Senin, 12 November 2012

Suatu Malam di Rumah Putih

Malam itu, kita duduk berdua di sana, di sebuah bangku panjang di depan rumah putih kita. Kita saling diam sambil menatap ke arah timur, dimana jalan berkelok dan bersimpang. Jalan yang sunyi dan muram, tak ada seorangpun disana, hanya rerumputan yang bergoyang lembut ditiup angin. 

Di depan kita, halaman rumah terasa dingin. Tanah, bunga dan daun sama-sama berwarna gelap. Aku bagai terkurung antara ingin menangis atau tersenyum... Aku merasa sepi, sangat sepi..



Minjam

Disebelah kananmu ini, aku duduk membisu sambil mamandangimu. Kau kenakan baju safari hitam dan peci berwarna sama. Kaki kananmu kau tumpangkan diatas kaki kiri. Kau terlihat necis seperti biasa. Kau juga ganteng dengan kacamata dan kumis tipismu. Kau duduk tenang, masih menatap ke arah timur. Ke arah kelokan jalan bersimpang, seolah kau sedang menunggu seseorang.

Aku gelisah, kenapa kau tak mau menatapku? Kenapa kau membisu? Kenapa tidak mengacak-acak rambutku seperti dulu? Kenapa tidak memencet hidungku? Kenapa kau mengabaikanku seolah di bangku panjang ini kau hanya duduk sendiri? 

Dan,
Malam itu, rumah putih kita semakin terasa sunyi. Aku tidak mengerti mengapa hanya ada kita berdua di luar sini? Aku ingin mengajakmu masuk, tapi sungguh tidak berani. Aku ingin bertanya; tidakkah kau merasakan dinginnya angin yang ditiupkan malam? Tapi aku tak bernyali.

Bah, mengapa pula aku harus memikirkan angin, bukankah duduk berdua bersamamu adalah hal terindah? Lagipula, sudah lama kita tidak duduk berdua, menghabiskan malam di bawah sinar bulan yang temaram. 

Biarkan saja angin dingin mengusik kita, tetaplah di sini bersamaku. Menemani hatiku yang digulung rindu, menyerpihnya di dalam sepi...

Ayah....

Malam itu, aku memimpikanmu lagi..
Bagaimana keadaanmu kini? Baik baikkah kau disana? 
Semoga kau bahagia bersama-Nya, dekat disisi-Nya. 

Dan aku akan tetap disini, bermimpi itu lagi..dan lagi 
Karena, ...aku selalu rindu padamu...... sedih 

55 komentar:

  1. Saya juga seringkali mengalami kerinduan akan hadirnya kehangatan sosok ayah, dan yang bisa saya lakukan adalah mendo'akan beliau agar di alam sana dimudahkan dalam segala urusan dan dilimpahkan kenikmatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Pak Ies, hanya doa yang bisa kita berikan untuk beliau yang sudah duluan berada di sana. Semoga do'a kita untuk mereka diijabah.. Amiinn

      Hapus
    2. Alhamdulillah saya masih lengkap, ayah dan ibu...saatnya membalas semua kebaikannya
      Allahummaghfirlahu waliwalidayya warhamhu kama Rabbayani Shogira...

      Do'a yg tulus buat ayahanda tenang...

      Hapus
    3. Amiiiinn.. Semoga beliau tenang disana

      Hapus
  2. mendoakan ayahnya mbak dewi dari sini

    BalasHapus
  3. jadi inget sama bapak di kampung
    tapi jujur ga bisa kalo bikin kata kata keren kaya gitu buat beliau
    salut dah...

    BalasHapus
  4. aaaaahhh dewi, sukses membuatku menangis :( Aku juga sedang teringat mama :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga mereka bahagia disana ya, Mbak..
      Semoga kita dikuatkan karena ditinggalkan mereka :(

      Hapus
  5. Karena itu bahagiakan kedua orangtuamu, dengan apapun yang kau miliki. Karena sayangnya Allah sama kita terlihat pada hubungan kita dengan orang tua,,, Itu yang selalu dipesenin ma ustadznya mbak...

    Kalo sudah gak gak ada, yaaa dengan doa, doa dan doa,,,,
    Jadi sedih juga nieh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, setiap hari berdoa, setiap hari merindu..

