Senin, 21 November 2011

5 Kenangan SMP

Dapet PR lagi dari Bu Batik (minjam istilah Pakdhe) dan Mabruri. Hmmm.... Mabruri 'balas dendam' nih... Kemarin aku ngasih PR SD untuk dia, eh sekarang dia balik nyuruh ngerjain tugas menuliskan 5 Kenangan tak Terlupakan Semasa SMP. Hmmmm...butuh beberapa hari untuk mengingat-ingat kenangan jaman SMP hihihi........ 

1. Halangan Pertama.

Hahaha.... malu-maluin ini mah. 

SMP baru akil baligh, dapat tamu bulanan untuk yang pertama kali. Penuh dengan kebingungan. Bingung kenapa ada d*r*h di celdam, bingung ketika buang air kecil kok warnanya m*rah, bingung cara masang pembal*t. Mesti berfikir keras untuk hal ini, jangan sampai terbalik masangnya. Bisa Anda bayangkan bagaimana menderitanya kalo makai pembal*t terbalik; lem-nya ke atas, busanya di bawah. Pas masang sih enggak kerasa menderita. Pas mbukanya itu, lho! 

Tapi akhirnya aku berhasil, maklum, kan udah kubilang aku ini anak pinter (karena rajin minum jamu 'Bingung-Upik'). Nah, begitu berhasil masang pembal*t, bingungnya berganti; bingung gimana cara berjalan.. kok kayak ngganjel-ngganjel yaaa... (yang pria mah enggak akan ngerti. :D) 

Pokoknya saat itu resah dan gelisah, benci jadi wanita. Benci benci benci. Sebenarnya bisa aja nanya sama mama atau kakak. Toh, aku punya 3 orang kakak perempuan. Tapi malunya itu lho, Sodara-sodara. Maluuu, tauuukkk..! Jadinya kudu berjuang sendiri. Cari tau sendiri. Nangis sendiri. Resah sendiri.

Tapi akhirnya kakak tau juga. Karena waktu dia kedatangan tamu juga, stok pembal*tnya tinggal dikit :D. Karena kakak2 yang lain juga punya stok, maka akulah menjadi satu-satunya tersangka dalam kasus ini. Dan aku pun diinterogasi:

"Kamu pake punyaku ya?"
Aku mengangguk. Masih terkenang, betapa malunya aku waktu itu. Muka rasanya panaaaaasss banget.

"Kamu udah dapet?" tanya kakak lagi.
Aku mengangguk lagi. Duhhh... jangan tanya-tanya lagi deh! Benci aku!

"Ya udah. Nggak papa."
Leghhhaaaa.... banget rasanya. 

2. Cinta pertama.

Saat masih duduk di kelas 1, aku naksir berat sama anak kelas 2C. Nama dan wajahnya aja masih ku ingat jelas sampai sekarang (nggak usah ku kasih tau ya, ntar yang bersangkutan mbaca... :D). Tapi aku juga punya 'cadangan inceran' lain. Satu anak kelas 2B dan satunya kelas 3B. Diantara mereka, yang paling ku ingat ya yang kelas 2C itu. Soalnya dia paling guanteeeeeennggg...se-jagad raya. 

Trus, kalo pulang/pergi sekolah kebetulan bareng naik angkot sama si dia, rasanya pengen pingsan ajah, Bo! Tak kuasa daku mengendalikan detak jantungku yang berdeburan bak ombak laut pantai selatan ini... Gemetaran seluruh tubuh ini, keringatan ketek ini, belekan mata ini (saking seringnya curi pandang). Beuugghhh...saat itu rasanya adaaaa aja yang salah pada diriku. Salah pake sepatu lah, bulu mata kurang lentiklah, dengkul kurang muluslah, bibir kurang basahlah. Jadilah sibuk melet-melet. Begitu angkot berhenti dan dia turun, rasanya lega tapi kosong. Serasa ada yang hilang di dalam angkot. Langsung dah supir angkot dimarah-marahin:

"Ngebut amat sih, Bang?"
"Eh, enggak kok Dik. Cuma 50 km per jam kok. Ngebut ya..?"
"Eh..ah..eh...enggak, Bang. Jantungku yang ngebut...."
Salah tingkah dhewe.

