Selasa, 17 Juli 2012

Sengatan Tawon

Okeh, mari kita loncing postingan nggak penting berikutnyah..
Nyang penting ngapdet..Nyang penting eksis.. Klo ada yang ngga senang sila lanjut ke tetangga sebelah. Ato kalo mau muntah, silahkan ambil kantong kresek yang nyelip di sandaran kursi di depan Anda..



Begini, kata orang, tidak ada yang kebetulan di dunia ini, semua yang terjadi sudah terukur dan terencana jauh sebelum kita lahir. Semua yang terjadi sudah tertulis di sebuah buku besar kehidupan manusia. So, jangan pernah meniru kata-kata saya ini: "kebetulan, saya seorang manager akunting di sebuah perusahaan Semut Beriring..." karena itu bukan sebuah kebetulan. Kita harus berjuang untuk mendapatkan apa yang telah kita miliki saat ini. Jadi bukan kebetulan kalau sekarang Anda kaya dan aku hampir super kaya..hagh..hagh..hagh.. Lagipula, nggak selamanya semut jalan beriring, ada kalanya mereka jalan sendiri-sendiri, kayak yang lagi jalan-jalan di atas keyboardku ini. 

Jadi aku percaya, apa yang terjadi pada tangan ku hari ini sudah tertulis di buku takdirku periode bulan Juni dan Juli tahun 2012. Selain penganiayaan *minjam istilah eMak* yang kualami disebabkan laptop yang ngambek kemarin, masih ada lagi derita lain menghampiriku...

Tangan kiriku, Sodara-sodara...

Bulan lalu, di jalan sepulang kerja seekor lebah atau tawon *nggak tau bedanya* nan lumayan gede, iseng nancepin sengatnya ke telunjuk imutku ini... Akibatnya, dalam sekejap tanganku gemuk sebelah. Sangat timpang ketika disandingkan dengan tangan kanan nan kurus hingga urat-urat birunya berhamburan keluar.

tangan gembul nan sekseh...

Tak kusangka tak kuduga, ternyata disengat lebah itu sakit banget. Beda tipis dengan sakit saat melahirkan *lebay*. Malamnya aku nggak bisa tidur dengan nyenyak. Dari pergelangan tangan hingga ujung jari-jari nyut-nyutan kayak ditusuk jarum. 

Paginya lebih menderita lagi. Bangun tidur langsung ke kamar mandi hendak menunaikan hajat hiduporang banyak. Apa daya setelah seesai aku tak tau gimana caranya cebok bersuci. Tangan kiri selain sakit juga terlalu tebal hingga aneh sekali rasanya ketika kupaksa dia dibawah ancaman agar melakukan tugas dan kewajibannya. Rasanya....seperti memakai tangan makhluk lain..iyyy..!!

Setelah tangan kiri selesai melakukan tugas agung yang tak bisa digantikan oleh tangan kanan apalagi digantikan oleh tangan tetangga itu, giliran dia menyiksaku dengan rasa sakit yang tak terperi. Aku meraung-raung lebay, tapi malah diketawain sama Valeska. Dia sampe guling-guling ketawa ngeliat aku kesakitan. 
*Pelajaran moral maha penting: jangan bermain pura-pura sakit sama anak, karna pas kena sakit beneran anaknya malah ketawa-ketawa, nggak ada empati sama sekali liat emaknya menderita lahir batin* menjulurkan lidah

Kenapa disengat lebah bisa sesakit itu? Katanya itu karena sakit yang disebabkan sengatan lebah itu terdiri dari 'dua lapis'. Apa itu? Sok ngasih pengetahuan dikit nih ya... Biar postingan ini dianggap penting, gituh.

Sakit pertama: 
ketika lebah mengeluarkan zat kimia yang disebut melitin ke dalam korbannya. Racun ini langsung memicu reseptor sakit dan menimbulkan sensasi terbakar.


Sakit kedua: 

karena sengatan lebah seperti tusukan pedang, ketika masuk ke dalam kulit ‘duri’ lebah tetap tertinggal di dalam kulit. Makin lama sengatan berada dalam kulit, makin banyak racun keluar dan terus menyerang selama beberapa menit. Kalo kita nggak ada alergi pada racun lebah, sistem kekebalan tubuh akan bereaksi dengan mengirim cairan untuk mengeluarkan melitin dalam tubuh, kulit pun memerah dan bengkak.

Rasa sakit akibat sengatan lebah bisa bertahan selama beberapa hari, namun bisa diredakan dengan mengompresnya dengan darah air dingin atau bisa juga diobati dengan antihistamin. Dan aku tidak melakukan keduanya..hahaha.. Hebat kan? Aku hanya mengolesi tanganku yang bengkak sekseh itu dengan minyak tawon sambil setengah meringis menahan sakit. Mau nangis gegerungan sebenarnya, tapi malu sama si comel. Akibatnya tak kurang dari 1 minggu aku menanti tanganku langsing kembali seperti sediakala dan bisa dipakai untuk ceb*k lagi... *bahagianyaaaa...!!*

Dan setelah sembuh dari sengatan lebah, drama kehidupan baru kembali menyerang tangan kiriku. Entah apa salah dan dosanya hingga harus merasakan derita lagi.

Kali ini, si kiri terkilir. Padahal seingatku aku tak melakukan perbuatan tak senonoh apapun yang bisa mengakibatkan doi terkilir. 

Papa Vales menginterogasiku dengan tatapan mata bak penyidik KPK ketika suatu sore sepulang kerja aku mengadu padanya dengan muka dibuat se-unyu mungkin. Seperti biasa, dia tak pernah terpengaruh dengan aneka tampang unyu yang kuperlihatkan. Dia tetap berekspresi datar bertanya:

"Di kantor tadi ngapain? Ngangkat-ngangakat apa, gitu? Kok bisa terkilir?"
"Hoooohhh...*mendesah*..nggaaakk adaaaa.. Cuma mengangkat harkat dan martabatku saja, Mas...." sambil kedip-kedip mata biar kelihatan butuh perlindungan.