      Hapus
  6. kangen yang begitu dalam, dan tak bisa terobati ya Mbak...
    sedihnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Jeng.. Apalagi, aku nggak sempat bertemu untuk yang terakhir kali..

      SEdihnya lagi, ketika aku tiba dirumah, beliau sudah dikebumikan. Itu yang bikin rasa sedih sulit hilang. Andai aku bisa ikut menyalatkan beliau..

      Hapus
  7. Sabar ya mba dewi :)smoga bapak mba dpt tempat yg paling indah di sisi Allah SWT. Amiiiiiin. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiinnnnn..

      Tengkyu Dek Pipit.. :)

      Hapus
    2. *melonggo, oh sungguh kah :") aku dipanggil dedek ? hihiii.

      aku aja mba, yg Alhamdulillah bapak sama mamah masih hidup kalo kangen sampe nangis". tapi apa daya, harus cari uang di jakardah. paham gimana kangennya mba sama bapak (peluk cium) sabar ya. . .

      Hapus
    3. jiah..pura-pura.. Kemarin suruh panggil dedek, sekarang malah kaget, piye tho? :D

      Berbuat baik dan perlakukanlah mereka dengan baik selagi mereka masih ada, Dek. Jangan lagi-lagi kau sembunyikan buku nikah mereka sampe mereka kebingungan mencarinya.. Sungguh ther..la..luuu..

      Hapus
  8. Semoga Ayahanda yang disana damai disisiNya...

    BalasHapus
  9. tumben mba, artikelnya bergaya formal

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. biasa Cikgu, kalau bulan muda begini suka yang formal-formal :D

      Hapus
  10. wah,,,,rindu sama ayah ya mbak,,,mungkin beliau juga rindu pada mbak,,,kasih do'a yah,,,,

    BalasHapus
  11. Rindu Ayah ...
    Kangen Bapak

    Salam saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Om..
      Sering mimpi sama beliau :)

      Hapus
    2. Kalau saya rindu dengan sosok ayah nih om...

      Hapus
  12. kunjungan pertama nih mba
    aku jadi ikut sedih ...ingat bapa ku
    beliau bersamaku tapi karena sakit kadang tidak mengenal aku hiks hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turut prihatin, Mbak..
      Semoga kesehatan beliau segera membaik.. Amiinn..

      Hapus
  13. gw kangen sama nyokap nih bu...padahal setiap hari saya melewati tempat beliau beristirahat utk terakhir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jauh, Mas.. Belum tentu setahun sekali lewat di tempat peristirahatan beliau yang terakhir.. Kangennya lebih berlipat ganda, deh.. :(

      Hapus
  14. kata-katanya bikin merinding mbak.
    Semoga Ayahanda tenang disisiNya...

    BalasHapus
  15. al fatihah utk ayahnya ya mbak :)

    BalasHapus
  16. kalau mimpi tentang almarhum papaku, selalu merasa ada dia di sana ...tapi tak pernah ngomong...kayak cuma melihat saja..
    ah, kamu sukses membuatku rindu beliau juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Mbak.. Setiap kali ayahku datang dalam mimpi, beliau cuma ngeliatin tanpa bicara. Kadang-kadang beliau terlihat diam seperti yang kuceritakan diatas, kadang-kadang beliau tersenyum atau tertawa padaku..

      SEngaja, Mbak. Biar aku nggak rindu sendiri.. :D

      Hapus
  17. mba dew, aku jg ndak ktm bpk saat dikebumikan. jd bs ngabayangin rasa hatimu mba. iya byk doa aja mba,pcaya saja suatu saat nanti pst mba ktm dgn bpk mba disurga,amin.

    BalasHapus
  18. Semoga ayahnya mba Dewi baik-baik saja di sana. Jangan lupa, ketika mimpiin ayah untuk kirimkan Al-fatihah, itu biasanya yang dirindukan oleh orang yang sudah meninggal.. :)

    BalasHapus
  19. cerita yang sangat bagus gan saya saya dah gak punya bpk/ibu thanks atas infonya sangat bermanfaat sekali tuk saya.......!

    BalasHapus
  20. :( hiks..hiks..
    mba dewi membuatku teringat akan ayahku yang di sana.

    BalasHapus

Yang cakep pasti komen, yang komen pasti cakep..

Tapi maaf ya, komentar nggak nyambung akan dihapus :)
Terima kasih...