Btw, dimanakah kini gerangan si Cowok 2C-ku berada...? Sudah menikahkah engkau? Sudah berapa orangkah istrimu?

3. Nggak punya uang jajan.

Semasa SD, papaku masih kerja kantoran, mamaku punya toko kelontong yang lumayan besar. Tapi pas aku mau tamat SD, papa berhenti dari pekerjaannya karena sesuatu dan lain hal (klise banget yah?). Toko mama pun mulai bangkrut perlahan-lahan. Begitu banyak hal buruk yang terjadi saat itu dikeluarga kami. Pas aku duduk di kelas 2 SMP, hidup kami mulai ngos-ngos an. Kadang aku bahkan nggak punya duit untuk jajan :(

Suatu hari, aku ngileeerrr..banget ngeliat teman makan lontong sayur. Tapi uangku cuma ada Rp.50. Sementara lontong harganya Rp.200. Sedih banget rasanya. Apalagi lontong di kantin sekolah itu terkenal enaknya di seantero sekolahan (sekolah kami satu komplek dari TK sampai SMA - tapi aku hanya SMP aja di situ. Pas SMA aku pindah ke daerah Batusangkar). Akhirnya aku menabung uang jajan hingga cukup untuk beli sepiring lontong. Begitu hari H tiba, aku duduk di kantin dan memesan lontong dengan jumawa, rasanya bagai habis menang judi di Las Vegas lalu dijamu makanan hebat yang namanya pun sulit untuk dieja. Amazing! Amazing! (Tukul mode on).

4. Dimarahin kepala sekolah.

Sejak aku mengenal bangku sekolahan, aku nggak pernah dimarahin guru apalagi kepala sekolah. Di SMP inilah pertama kalinya aku dibentak-bentak, padahal aku nggak salah. Tega tega tega!

Waktu itu itu lagi latihan baris-berbaris untuk lomba diacara 17 Agustus. Aku dimarahin karena pas hormat ke-4 jemariku melentik keatas. Bukan disengaja. Emang begitulah adanya. Akupun nggak ngerti kenapa. Jadilah hari itu aku dibentak-bentak di depan masyarakat rame.

Jari melenting, nggak lulus jadi anggota Paskibra

"Kau itu mau hormat apa mau menari?"

Ya Robbbiii... Engkaulah yang menciptakan jemariku seperti ini. Tolonglah aku...

"Luruskan, letakkah ujung jari dipelipismu, lengan atas sejajar bahu. Jarimu itu harus lurus dengan lengan! Hei..!! Jarimu itu!! Kenapa melenting begitu! Luruskan! Itu bengkok namanya! Saya bilang, luruskan! Bukan dibengkokkan! Hei! Begini....!!"

Ya ampuuunn...jariku sungguh tak mau bekerja sama. Malah perform sendiri.

Si Ibu kepala sekolah yang bertubuh gagah perkasa gegap gempita itu naik pitam, dia berjalan mendekatiku dengan sepatu hak tingginya. Lalu berdiri di sampingku, mengutak-atik jemariku. Tidak bisa. Jika jemariku itu ku tegangkan, dia akan melenting dan saling merenggang automatically. Jika kurapatkan, dia jadi kelihatan bengkok (membungkuk). Serba salah, kan? Emang bentuknya seperti itu mau diapain? Akupun nggak tau gimana cara ngelurusinnya. Akhirnya dia menyerah. Aku disuruh pindah ke barisan tengah, biar nggak begitu kelihatan. Tapi dia tetap belom puas melototi wajahku yang pias.