Sampe sekarang, udah sekitar sebulanan tanganku masih aja sakit. Nggak bisa nggaruk punggung, nggak bisa nyuci piring, nggak bisa meras cucian de el el... Belum diurut juga, belum nemu tukang urut yang keren ssiihh... Untungnya masih bisa ngetik postingan nggak penting ini..

Selamat sore yang cerah, Kawan! peluk erat

23 komentar:

  1. klo digigit tawon gitu rasanya gak enak bgt mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asli, Mel... Sempurna sakitnya.. Udah pernah juga ya.. :)

      Hapus
  2. hadduwwh ditambah terkilir ya wi.. buruan diurut yang bener.. kasian klo urusan cebok jadi terganggu lagi.

    dulu bundo pernah disengat lebah.. di tengkuk! bayangkanlah spt apa penderitaan yang bundo alami.

    cepat sembuh ya wi.. #pelukpeluk

    BalasHapus
    Balasan
    1. untk kasus ini masih bisa cebok, Bun.. Tapi mandi susah,,, ngk bisa nyabinin punggung..hiks..hiks..

      Di tengkuk? Hihihi.. kayak berpunuk dong bundo..hihi..
      Aku dah 2 kali, Bun. Pertama dulu wkt kecil, tepat di batang hidung dekat mata. Mukaku bengap deh.. Msh ada bekas sengatannya sampe skrg, hitam gtu..

      Insya Allah, Bun.. Udah mulai enakan kok ini.. *pelukpeluk juga*

      Hapus
  3. tapi diurut itu sakit bgt mba mba Deeeew, aseli deh kalo ga kepepet mah aku ga mau diurut lg >_<

    etapi keren jg sengatan tawonnya sembuh cuma krn minyak tawon.

    BalasHapus
  4. tapi diurut itu sakit banget banget deh mba Dew, ga mau aku kalo ga kepaksa2 bgt mah hiiiy..

    keren ya si minyak tawon, bisa mengobati sengatan sodaranya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kao urut terkilir emang sakit, Rin.. Makanya aku lom urut..hihi.. Kalo urut capek2, uennak tenan lho, Rin.. Habis tu mandi air hangat. Coba deh...

      hehehe.. iya ya.. Padahal coba2 doang. Kata tetangga bisa, tak coba deh..

      Hapus
  5. saya ketawa saat Mbak cerita kalo kita pas beneran sakitnya, si anak malah ketawa-tawa.

    penting koq postingannya Mbak. terutama jadi nggak pura-pura ke si anak, hehe. pesan moralnya dapet!

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukurlah, Mas.. Nggak sia-sia perjuanganku ngetik 11 jari ini... :D

      Hapus
  6. Lebah yang menyengat pastinya Lebah Super...

    BalasHapus
  7. Dan betul sekali Mbak, tersengat lebah sakitnya bisa dobel...
    Racun yang disuntikkan lebah efeknya luar biasa. Padahal cuma 0,0000... cc

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya bagi yg alergi racun lebah, bahayanya jg dobel ya, Pak.. Bisa dibawa kembali kepada Nya...

      Hapus
  8. aku pernah tuh mbak disengat tawon tapi gak sampai bengkak kaya mbak dewi

    BalasHapus
  9. saya sudah coba tanya 'toko sebelah', Mbak, tapi tetap lebih seru baca postingan di mari. Hanya Mbak Dewi yang mampu membuat saya menjadi jahat, tertawa di atas derita orang *selalu mengundang tawa meski sejatinya yang ditulis beraroma duka.

    Salam hangat untuk Valeska ( juga papa dan omahnya ). Selamat menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, semoga Ramadhan tahun ini bisa kita isi dengan amal ibadah yang jauh lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Amin..

    BalasHapus
  10. Jadi inget waktu dulu pertama pindah rumah, di rumah baru ternyata ada penghuninya *tawon madu yang nyarang di atas ruang keluarga. Alhmdllh sering disengat walaupun diriku tahu mreka ga sengaja menyakitiku :D tapi rasanya waaaaw. . .lumayan
    di telapan tangan, di lengan, di paha, di telapak kaki, pernah juga kayanya di pan*at T.T

    :D semoga cepat sembuh mba'e

    BalasHapus
  11. Hehehhee..Mbak,aku juga pernah tuh disengat lebah
    dan rasanya memang sakiiiiiiiit pol
    tapi aku belom bisa setuju dengan pernyataan beda tipis dengan sakit melahirkan, hehhe soale belom punya pengalaman soal itu

    BalasHapus
  12. saya juga pernah tuh.... wiih sakit bener tuh.... betul ada jarum yang keputus didalam...

    semoga cepat sembuh deh....

    BalasHapus
  13. yeah,,saya juga pernah nih terserang tawon,,rasanya ituhhh,,,,,sampe meriang,,,
    hahaha kalo yang kiri kena lagi berarti tuh tangan pengen istirahat mbak..

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah belum pernah tersengat lebah, dari penampakan tangannya yang bengkak dan penuturan mbak dewi, pasti sengatannya perih luar biasa :D

    BalasHapus
  15. kasian... moga cepet sembuh ya tangan kirinya, en ga kena mara bahaya lagi..

    BalasHapus
  16. Kmaren saya dsengat tawon dan bengkak. Smpe skarang msih bengkak bhkan tambah gede

    BalasHapus

Yang cakep pasti komen, yang komen pasti cakep..

Tapi maaf ya, komentar nggak nyambung akan dihapus :)
Terima kasih...