. Ngarep juga sih ketemu dirimu disana. Ternyata malah gak ketemu..

      Lebaran ya kita ketemuan.. Oceee..?

      Hapus
  28. ini ikut giveaway toh? gimana hasilnya ni?
    ohya, maaf lahir batin dulu, kan mau puasa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho oh.. ga tau hasilnya gimana..hihi.. Blom nengok pengumuman.. Kyknya gak menang tuh.. :D

      maaf lahir batin, Rian.. selamat berpuasa..

      Hapus
  29. wah akuh ketinggalan.... pusisinya aku suka ka,,,,, (^_^)

    BalasHapus

Yang cakep pasti komen, yang komen pasti cakep..

Tapi maaf ya, komentar nggak nyambung akan dihapus :)
Terima kasih...