5. Juara lomba puisi dan cerpen.

Sebetulnya aku benci masa SMP-ku. Nggak ada indah-indahnya. malah banyak kenangan yang tidak indah terjadi saat itu. Orang tua yang bangkrut justru disaat aku sedang menyeberang ke masa remaja yang penuh dinamika, yang sebenarnya butuh kestabilan dalam keluarga agar bisa mengarahkan jiwa remaja yang masih labil itu ke arah yang benar. 

Tapi saat itu, semua anggota keluarga kami justru sibuk dengan diri sendiri. Kakak sibuk mencari kebahagiaannya sendiri, mama sibuk mencari uang untuk makan, papa sibuk mengalihkan kesedihan dengan merokok dan merokok. Tapi aku masih bersyukur orang tuaku tidak menjadi gila, mengingat beratnya cobaan yang menimpa mereka.

Dan, alhamdulillah ya, aku tidak tersesat saat menempuh jalan yang banyak 'persimpangan' itu. Memang sempat ikut-ikutan merokok dengan teman-teman sesama labilisme, tapi aku langsung berhenti begitu merasa perutku kembung setiap kali merokok (sekarang malah anti banget dengan asap rokok)

Di masa SMP aku pernah juara lomba baca puisi. Pernah juga menang lomba mengarang cerpen. Rasanya bahagia banget ketika melihat karyaku ditempel di Mading, dibaca seluruh penghuni sekolah. Banyak yang mencari tau: "Siapa ya, pengarangnya?" - "Yang mana sih, pengarangnya?" - "Anak kelas berapa?""Oooo..yang ini ya?" 

Yang lebih menyenangkan, saat tampil untuk menerima piala baca puisi itu, si cowok kelas 2C yang saat itu sudah kelas 3, memandangku dengan tatapan lembut nan aduhai, lalu tersenyum semanis madu... 
Ooouuuhhh... so swiiiiitt.... Unforgettable!

Okeh, Mab... Segitu dulu laporan masa SMP, saatnya bek tu work! Bye..bye.. :D

Sebelum dan sesudahnya, saya akan lempar tugas ini untuk para Sahabat di bawah ini:
  1. Pakdhe Cholik -- sesuai janji, meski udah banyak yang ngasih Pakdhe PR ini, aku tetap keukeuh ngasih lagi :D
  2. Elsa - Yellow Life
  3. Gaphe
  4. Sitti Rasuna Wibawa alias Una
  5. Nofieta's blog
Selamat mengerjakan tugas..!!
Cayyyoooo....!!



35 komentar:

  1. hadeuh gabisa baca seterusnya
    dah ngakak duluan di pembalut kebalik...
    hahah

    BalasHapus
  2. assik ceritanya,love,peace and gaul.

    BalasHapus
  3. sadis bacanya, cowok 2 C sudah punya istri berapa :D

    BalasHapus
  4. wkwkwkw,,,,
    selalu dan selau suka dengan cerita yang dibawakan.. baca dari awal mpe akhir, dari yang tadinya ngantuk jadi seger lagi pokoknya mah.. :D

    Keren deh, juara puisi, cerpen juga, trs jatuh cinta juga, brarti lengkap lah masa2 usia SMPnya, jadi aku kasih nilai "sempurna", hahahh

    Trimakasih bu.. :D

    BalasHapus
  5. hado2 mbak yg item 1 itu di peringkas napa,, sy bacanya malu,,dilihat2 temen sebelah nih,,kirain baca apa,,hehe,,terpaksa dech sy jelaskan ini tugas PR sesama blogger masa2 smp

    BalasHapus
  6. hehehee kasihan Ibu Kepala Sekolah yang tubuhnya gegap gempita itu ya Mbak. hehehehe
    pasti dikiranya Mbak Dewi mau genit gitu, pake gaya menari... hehhee
    padahal sudah dari sononya

    BalasHapus
  7. Hahahaha....emang ya, membaca ceritanya mba Dew selalu deh bikin gigi kering gara2 ngakak mulu hohohoho...

    BalasHapus
  8. Banyak bener yang di taksir Bu ...
    Ada cadangan pula ...
    hahaha ...

    Mengenai menang lomba mengarang cerpen ... aku percaya banget ... karena Bu Dewi memang dikaruniai kepiawaian menulis ...

    BTW
    Jujur ketika membaca nomer 3 ... mengenai uang jajan ... saya pun menerawang ... mencoba membayangkan betapa "nelangsanya" waktu itu ...
    Ini pengalaman yang saya kira akan memperkaya kebijaksanaan kita ... (our wisdom)

    Salam saya

    BalasHapus
  9. aku smp belum datang bulan jadi dapetnya pas sma dan ngga bingung lagi :D

    BalasHapus
  10. Hahahaaaaa........
    ketawa-ketiwi aq bacanya :P

    BalasHapus
  11. jiaaah saya kena juga tag ini. hahaha.. duh, banyak yang ngasih PR saya cuman belom sempet sempet niih buat ada waktu bikin postingannya. sebel nggak tuh.. disimpan dulu aja yah, semoga ada waktu buat post.

    anyway, justru itu yang bikin kenangannya asiiik.. dimarahin kepala sekolah.. kalo saya dulu inget dijewer guru kimia dan diketawain sama temen sekelas.. kalo cinta pertama?. heemm.. ada di SD dulu. hahahaha

    BalasHapus
  12. hahaha. itu yang nomor satu fulgar banget mba.

    BalasHapus
  13. Mbak... ini sih aku udah bikin: http://www.sittirasuna.com/2011/11/nostalgia-masa-smp.html

    Weekkk...

    Wah itu yang pembalut, cukur gratis wkwk. Tapi emang sakit banget. Pernah nempel cuma satu helai aja sakittt banget pas ngelepasnya... :D

    BalasHapus
  14. haduuh kok bisa ya mbak dimarahi gara2 bentuk jarinya... ckckck... padahal kan bukan salahnya mbak... jangan2 bu kepseknya lagi bete sama hal lain ya, pelampiasan ke anak2 *halah kok dibahas*

    BalasHapus
  15. @ Rawin:
    Pengalaman Ibue Citra, bukan? :D

    @ Saryadinilan:
    Asik komennya, selalu ada love, peace and gaul :D

    @ r10:
    Kan cuman nanya, siapa tau aja…
    Wong dia laku keras gitu kok sejak dulu… :D

    @ mabruri:
    Lulus dong akyuuuu… Horeee!! Masuk SMA!

    @ Al Kahfi:
    Kalo diringkas rasanya kurang plong hatiku ini, gimana dong… :D

    Dirimu aja yang mbacanya diringkas..hehehe…
    Salam kenal buat teman sebelah :D

    @ Elsa:
    Ho-oh… Dia takut tersaingi dalam meraih simpati si Cowok 2C itu kurasa, Jeng…

    @ Orin:
    Emang ya, kalo baca komen Orin aku selalu tersandung…eh, tersanjung...

    @ Om NH18:
    Hihihi..banyak dong, Om. Muridnya ganteng-ganteng sih…
    Nggak tega jadinya kalo nggak ditaksir…

    Ah, kan lomba tingkat SMP, Om. Blom banyak saingan waktu itu.
    Buktinya pas SMA nyoba2 ngirim naskah ke majalah nggak diterima tuuuh….

    Itu menyedihkan, Om. Dari kaya ke miskin lebih susah dibanding dari miskin ke kaya.
    Bener banget, Om. Jadi lebih pandai bersyukur sekecil apapun nikmat yang dikasih.

    Salam hangat, Om.

    BalasHapus
  16. @ Honey:
    Hah? Lama amat baru dapet, Jeng? Temanku ada yang udah dapet dari kelas 6 SD. Kirain aku udah yang paling telat…hihi..

    @ Persada Blog:
    Ketawa sendiri ntar disangka…ehm…itu lhoo…

    @ Hilsya:
    Syukurlah aku ada temen, Mba.. Terharu jadinya….

    @ Gaphe:
    Iya, Phe. Sesempatnya aja….. Nggak urgent, kok :)

    Aku juga terima surat cinta dari teman sekelas waktu SD. Trus, aku nangis-nangis ngadu ke guru. Cowok itu dimarahin, deh… Kalo ingat itu, kasihan juga..hehehe…

    @ Rizaldy:
    Iyakah? Udah ku edit dikit…hehehe…
    Kena UU Pornografi nggak yaaahh..? Eh, itu porno bukan sih?

    @ Una:
    Hahahahahaaaa…………. Ini adek kecil ternyata lebih vulgar…hahahaha….
    Oyy…oyyyy… apa tuh yang nempel..?? :D :D

    @ Lyliana Thia:
    Aku rasa dia kesel karena pacarku lebih ganteng dari pacarnya..heq…. :D

    BalasHapus
  17. Haha.. kisahnya lucu Mbak..
    Eh jangan-jangan si cowok 2C itu si Ustad S*lmed, kan nama mantannya samaan tuh Dewi juga (piss) :P
    Tapi rasanya kadar kegantengannya kurang deh ya, bukan kali ya... hehe..

    BalasHapus
  18. Wkwkkw..kok isyo pembalut ngono jeunk??
    Padahal aku juga pernah gitu,kebayang donk gimana nempel di situ tuh hahaa..

    Aha..banyak cadangan nih,..
    Mantabs..

    BalasHapus
  19. wah nabung untuk maem lontong, terkesan pendek ceritanya namun berkesan lah, kalao dulu saya nabung uang jajan, bela belain naik angkot yang haris 2x, dihemat jadi 1 kali, yang anglot satunya bisa lah jalan 2km sambil siul siul, tujuannya adalah agar bisa membelikan buku dragon ball untuk dibaca bersama adik, waktu itu tahun 90 buku dragonball seharga Rp 2500 adalah barang cukup mewah dilingkungan kami, berkesan :)

    BalasHapus
  20. waduh di kelas 2 smp sudah kenal cinta nih

    BalasHapus
  21. @ Mba Yuni:
    Owh..owh..owh… no..no..no.. I don’t like him at all…hahaha…

    Kurang banget, nggak saingan itu mah Mbak. si 2C itu guanteeenngg banget. Ampe hari ini lom pernah kulihat cowok seganteng dia lagi *lebay* hahaha…….

    @ Nchie:
    Ada temen yang masang kebalik lho, Say.. Untung aku enggak..hohoho… Sungguh tragis jika itu terjadi :D :D

    Banyak, dong. Ganteng-ganteng kan mubazir kalo nggak ada yang naksir. Mending aku naksirin aja semua…hihi…

    @ Knowledger80:
    Bener. Jika inginkan sesuatu kita harus berjuang hingga tetes iler terakhir ya, Mas.
    Itulah pelajaran moralnya, ku pikir.
    *tos*

    @ Joe:
    Baru sebatas naksir-naksiran aja, joe. Blom pacaran. Nggak berani…hehehe…

    BalasHapus
  22. Hahaha...
    Sebingung itukah kalo cewek dapat halangan pertama kali???
    Kasian ya..

    Gag setres kan mbak waktu itu?
    Hihi..

    BalasHapus
  23. hahaha....baca postingan ini bikin ketawa2 sendiri....eh temanku juga ada loch yang pasang itu kebalik....pas dibuka dia langsung mnjerit kesakitan hahahaha......

    cerita masa smpnya bener2 berwarna yach...ada cerita sedih dan lucu......benar2 kenangan tak terlupakan

    BalasHapus
  24. Hahahahaha saya ngakak Mbak, pas mbaca yang jari2 melengkung dan paskibra. :D :D LOL

    Jaman2 SMP adalah masa yang cukup buruk bagi saya. Haha, saya bergaul dengan berandalan, dan sempat berkelahi dengan beberapa teman saya... :D

    BalasHapus
  25. Untung aku dikasih tahu sama mama langsung begitu Haid pertama. Dan itu kejadiannya umur 9 tahun bo.... masih cilik!!!
    jaman dulu yang ada cuma siftex, dan dijual dalam kotak kardus tanpa dilapis dengan plastik satu-satu seperti sekarang. Tidak jarang ketemu kecoak dalam kardus itu. Gimana mau steril ya....
    Tapi softex itu mahal buat kami. Hanya dipakai waktu mau pergi atau ke sekolah. Kalau di rumah pakai softex kain dong. Buatan sendiri, seperti popok bayi :D
    Jaman sekarang mah enak!

    (Dan ternyata pake tampon lebih enak...cuma kok di Jepang jarang dijual ya???)

    BalasHapus
  26. hahahaaa lucu banget pas yang pertamaa...wkwkwkwk
    masa pubertas kadang lucu juga..

    BalasHapus
  27. @ Kopiah Putih:
    Stres banget. Soalnya saya malu mau nanya-nanya. Karena sekolah jauh dari rumah, kami tinggal di kos-an. Saya sama 2 orang kakak saya. Tapi malu mau nanya dia, sementara mama jauh dikampung..hiks..
    Stres banget rasanya…

    @ Nia:
    Kakaknya temanku juga gitu, masangnya kebalik..hihi… Untung aku enggak se naas itu :D

    @ Mba Imelda:
    Aku sekolah jauh dari mama, Mbak. Daku berjuang sendirian deh… Ngomong sama Sama kakak malu ah.. Kan suka jahil dianya…

    Jadi? Kok jarang dijual toh, Mbak? Orang sana jadi pake apa?

    @ Obat Herbal:
    Ada lucunya ada stress nya… Aku stress banget kayaknya jaman itu :D Nggak enjoy sama sekali.

    BalasHapus
  28. hwahahaha.....masalah pembalut ituh pernah lho kebalik pakek na ..#garuk2 aspal.....
    gag enak lengket...hwahahahaha....
    salam kenal mbk dewi.. :)

    BalasHapus
  29. @ Niar:
    Ya pasti nggak enaklah, Jeng... Mosok kawan tu dilem.. :D
    Eh, situ hobi garuk aspal ya? Pantes pada banyak yang bolong :D

    Salam kenal, Sist Niar... :)

    BalasHapus
  30. setuju gan..
    5kenangan itu semuanya pernah saya alami hehehe
    SMP itu masa-masa pubertas ya..
    masih polos juga lugu xixixixi

    BalasHapus
  31. Huahahaha...pake pembalut kebalik?? Hihihi, rontoks dunks Jeng si bulu2 :-)

    btw dikau bisa menari ga? Sevara bentuk jari udah mendukung hayoo atuh latihan nari ajah sekalian

    BalasHapus
  32. @ Zulfahli's Family:
    Nggak tau tuh... Yang ngalamin kakaknya temanku..:D Nggak kebayang deh senf=gsaranya..hahaha..

    Dulu waktu masih muda aku sering menari. Tapi sejak kelas 3 SMA udah jarang. Sekarang malah udah nggak pernah :D

    BalasHapus
  33. hemmh,,kalo ingat masa SMP lucu juga,,setiap orang pasti punya banyak kenangan yang gak bakal di lupakan,,hemmh,,jadi pengen kembali ke masa itu,,

    BalasHapus

Yang cakep pasti komen, yang komen pasti cakep..

Tapi maaf ya, komentar nggak nyambung akan dihapus :)
Terima kasih...